Tidak dapat dipungkiri bahwa bandara telah menjadi simbol kemajuan ekonomi dan sosial. Dimanapun penerbangan lepas landas, kemakmuran dan perkembangan kota mengikuti beberapa dekade kemudian. Sebagai alat transportasi vital untuk berpindah negeri, sangat kecil kemungkinan bagi sebuah negara untuk menolak pembangunan sebuah bandara. Namun nyatanya, ada beberapa negara yang tidak memiliki bandara sama sekali. Negara apa saja? Berikut ulasannya.

1/5 Vatican City

VATICAN.jpgFoto dok: wallpapercrave.com

Vatican bukan hanya menjadi city-state yang sudah merdeka, namun juga menjadi negara terkecil di dunia. Tempat seluas 109-acre ini tidak memiliki bandar udara sendiri, kemungkinan besar karena sebenarnya "tertutup" di dalam Roma. Roma, sebagai titik acuan, memiliki dua bandara internasional. Pengunjung dapat terbang ke Roma dan kemudian berkendara ke kota / negara bagian / pedesaan Katolik Roma yang kecil. Bandara Leonardo da Vinci – Fiumicino Roma berjarak sekitar 29,5 mil dari perbatasan Kota Vatikan.

2/5 San Marino

San marino.jpgFoto dok: Brittanica.com 

Ketika membicarakan negara Italia, San Marino juga tidak memiliki bandara walaupun dikelilingi oleh daratan Italia. Sebagai negara terkecil kelima di dunia, San Marino tidak mengalami kesulitan akses karena hanya berjarak sembilan mil dari Bandara Internasional Federico Fellini yang terkenal. Namun jangan tertipu. Meski disebut sebagai negara kecil, San Mario mampu menampung sekitar 33.000 penduduk dan dinobatkan sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan PBD per kapita tertinggi.

3/5 Monaco

Monaco.jpgFoto dok: wallpaperbetter.com 

Menjadi negara terkecil kedua di dunia, Monaco juga juga memegang gelar sebagai negara berdaulat terpadat di dunia. Untuk mencapai Monaco, Anda harus naik perahu atau setengah jam naik mobil setelah mendarat di Bandara Nice Côte d'Azur di Prancis. Sangat cocok untuk masuk ke negara tersebut menggunakan mobil — Monako juga menyelenggarakan salah satu acara balapan bergengsi Formula One dimana negara tersebut menyediakan trek terpendek dari semua balapan F1 yang dikenal dengan Grand Prix Monako.

4/5 Liechtenstein

Liechtenstein.jpgFoto dok: vistapointe.net 

Sebagai negara terkecil di dunia yang berbatasan dengan dua negara yaitu Austria dan Jerman, Liechtenstein juga masuk ke dalam nominasi negara yang tidak memiliki bandara. Untuk memasuki wilayah negara ini, pengunjung harus masuk dengan mobil, perahu, atau sistem kereta api populer dari stasiun kereta Swiss atau Austria terdekat. Bandara terdekat dari negara ini adalah St. Gallen – Altenrhein Swiss. Sebagai perbandingan, Liechtenstein hampir delapan kali lebih kecil dari kota Los Angeles, dengan kota terbesarnya yang hanya mampu menampung 6.000 penduduk. Seperti San Marino, Liechtenstein menjadi negara dengan salah satu PDB per kapita tertinggi yang disertai dengan utang negara terendah.

5/5 Andorra

andorra.jpgFoto dok: Casino review

Andorra terhimpit di perbatasan antara Spanyol dan Prancis. Terletak di pegunungan Pyrenees, negara mikro ini menawarkan sebuah pegunungan dan pemandangan yang menakjubkan. Ibu kota Andorra adalah Andorra la Vella, yang juga merupakan ibu kota tertinggi di Eropa. Walaupun ada 5 bandara terdekat di sekitar Spanyol dan Prancis, perjalanannya menempuh waktu sekitar tiga jam. Dengan atau tanpa bandara, Andorra memiliki hal yang tidak dimiliki oleh negara lain. Negara ini menjadi negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia.