Kita harus mengakui, mayoritas lapangan golf di seluruh dunia juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah menakjubkan. Beberapa pegolf setuju, meski mereka mengalami kekalahan, tetapi mereka dapat menikmati keindahan alam yang tidak semua orang bisa rasakan. Jenis wisata golf kini tengah naik daun, menjadi salah satu destinasi wisata yang dipilih semenjak pandemi. Selain karena banyak dilakukan di wilayah terbuka, golf juga termasuk dalam kegiatan olah tubuh. Tak perlu takut jika kamu masih berada dalam tahap pemula atau bahkan belum bisa sama sekali, karena di beberapa tempat pilihan ini juga menawarkan kursus dan pelatihan.

header image.jpegFoto: doc.Mikhail Nilov/pexels

Mulai dari Indonesia, China, hingga Hawai, berikut adalah destinasi wisata golf mewah dengan pemandangan alam yang mengagumkan dan berbagai fasilitas kelas atas untuk memenuhi segala kebutuhan pengunjung. Saatnya rencanakan liburanmu dari sekarang.

1/5 Ria Bintan Golf Club-Indonesia

Ria Bintan.jpgFoto: Dok. riabintan.com

Padang golf ini terletak di sebelah utara Pulau Bintan, Kepulauan Riau dan masih berada dalam kawasan Ria Bintan Resort, menawarkan pemandangan alam dengan nuansa tropis khas Indonesia. Bahkan karena keindahannya ini, Ria Bintan Golf Club pernah mendapat penghargaan Lapangan Golf Terbaik di Asia Tenggara. Jika kamu memilih untuk melakukan permainan golf di sini, jangan kaget saat mendengar suara monyet bersahutan atau ketentraman suara debur ombak Laut Cina Selatan yang bersebelahan dengan resor. Lapangan golf ini menyediakan 27 holes championship yang merupakan hasil rancangan pemain golf profesional asal Afrika Selatan, Gary Player.

2/5 The Dunes at Shenzhou Peninsula-Wanning, Hainan, China

 The Dunes.jpg

Foto: Dok. golfproperty.com

Tak ada yang bisa menolak permainan golf dengan paduan keindahan alam di semenanjung China bagian selatan. The Dunes at Shenzhou Peninsula yang berada di Wanning, Pulau Hainan, China, didesain oleh legenda golf Amerika, Tom Weiskopf menawarkan lapangan golf hingga 36 lubang dan kelas kursus eksklusif, berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Saat ditawarkan pertama kali, Tom begitu jatuh cinta dengan wilayah tersebut, sehingga memutuskan untuk langsung membeli dan mengubahnya menjadi tempat bermain golf. Yang menjadikan tempat ini begitu menarik, tekstur lapangan pasir dan pemandangan bukit bebatuan, menambah daya tarik tersendiri.

3/5 Cape Kidnappers Golf Course-Hawke’s Bay, New Zealand

Cape Kidnappers.jpg

Foto: Dok.luxgolf.com

Berada di tebing batu dengan ketinggian 140 meter di atas permukaan laut, Cape Kidnappers Golf Course yang terletak di Hawke’s Bay, New Zealand menawarkan gaya baru dalam bermain golf. Didesain dengan sangat apik oleh arsitek golf, Tom Doak, Cape Kidnappers Golf Course memiliki par 71 di luas lahan sekitar hampir 7.000 meter, sempat dinobatkan sebagai Top 100 Golf Courses in the World. Untuk kamu yang sangat menyukai pemandangan laut akan sangat menyukai wilayah ini, karena sebagian besar holes memiliki pemandangan langsung ke Samudera Pacific, sementara beberapa permainan lain memiliki tantangan berbeda karena berlokasi dekat dengan jurang.

4/5 Old Head-Kinsale, Ireland

Old Head.jpgFoto: Dok. oldhead.com

Lokasi permainan golf lain yang berhadapan dengan samudera berada di sini, Old Head, Kinsale, Irlandia. Dibangun di atas semenanjung berbatu yang menjorok hingga Samudera Atlantik, jalur permainan ini dibingkai secara alami oleh tebing, karang, dan debur ombak. Didesain khusus melalui campur tangan para ahli di bidang golf, sebut saja Ron Kirby-mantan desainer lapangan golf Jack Nicklaus, mendiang Eddie Hackett-mantan pemain golf profesional Irlandia dan desainer lapangan golf, hingga Paddy Merrigan-arsitek dan ahli agronomi dari Australia. Keunikan lain, coba pesan layanan Heli Golf Old Head. Kamu akan dijemput dan dibawa ke tempat kursus ini secara eksklusif menggunakan helikopter dan saksikan keindahan alam Irlandia yang menakjubkan terbentang di bawahmu.

5/5 Manele Golf Course: Four Seasons-Lanai, Hawaii

Manele Golf Course.jpgFoto: Dok. presskit Four Seasons

Apa yang lebih baik dari bermain golf di atas lokasi jalur lava gunung berapi, dikelilingi vegetasi alami, dan menghadap langsung Samudera Pasifik? Semua keindahan alam ini secara eksklusif ditawarkan oleh Manele Golf Course: Four Seasons-Lanai, Hawai. Salah satu hasil desain dari Jack Nicklaus ini memiliki 18 holes yang memberi tantangan baru bagi para pecinta golf. Untuk menikmati akses bermain golf, kamu harus menjadi tamu dari resor Four Seasons. Manele Golf Course juga menawarkan pengalaman bermain golf saat waktu matahari terbenam, yaitu Sunset Nine. Dimulai dari pukul 3 sore hingga sunset, bertempat di Puu Pehe (Sweetheart Rock) dan Teluk Hulopoe, dan di waktu yang tepat, kamu akan bermain ditemani pemandangan matahari yang terbenam.