Dihiasi dengan pemandangan bukit pasir menjulang hingga savanna hijau membentang yang kaya akan satwa liar, Afrika merupakan destinasi terbaik untuk melakukan tur safari. Pada artikel kali ini, kami akan membawamu jauh ke Tanzania, Zimbabwe, Uganda dan berbagai destinasi memukau lainnya di Afrika untuk menyaksikan migrasi tahunan rusa kutub, menelusuri sungai dan berinteraksi langsung dengan Gorila gunung. Berikut lima rekomendasi tur safari terbaik di Afrika yang dapat kamu nikmati.
 
1/5 Menyaksikan keindahan Taman Nasional Serengeti dari balon udara, Tanzania

 Serengeti.jpgFoto dok: andbeyond.com

Lupakan sejenak pengalaman menaiki balon udara di Cappadocia, Turki, karena pemandangan Taman Nasional Serengeti di Tanzania yang akan kamu lihat melalui balon udara ini akan dua kali lipat lebih indah. Pada bulan September hingga Juli, kamu akan menyaksikan keajaiban alam paling luar biasa di dunia yaitu, migrasi hewan besar-besaran. Setiap tahunnya, jutaan rusa kutub, zebra dan gazelles akan menyebrangi Serengeti, melewati para macan tutul dan buaya untuk mencari makan dan minuman. Jika kamu beruntung, kamu juga akan menyaksikan langsung hewan mamalia yang baru saja melahirkan anak-anaknya. Musim melahirkan ini biasanya terjadi pada bulan Januari dan Februari. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan luar biasa dari Great Rift Valley dan turun ke Kawah Ngorongoro untuk melihat singa, cheetah, gajah, dan berbagai satwa liar lainnya. Taman Nasional ini juga terkenal akan keindahan matahari terbenamnya. Oleh karena itu, perjalanan safari di Serengeti sangat sayang dilewatkan.

2/5 Berkemah di Cagar Alam Maasai Mara, Kenya  

 Masaai Mara.jpgFoto dok: andbeyond.com

Jika kamu ingin medapatkan pengalaman unik saat berlibur ke Kenya, kamu dapat berkemah di Maasai Mara. Selain menawarkan jaringan Wifi yang kuat, berbagai glamping spot, hotel dan resor di sini juga menawarkan berbagai macam tur safari yang dapat kamu nikmati. Cagar alam Maasai Mara juga merupakan salah satu spot terbaik di Afrika dimana kamu dapat melihat langsung aktivitas singa, zebra dan kuda nil saat merumput. Tidak hanya itu saja, pada bulan Juni hingga Agustus, kamu dapat melihat sisi lain dari migrasi besar ketika rusa kutub kembali dari Serengeti untuk menikmati padang rumput yang hijau dan subur di sini.

3/5 Safari berjalan kaki di Lembah Luangwa, Zambia 

 luangwa.jpgFoto dok: artosafari.travel 

Ada banyak cara menikmati kekayaan alam di Afrika, salah satunya dengan mengikuti trip berjalan kaki di Lembah Luangwa di Zambia. Tempat ini merupakan destinasi lahirnya safari jalan kaki yang biasa disebut sebagai "The Real Africa" dan tempat terbaik dimana kamu dapat berinteraksi langsung dengan satwa liar. Ketika melakukan perjalanan, kamu akan dipandu oleh seorang tour guide profesional yang akan memastikan keselamatanmu.  Bayangkan bagaimana rasanya jika kamu dapat berhadapan langsung dengan singa, gajah, badak ataupun jerapah. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu liburanmu yang paling mengesankan.

4/5 Trekking di Taman Nasional Bwindi, Uganda

biwndi.jpg

Foto dok: gorillatrekafrica.com

Apakah kamu seorang petualang sejati? Jika iya, maka tur safari di Taman Nasional Bwindi di Uganda ini adalah pilihan yang tepat untukmu. Meskipun trek ini cukup sulit untuk ditembus, karena diperlukan izin khusus, trekking Gorila dan eksplorasi hutan hujan Bwindi ini harus masuk ke dalam daftar liburanmu. Bagaimana tidak? Kesempatan untuk melihat langsung Gorila gunung di habitat aslinya adalah pengalaman yang jarang didapatkan siapapun.

5/5 Safari tur di sungai Zambezi dan Air Terjun Victoria, Zimbabwe


zambezi.jpgFoto dok: journeyinstyle.co.za

Ketika jalur udara dan darat sudah berhasil kita tempuh, maka saatnya kita menikmati tur safari sungai di Zimbabwe. Untuk melengkapi penjalajahanmu di Afrika, kamu bisa menelusuri sunga Zambezi dimana kamu akan menemukan buaya dan kuda nil yang berenang di sekelilingmu, kucing besar yang sedang memuaskan dahaganya dan gajah-gajah yang mandi di perairan sunga dangkal. Dalam tur ini kamu juga bisa melihat berbagai kawanan burung indah yang sedang bersantai, seperti burung kingfisher atau burung palm thrush. Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan ini dari kapal cruise atau mengayuh kano di sepanjang sungai dengan tour guide profesional. Saat berlibur di sana, jangan lewatkan untuk mengunjungi air terjun Victoria yang merupakan air terjun terbesar di dunia.