Bagi kamu yang sering travelling ke luar negeri, mengunjungi tempat-tempat bersejarah merupakan hal yang wajib untuk dikunjungi. Seperti Masjid Nasir Al-Mulk yang berada di Iran, Blue Mosque di Turki, hingga Masjid Tokyo Camii di Jepang, kedelapan masjid ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya religi luar biasa yang mencerminkan identitas negara atau kota di tempat bangunan tersebut didirikan. Let's check these 8 majestic architecture mosques in the world!
Tanpa Judul1.png

 Foto dok: unsplash.com

1/8 Masjid Nasir Al-Mulk, Iran
1 ira.jpg

Foto dok: Irandoostan.com

Masjid Nasir Al-Mulk di Iran merupakan masjid tertua yang  indah. Dikenal dengan Masjid Merah Muda, Nasir Al-Mulk dilengkapi dengan arsitektur unik dengan langit-langit melengkung bergaya Arab bertahtakan ubin merah muda yang menawan. Selain keindahan arsitekturnya, masjid ini juga dihiasi dengan kaca patri di seluruh sisi jendelanya yang memantulkan warna-warna cantik dari sinar matahari yang menerobos masuk.

2/8 Blue Mosque – Turki
2blue.jpg

 Foto dok: unsplash.com

Dikenal dengan nama Masjid Sultan Ahmed, Blue Mosque merupakan salah satu masjid paling indah di dunia. Masjid yang berdiri kokoh dan megah ini memiliki enam menara besar dan dibangun pada masa pemerintahan Ottoman, Ahmed I Pada tahun 1609-1616. Kubah besar berwarna biru yang ikonik di masjid ini juga dilengkapi dengan 20 ribu ubin Iznik biru dengan motif bunga, pohon dan pola abstrak.

3/8 Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi

3.jpgFoto dok: cnnindonesia.com

Berlokasi di Abu Dhabi, Masjid Agung Sheikh Zayed dihiasi dengan 82 kubah marmer putih yang bertahtakan permata semi mulia. Di dalamnya terdapat tujuh lampu gantung yang terbuat dari kristal Swarovski berlapis 24 karat serta karpet terbesar di dunia yang lembut. Dinding dan langit-langit dalam masjid ini juga dihiasi dengan ubin bermotif bunga yang cukup rumit hasil karya ilustrator asal Inggris, Kevin Dean. Tidak hanya itu saja, maskin yang dirancang oleh arsitek asal Suriah, Yousef Abdelky ini terinspirasi dari gaya Persia, arsitektur Mughal dan Moorish. Pembangunannya sendiri disebut-sebut sebagai pembangunan termegah yang merupakan kolaborasi internasional dan melibatkan lebih dari 3.000 pengrajin dari 38 perusahaan konstruksi global.

4/8 Masjid Agung Xi’an – Cina

4 ok.jpegFoto dok: theislamicmonthly.com

Masjid Raya Xi’an merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di China dan merupakan masjid tertua di kota Xi'an. Berdasarkan ukiran batu yang terdapat di dalamnya, masjid dengan gaya arsitektur unik ini dibangun pada 742, tepatnya dalam periode Dinasti Tang (617-907). Dilansir dari China Highlights, pembangunan masjid ini berlangsung pada tahun pertama Era Tianbao pada masa pemerintahan Kaisar Xuangrong. Sementara penambahan fitur bangunan Masjid Raya Xi’an dilakukan selama Dinasti Song (960 – 1279), Dinasti Ming (1368 – 1644), dan dinasti Qing (1644 – 1911). Berdiri kokoh di atas lahan seluas 12.000 meter persegi, bangunan masjid ini terbagi menjadi empat halaman yang dihiasi oleh taman. Selain itu, Masjid Agung Xi’an tidak memiliki kubah dan Menara masjid serta memadukan memadukan gaya arsitektur tradisional khas China dan kesenian Islam.

5/8 Masjid Tokyo Camii - Jepang

5.pngFoto dok:Tokyocamii 

Berlokasi di distrik Oyama-Cho, Shibuya, Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang. Setibanya kamu di masjid ini, matamu akan langsung tertuju pada pintunya yang cantik dengan desain geometrik khas arsitektur Islam. Aulanya dilapisi dengan karpet berwarna biru dengan bias cahaya matahari yang menembus kaca patri berwarna. Material bangunan dan furniturnya pun dibawa langsung dari Turki. Tak diragukan lagi jika masjid ini menarik perhatian beberapa selebriti Indonesia untuk melangsungkan akad nikahnya seperti Syahrini dan Reino Barack.

6/8 Masjid Shah Faisal - Islamabad, Pakistan
6 ma.jpeg

 Foto dok: Amazingpakistan/talha

Selesai dibangun pada tahun 1986 Masjid Shah Faisal adalah masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan. Masjid ini juga pernah menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993 sebelum masjid-masjid lain di dunia mengembangkan pembangunannya. Sekarang, masjid ini adalah yang terbesar keempat di dunia, Rancangannya mengacu pada tenda di gurun Bedouin dan menjadi masjid nasional Pakistan dengan arsitektur Islam modern pada fasadnya.

7/8 Masjid Education City Mosque - Doha
7.jpg

Foto dok: Asiapropertyawards

Dengan desainnya yang futuristik, tidak heran jika masjid ini terbilang unik dan berbeda dengan masjid pada umumnya. Strukturnya terbentuk dari 5 kolom besar yang melambangkan Rukun Islam dengan untaian ayat Al Quran di setiap sudutnya. Masjid ini juga mampu menampung 1.800 jamaah di aula utamanya. Bagian luarnya pun dihiasi dengan ukiran ayat Al Quran dan ratusan jendela kecil yang menghiasi strukturnya.

8/8 Masjid Badshahi-Pakistan
8 bad.jpg

Foto dok: unsplash.com

Masjid yang dibangun pada tahun 1673 juga dikenal sebagai Masjid Sultan. Masjid Badshahi merupakan salah satu monumen bersejarah yang paling terkenal di Kota Lahore, Punjab, Pakistan. Eksteriornya berhiaskan batuan-batuan yang diukir, marmer, dan red sandstone yang mirip dengan Masjid Jama yang berada di New Delhi, India. Interior di dalam ruangan sholat masjid ini juga turut dihiasi dengan berbagai marmer putih yang diukir menyerupai bentuk bunga ciri khas arsitektur Mughal yang indah dan menawan.