Sebelum melakukan perjalanan berpergian, packing merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Tidak sedikit orang yang selalu menyepelekan pentingnya mengemas barang sebelum berpergian, akibatnya kenyamanan perjalanan terganggu karena hal atau barang penting yang terlupakan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika sebelum bepergian, buatlah daftar barang-barang yang harus dibawa kemudian sisihkanlah sedikit waktu untuk packing. Yuk kita lihat apa saja barang-barang yang harus dibawa ketika berpergian.

Membawa Tas Yang Nyaman

10 in-depth reviews of today's best carry on suitcases featuring luggage brands for both business travel & personal_ Calpak, Delsey, Samsonite, Briggs & Riley, Travelpro, eBags and more_.jpgfoto: Dok. Pinterest

Dalam melakukan perjalanan baik untuk keperluan bekerja maupun berlibur, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tas. Sangat disarankan untuk mereka yang akan berpergian, sebaiknya menggunakan tas yang nyaman seperti carrier bag atau tas ransel.  Dengan membawa tas ransel tentunya kalian dapat membawa barang dengan jumlah yang lebih banyak daripada hanya memakai tas yang kecil, seperti laptop dan juga botol minum.

Toiletries

Learn not just how to pack toiletries and makeup for travel, but also how to pack less, and only bring your essential toiletries on your next trip_.jpgfoto: Dok. Pinterest

Perlengkapan Mandi perlu dibawa agar kebersihan badan tetap terjaga. Perlengkapan yang harus dibawa adalah seperti sikat dan pasta gigi, peralatan mandi, facial wash, deodoran, handuk, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan. Taruhlah perlengkapan mandi secara terpisah dalam satu pouch khusus agar dapat mempermudah dalam mencarinya nanti. Selain itu, hal lain yang perlu dibawa adalah tissue kering dan tissue basah. Meski terlihat seperti  hal sepeleh, namun akan sangat berguna pada waktunya.

Uang Tunai

money-3918183_960_720.jpgfoto: Dok. Pixabay

Tempat-tempat yang akan  dituju belum tentu semuanya akan menyediakan mesin ATM. Apalagi jika berpergian ke tempat-tempat yang terpencil, jauh dari pusat kota. Sebaiknya membawa uang tunai daripada nantinya akan menyusuhkan diri sendiri serta memakan waktu lagi untuk mencari lebih mencari ATM.

Notebook, Pulpen dan Dokumen Pribadi Travel journal pages and scrapbook inspiration - ideas for travel journaling, art journaling, and scrapbooking_.jpg

foto: Dok. Pinterest

Bawalah notebook kecil dan pulpen dalam tas jika ingin bepergian. Notebook akan sangat dibutuhkan oleh kalian dalam mencatat itinerary atau schedule perjalanan dan anggaran pengeluaran selama liburan. Serta, alangkah baiknya jika saat berpergian juga membawa dokumen pribadi seperti Passport, Buku Bank dan lain sebagainya. Hal tersebut dibawah sebagai tindakan berjaga-jaga apabila dokumen penting tersebut dibutuhkan secara tiba-tiba.

Obat – Obatan Pribadi

Here's our shortlist of packable things that could save your life while on the road_.jpgfoto: Dok. Pinterest

Obat-obatan pribadi merupakan hal yang wajib ada dalam tas ketika akan melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri. Bawalah obat yang diperlukan seperti misalnya obat masuk angin, obat sakit kepala, obat untuk luka ringan, dan sebagainya agar perjalanan akan  tetap terasa nyaman tanpa harus takut sakit.

Baca juga : 6 Breakfast Ingredients That’ll Give You The Best Start To Your Day 

Tags: Travel, Essentials, Must Have