Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pecinta travelling dan fotografi. Bagaimana tidak? Hamparan padang hijau, pegunungan serta pantai biru yang masih terjaga kebersihannya, Labuan Bajo pantas disebut sebagai surga dunia. Selain Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pink Beach, masih ada berbagai spot yang wajib di eksplorasi seperti lima spot pariwisata terindah ini.

1/5 Goa Batu Cermin

goa.jpgFoto dok: labuanbajotour.com

Ketika berkunjung ke Labuan Bajo, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Goa Batu Cermin. Sebelum menjadi tempat wisata, goa ini sempat berada di bawah permukaan laut namun setelah air laut telah surut, Gua Batu Cermin kini berada di atas permukaa laut. Saat berkunjung, kamu dapat melihat sinar matahari yang masuk melalui celah-celah gua. Selain itu, kamu juga dapat berenang di sebuah kolam di dalam gua.

2/5 Wae Rebo

wae.jpgFoto dok: Factsofindonesia.com 

Disebut sebagai desa di atas awan, desa Wae Rebo di Flores terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapainya pun juga tidak mudah karena pengunjung harus melewati hutan sepanjang 9 km dan pendakian yang cukup menantang. Ketika berkunjung, para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam berupa gunung-gunung yang berpadu dengan 7 rumah adat berbentuk kerucut yang memberi kesan berbeda. Selain itu, desa ini juga disebut sebagai desa terindah di Indonesia dan tidak ada signal ponsel di daerah ini. Dari sisi wisata, desa Wae Rebo juga dikelola dengan baik dan ketika berkunjung kamu akan didampingi dan diberikan bimbingan tentang Pariwisata oleh Indonesia Ecotourism Network.

3/5 Giri Laba

gili laba.jpgFoto dok: Indonesia-resort.blogspot.com 

Selain Wae Rebo dan Goa Batu Cermin, ada satu spot menarik yang wajib dikunjungi para pecinta travelling dan photography yaitu Giri Laba. Pulau ini memiliki ukuran yang kecil namun pesona alamnya sangatlah menarik untuk dikunjungi. Berlatarkan pemandangan pantai yang indah, pengunjung dapat melihat matahari terbenam dan melakukan trecking hingga kepuncak. Menghabiskan waktu di Giri Laba bisa menjadi salah satu pengalaman travelling yang tak terlupakan.

4/5 Danau Kelimutu

kelimutu.jpgFoto dok: topikwisata.co.id

Salah satu spot wisata di Labuan Bajo yang wajib anda kunjungi ketika sedang berlibur di Flores adalah keajaiban Danau Kelimutu. Danau ini memang selalu bisa memantik rasa penasaran untuk para pengunjungnya. Bagaimana tidak? Mulai dari catatan sejarah hingga mitosnya selalu saja membuat kita penasaran. Hal ini karena di atas gunung sana terdapat sebuah danau yang berukuran besar berjumlah tiga buah. Namun Uniknya adalah tiga danau ini bisa berubah ubah warnanya. Maka dari itu bagi anda yang sedang main di Flores dan Labuan Bajo jangan lupa mampir ke tempat ini.

5/5 Desa Bena Bajawa

bajawa.jpgFoto dok: phinemo.com

Selain desa Wae Rebo, Flores juga memiliki desa lain yang menjadi magnet wisata yang wajib dikunjungi yaitu Desa Bena Bajawa. Di tempat ini kamu daoat menikmati wisata sejarah pekampungan megalitikum yang indah yang berada di puncak bukit. Sebagai latar belakangnya anda akan menikmati panorama gunung Inerie. Adat istiadat dan budayawan sangat kental disini. Bahkan anda masih akan menemukan rumah adat dan juga tradisi nenek moyang yang kental dipertahankan di sini.