Bagi sebagian orang, kolam renang mungkin hanya wahana pelengkap dan memiliki desain yang biasa saja. Namun, tidak semuanya seperti itu. Untuk fasilitas dalam resor atau hotel, kolam renang adalah salah satu yang diutamakan dan menjadi representatif resor atau hotel tersebut. Oleh karenanya, cukup banyak yang berlomba-lomba membangun serta mendesain kolam renang dengan bentuk, kondisi, dan suasana yang sedemikian rupa. Tidak hanya berupa kotak saja, luas dan tinggi juga diperhitungkan. Keindahan alam, ornamen patung sarat makna dan tiang-tiang batu tidak boleh ketinggalan. Semuanya memberi arti keindahan dan kemewahan classy tanpa berlebihan.
header image_pexels-pavel-danilyuk-6667465.jpg

Foto: doc. Pavel Danilyuk/pexels.com

Berikut adalah deretan desain swimming pool paling menarik, mulai dari Mexico, Indonesia, hingga Tokyo. Bisa jadi inspirasi untuk kolam renang di rumahmu!
1. Viceroy Los Cabos, Mexico
Viceroy_pool.jpg

Foto: doc. viceroyhotelsandresorts.com


Kolam renang yang menjadi bagian dalam resor Viceroy Los Cabos, Mexico, karya arsitek Miguel Angel Aragonés ini cepat menarik atensi dunia. Dikelilingi bangunan tembok-tembok berwarna putih dan menghadap langsung ke Laut Cortez. Miguel menciptakan ilusi futuristik dan modern, seolah-olah bangunan putih melayang di tepi kolam. Selain itu, pada bagian tengah kolam renang yang berbentuk oval ini, kamu akan menemukan sebuah bangunan berbentuk sarang burung yang merupakan restoran fusion Meksiko & Jepang, bernama Nido.


2 Address Beach Resort, Dubai
Adress Beach Resort Pool.jpg

Foto: doc. timeoutdubai.com


Jika berbicara tentang Dubai, predikat kemewahan dan totalitas rasanya tidak bisa dipisahkan. Kalau kamu ingin merasakan kolam renang tertinggi di dunia, Dubai adalah jawabannya. Kolam renang Address Beach Resort berada di dalam kawasan Jumeirah Beach Residences dan terletak di lantai 77 atau 294 meter dari dasar. Luas kolam renang ini juga tak kalah fantastis, memiliki panjang hingga 95 meter dan lebar 16,5 meter. Rasakan pengalaman berenang yang tak biasa, sekaligus melihat gedung Ain Dubai dan Teluk Arab. 


3 Belmond Hotel Caruso, Amalfi Coast
Belmond Pool.jpg

Foto: doc.belmond.com


Kali ini kolam renang yang berada tepat di jantung kota Ravello, Amalfi Coast. Tepatnya di dalam kawasan Belmond Hotel Caruso, berada di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut. Pemandangan paling ikonis dari kolam renang ini, airnya yang jernih bagai cermin memantulkan pemandangan langit, sehingga nampak tidak ada batas. Belmond Hotel Caruso sendiri merupakan hotel hasil restorasi sebuah kastil dari abad ke-11, oleh arsitek dan desainer Italia, Gennaro Passerotti, sehingga masih nampak bebatuan asli dari kastil tersebut.


4 The Mulia, Bali
The Mulia_The Oasis Pool (3).jpg

Foto: doc. themulia.com

Jika beralih ke dalam negeri, rasanya kita tak boleh melewatkan kolam renang yang berada di dalam kawasan The Mulia, Bali. Tak hanya satu, melainkan tujuh kolam renang dengan desain istimewa. Ada dua lokasi kolam yang menarik perhatian, Ocean Pool dan Oasis Pool. Namun kami merekomendasikan Oasis Pool, yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dan sebuah pura di Pantai Geger. Baik di Ocean dan Oasis Pool, kedua kolam renang ini dikelilingi oleh 16 patung batu wanita yang membawa nampan berisi beras di kepala (melambangkan kekayaan dan kemakmuran) dan mangkok berisi air (melambangkan kesucian dan upacara pembersihan). Pilih waktu matahari terbit untuk melakukan sesi foto terbaik.


5 San Alfonso del Mar, Algarrobo, Chile
San-alfonso-del-mar-square_Pool.jpg

Foto: doc. housebeautiful.com


Kolam renang yang tidak terasa seperti kolam renang, mungkin ini lah istilah yang tepat. Memegang rekor sebagai salah satu kolam renang terbesar dan terluas di dunia, kolam San Alfonso del Mar menawarkan pengalaman tidak hanya berenang biasa. Berada tepat hanya beberapa meter dari Samudera Pasifik dan dengan panjang 3300 kaki, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan di kolam ini. Kamu bisa snorkeling, kayaking, bahkan untuk melakukan scuba dive dan mengendarai perahu masih memungkinkan.


6 The Silo, South Africa
Silo-Hotel-pool-2.jpg

Foto: doc. thesouthafrican.com

Berenang di atas museum? Kenapa tidak? Ini adalah salah satu kolam renang dengan desain terbaik yang berada di Afrika Selatan. Kolam yang menjadi bagian dari properti hotel The Silo dan Zeitz Museum of Contemporary Art ini, dengan cepat menarik perhatian khalayak. Terutama setelah properti milik Liz Biden ini direnovasi oleh Heatherwick Studio berbasis di London, Inggris. Dengan pilar-pilar batu tinggi yang berada di sekeliling kolam berbentuk huruf T, menambah estetika pemandangan alam seperti Table Mountain, Lion’s Head, hingga Samudera Atlantik. Ini tempat yang cantik untuk melihat matahari terbenam di pusat kota Afrika Selatan.


7 Aman Tokyo, Japan
Aman-Tokyo_Pool.jpg

Foto: doc. aman.com

Modernitas Jepang terasa kental dalam desain kolam renang dalam ruangan yang menjadi bagian dari Hotel Aman, Tokyo. Terletak di atas Otemachi Tower, kolam renang ini menawarkan tempat untuk menemukan ketenangan di tengah energi dinamis Tokyo. Kolam seluas 30 meter hasil karya arsitek dan desainer Kerry Hill ini, mampu menangkap perasaan nyaman melalui jendela-jendela besarnya yang memantulkan cahaya matahari dengan sempurna. Di tempat ini juga, pusat wellness Aman, Tokyo berada.