Magelang, dikenal sebagai Kota Sejuta Bunga ini memiliki daya tarik yang tidak ada hentinya untuk wisatawan baik dari dalam negeri ataupun mancanegara. Pesona alam dari Magelang pun tidak kalah indahnya dari kota-kota wisata lainnya. Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Jawa Tengah, Magelang bisa menjadi destinasi utama kamu. Ini beberapa tempat wisata di Magelang yang harus masuk ke bucket list-mu!

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi salah satu bangunan yang masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia. Candi yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia ini juga banyak kedatangan pengunjung dari mancanegara yang ingin melihat langsung dan mempelajari sejarah Candi Borobudur. Selain itu, pemandangan dari atas candi pun tidak kalah indahnya. Tidak hanya melihat keindahan Borobudur, kamu pun juga bisa menhunjungi Camera House yang terletak 10 menit dari candi tersebut. Selain instagrammable, Camera House ini juga berbentuk seperti kamera DSLR. Di dalam rumah ini kamu bisa menemukan berbagai lukisan yang indah. 

2. Candi Umbul

Candi Umbul adalah situs yang berupa pemandian air panas. Asal usul penamaan Candi Umbul ini berasal dari kata ‘umbul’ yang dalam Bahasa Jawa berarti keluarnya sumber air dari dasar kolam yang menyembul seperti gelembung-gelembung. Terdiri dari dua kolam, yang pertama kolam air panas yang memiliki kandungan belerang di bagian atas, yang unik dari kolam ini adalah tidak adanya bau belerang seperti layaknya sumber air panas lainnya. Kolam kedua berisi air dingin dengan dinding kolam berasal dari lapisan batu andesit. Pada zamannya, kolam ini merupakan tempat pemandingan para putra-putri bangsawan.

3. OHD Museum

Museum OHD Magelang adalah museum pribadi yang dimiliki oleh kolektor lukisan ternama yang bernama Oei Hang Djien (OHD). Museum OHD ini sudah memiliki koleksi lebih dari 2,000 karya seni dari berbagai seniman, seperti Affandi, S.Sudjojono, dan Hendra Gunawan. Museum ini juga menjadi wadah bagi seniman baru yang ingin menunjukkan kreativitasnya.

4. Taman Bunga Dewari

Daya tarik paling utama dari tempat ini adalah kebun bunga matahari yang indah yang bisa dijadikan sebagai spot foto terbaik. Namun, hal yang paling penting perlu diingat, jangan sampai merusak tanaman-tanaman indah ini hanya demi sebuah foto.

5. Punthuk Kendil

Tempat wisata Punthuk Kendil ini berada di dataran yang tinggi dan dipenuhi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, warung, parkiran yang dekat, dan yang paling penting stop kontak untuk mengisi baterai smartphone-mu. Kamu bisa menikmati keindahan sunrise di Punthuk Kendil dan gubuk yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai.

Baca juga: 6 Cara Hidup dari Berbagai Dunia yang Akan Membuatmu Lebih Bahagia