Apa yang terbenak dalam pikiranmu ketika mendengar kata gurun? Terik matahari, kekeringan, pasir dan bebatuan gersang pastinya ada di dalam pikiranmu. Namun, gurun-gurun di dunia ini memiliki sisi lain yang indah yang patut di eksplorasi. Mulai dari bukit-bukit pasir, oase serta pemandangan kehidupan satwa liar, berikut lima destinasi gurun di dunia yang wajib kamu kunjungi, paling tidak sekali dalam hidupmu.

1/5 The White Desert, Mesir

mesir.jpgFoto dok: Atlasobscura.com 

Gurun yang dikenal sebagai el-Sahara el-Beida ini terletak di sebuah Taman Nasional di Mesir yang hanya berjarak beberapa jam dari Kairo. Dikelilingi dengan formasi bebatuan yang terbentuk dari pasir dan erosi, berada di gurun ini seperti merasakan berjalan di planet lain. Pada saat matahari terbenam, The White Dessert akan sangat menyilaukan karena pasirnya akan berkilau seperti emas.

2/5 Wadi Rum, Yordania

yordan.jpgFoto dok: travellingtheworldsolo.com
 

Yordania lebih dari sekedar Petra dan Laut Mati. Negara yang merupakan tempat lokasi syuting Star Wars ini juga memiliki gurun yang indah yang bernama Wadi Rum. Memiliki luas sekitar 720 kilometer persegi, gurun ini juga merupakan lanskap alam yang dilindungi sejak tahun 1998 lataran memiliki sejarah dan budaya yang penting untuk Yordania dan negara Timur Tengah lain. Keindahan, keunikan lanskap serta kekayan budaya menjadikan Wadi Rum salah satu destinasi wisata yang tak jarang dikunjungi. Ketika berkunjung, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas seperti tur jip, menunggang unta, mendaki gunung bebatuan, melihat bangunan peninggalan Nabath, ngarai batu dan konfigurasi batu yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat menginap di tenda Suku Beduoin yang di buka untuk umum.

3/5 Namib-Namibia, Afrika Selatan

Namib.jpgFoto dok: Bradtguides.com

Jika Afrika Utara memiliki Gurun Sahara, Afrika Selatan memiliki Gurun Namib. Disebut sebagai gurun tertua di dunia, Namib memiliki luas 1.200 mil dan dikenal dengan lautan pasirnya yang berwarna oranye. Selain itu, gurun ini juga memiliki beberapa bukit pasir dengan ketinggian 980 kaki yang ukurannya kebih besar daripada Sahara sendiri. Ketika berkunjung, kamu dapat menikmati pemandangan satwa liar seperti reptile, kumbang dan hewan pengerat kecil. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan berbagai spesies tanaman seperti Welwitschia yang bisa hidup ratusan tahun, pohon melon Nara dan pohon Camel Thorn (Acacia Erioloba).

4/5 White Sands National Monument, New Mexico

new mexico.jpgFoto dok: hcn.org

Berbeda dengan padang gurun yang lainnya, White Sands National Monument memiliki pasir berwarna putih yang jika dilihat sekilas menyerupai hamparan salju. Pasir putih yang menempati wilayah ini berasal dari kristal gypsum dan terhampar dengan luas mencapai 275 mil persegi dengan ketinggian bukit pasir mencapai 15 meter. Selain menjadi tempat wisata, gurun ini juga digunakan untuk piknik dan hiking. Untuk menjelajahinya, kamu harus menggunakan kendaraan khusus dengan waktu kurang lebih 45 menit. 

5/5 The Wave – Arizona, AS

arizona.jpgFoto dok: Utah.com

The Wave merupakan salah satu gurun terindah di dunia karena fenomena geologi yang menghasilkan serat gelombang pada permukaan batunya. Selain menjadi favorit wisatawan, gurun yang terletak di bagian utara Buttes Coyote, Arizona, AS ini juga merupakan tempat para pecinta fotografi. Mengunjungi gurun ini tidak semudah yang kamu kira. Untuk sampai di The Wave, kamu harus lebih dahulu memasukan undian guna mendapatkan tiket. Hal ini dilakukan demi melindungi struktur gelombangnya dari kerusakkan yang diakibatkan wisatawan.