Seperti yang sudah kita ketahui, Jakarta menghasilkan makin banyak polusi dan sampah dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh tingginya pertumbuhan penduduk Jakarta yang mengakibatkan semakin banyaknya penggunaan kendaraan dan meningkatnya produksi sampah di Jakarta. Udara yang kita hirup pun menyisakan rasa sesak karena terkontaminasi asap kendaraan dan debu sehingga tidak jarang kita harus mengenakan masker agar terhindar dari racun yang tersebar di udara sekitar kita. Dilansir dari Kompas, data AirVisual menyatakan bahwa Jakarta menempati urutan pertama kota dengan tingkat polusi tertinggi. Nilai indeks kualitas udara ibukota saat ini adalah 240 atau bisa dikatakan “Sangat Tidak Sehat.” Kondisi udara pada rentang 201-300 bisa memengaruhi kesehatan masyarakat.

Namun, tahukah kamu? Indonesia memiliki beberapa kota yang mengedepankan keasrian dan kebersihan lingkungannya. Udara yang segar dan suhu udara yang sejuk bisa kita rasakan disana. Berikut ini 5 kota di Indonesia yang ramah lingkungan yang cocok untuk dijadikan wisata oksigen.

Malang, Jawa Timur

IMG_0320.JPGPhoto Doc. Jelajah Malang Blogspot

Malang memang terkenal akan udaranya yang segar dan cuacanya yang selalu sejuk. Lingkungannya yang hijau dan asri juga membuat kita betah berlama-lama menghabiskan waktu berlibur disana. Hal ini merupakan hasil dari komitmen kota Malang dalam menata taman dan lingkungan kota agar selalu asri serta ramah publik. Berkat komitmen itu pula, Kota Malang terpilih sebagai Best Practice Green City pada Asean Mayors Forum tahun 2015 lalu.

Bandung, Jawa Barat

Bandung Hijau nan Sejuk.jpg Photo Doc. Info Bandung

Karena letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, Bandung terkenal akan suhunya yang dingin. Selain itu, warga Bandung juga sudah mulai sadar akan ruang hijau yang penting untuk keasrian kampung halaman mereka. Saat ini, terdapat beberapa taman kota berarsitektur cantik  seperti Babakan Siliwangi. Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga bisa ditemukan di tengah kota untuk menambah keasrian kota.

Surabaya, Jawa Timur

rps20171104_191853.jpgPhoto Doc. Investigasi Today

Satu lagi kota di provinsi Jawa Timur yang menjadi kota hijau di Indonesia. Surabaya telah melakukan usaha penataan dan pengasrian kota agar dapat dengan nyaman ditinggali dan dikunjungi. Penataan pemukiman kumuh, penghijauan taman, dan penggerakan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan telah dilakukan untuk Surabaya yang lebih asri. Berkat usaha ini, Surabaya berhasil meraih penghargaan Sustainable City and Human Settlements Award (SCAHSA) kategori Global Green City dari Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2017 lalu. Kota hijau ini saja sudah diakui oleh organisasi internasional, jadi tidak ada salahnya jika kita berwisata oksigen di kota Hiu dan Buaya ini.

Balikpapan, Kalimantan Timur

taman-bekapai-ruang-terbuka-hijau-balikpapan.jpgPhoto Doc. Tribun Kaltim

Kota bermaskot beruang madu ini sudah 18 kali memperoleh penghargaan Adipura berkat usahanya dalam pengelolaan sampah, serta pengendalian pencemaran air dan udara. Masyarakat Balikpapan telah ditanamkan tentang kesadaran kebersihan kota sejak dini melalui kurikulum-kurikulum di sekolah. Peraturan daerahnya pun cukup ketat dengan hukuman denda sebesar 5 juta rupiah jika membuang sampah sembarangan. Selain itu, sekitar 37% dari luas kota merupakan Ruang Terbuka Hijau. Tidak hanya udara yang segar, namun lingkungan yang bersih dan tertib juga dapat kita rasakan di kota ini. Selain itu, kebiasaan peduli lingkungan dari masyarakat Balikpapan juga bisa kita jadikan contoh. 

Yogyakarta

Taman-Kota-Jogja.jpgPhoto Doc. StarJogja

Selain terkenal akan kawasannya yang penuh dengan sejarah, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota paling hijau di Indonesia. Yogyakarta telah memiliki Ruang Terbuka Hijau di lebih dari 30 lokasi dan akan terus menambah jumlah tersebut. Penduduk kota ini juga ikut berpartisipasi dalam perluasan RTH di kota ini. Beberapa lahan RTH dulunya ada yang merupakan milik warga yang bersedia untuk menjual lahannya untuk dijadikan RTH. Ada juga lahan pemerintah yang diusulkan warga untuk dijadikan RTH. Dengan banyaknya RTH yang tersebar di sekitar kota Yogyakarta, jalan-jalan sore di sekitar taman sambil menghirup udara segar dan pemandangan hijau di sekitar akan jadi hal yang sangat menyenangkan.    

Baca juga: 4 Cara Menjadi Wisatawan Cerdas Yang Ramah Lingkungan