Indonesia sebagai negara kepulauan dikenal oleh dunia memiliki banyak pulau dan pantai yang eksotis. Setiap pulau dan pesisir memiliki pesona lanskap darat dan laut yang indah. Sudah diketahui bahwa keindahan pantai dan pulau di Indonesia pun dapat diakui bisa disamakan dengan destinasi-destinasi terkenal di dunia.

Hal lain yang harus diingat adalah Indonesia terletak tepat di sepanjang garis khatulistiwa, yang menjadikan Indonesia sebagai surga tropis yang sangat sempurna untuk penggemar berjemur di pantai, penyelam, dan peselancar. Walaupun banyak keindahan tertanam di pulau-pulau besar, kumpulan pulau-pulau kecil pun juga tidak ingin kalah dengan menyimpan harta tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan.

Gili Islands

Gili Island .jpg

Sangatlah mustahil jika kamu belum mendengar tentang tiga pulau kecil yang terletak di lepas pantai Lombok ini. Sebelum kamu mengunjungi, ada baiknya untuk mengenali setiap Gili. Pulau terbesar dan yang paling berkembang adalah Gili Trawangan, pada siang hari, pulau ini ramai dengan kegiatan menyelam dan berjemur di bawah teriknya pantai, kemudian diikuti dengan ramainya kafe atau restoran seafood yang menyajikan kuliner laut segar. Pada malam harinya, Gili Trawangan menjadi lebih berbeda, pesta rave akan digelar yang berlangsung sampai dini hari.

Kemudian Gili Meno, pulau yang terapit di antara dua pulau, ini adalah pulau yang paling kecil dan alami. Gili Meno menjadi pulau favorit untuk para honeymoon dan penyuka satwa liar.

Berlanjut ke pulau selanjutnya, Gili Air, pulau yang menyuguhkan desa dan gubuk-gubuk tradisional khas Lombok, yang juga menjual berbagai kerajinan lokal. Selain menyediakan dan menjual budaya otentik, untuk para pencinta aksi pun dapat merasakan tantangan yang berada di sini, dengan berbagai atraksi seperti kitesurfing, subwinging, dan aqua yoga.

Triton Bay

Triton Bay .jpg

Teluk ini dikenal dengan kekayaan laut yang sangat melimpah, kamu dapat menemukan spesies-spesies laut yang menarik seperti kuda laut kerdil, hiu paus, ikan marlin, lumba-lumba, hingga beragam spesies endemik lainnya. Kemudian, ada lebih dari 30 titik selam di sekitar Triton Bay yang terletak di antara Laut Aiduma dan Selat Iris, atau area sekitar seperti Pulau Aras yang terkenal karena kawanan ikan snapper, damsel, dan hunting jack’s, Flasher Beach yang dipenuhi dengan ikan-ikan karang yang berwarna-warni, dan masih banyak area lainnya. Penyelaman malan dan siang hari adalah hal yang biasa, kegiatan menyelam di malam hari akan memberikan sensasi tersendiri dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Kei

Kei Island.jpg

Pulau yang berada di tenggara Kepulauan Maluku, pulau Kei ini terbagi menjadi dua: Kei Besar dan Kei Kecil. Kedua pulau ini adalah hidden gem yang dimiliki oleh Indonesia, karena Kei hampir tidak memiliki infrastuktur pariwisata. Pulau ini tidak memiliki hotel berbintang, ataupun resor, kemudian hanya sedikit turis asing yang datang. Keindahan natural destinasi ini menyuguhkan pemandangan pantai yang memanjakan mata dengan air jernih naturalnya.

Pulau Kei Kecil menjadi pulau yang berkembang dibandingkan dengan Kei Besar karena pulau Kei Besar memiliki topografi yang berbukit-bukit. Langgur dan Tual menjadi kota utama di pulau ini.

Alor

Alor Island.jpg

Kepulauan satu ini memiliki banyak keindahan di dalamnya, mulai dari keajaiban bawah laut yang spektakuler hingga budaya yang unik. Alor terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, kepulauan Alor ini terbentuk dari 20 pulau dan saat ini telah sukses menjadi destinasi diving untuk kelas dunia. Setidaknya, saat ini ada 50 titik selam yang membentang dari pulau Alor ke pulau Pantar.

Selain itu Alor juga memiliki sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Mataru. Sebuah kolam yang terletak di tengah hutan dengan air yang berwarna toska dan jernih ini dikenal sebagai Kolam Bidadari.

Derawan

derawan island.jpg

Pulau yang terletak di Kalimantan Timur ini memiliki keindahan susunan terumbu karang yang dulu pernah disamakan dengan perairan Raja Ampat. Pulau ini sudah menarik banyak perhatian turis dan domestik juga. Terletak di Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau. Pulau Derawan ini dikenal sebagai lokasi wisata bahari yang masih natural dan segar. Dengan air laut yang berwarna hijau jernih mampu memperlihatkan pasir di bawahnya. Terlebih lagi, ekosistem bawah lautnya juga masih sangat terjaga.

Berawal dari sebuah desa administratif, pulau ini diubah menjadi desa wisata. Berlanjut dengan perubahan yang membuat penduduknya sadar akan kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Mulai dari prinsip ini, warga pun dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para pengunjung yang berkeinginan untuk melakukan kegiatan snorkelling ataupun scuba diving.

Baca juga: 4 Floating Breakfasts In Yogyakarta You Should Try