bill-fairs-ejsQUrS4gnI-unsplash.jpgFoto: Dok. Unsplash/Bill Fairs

Peninggalan bersejarah dan berbagai warisan dunia lainnya memang tidak pernah gagal membuat masyarakat terpesona akan keindahannya. Dikutip dari data terbaru yang diterbitkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), saat ini sudah sekitar 1154 situs warisan dunia yang telah terdaftar di dalam The World Heritage List, termasuk 218 situs alam dan 897 tempat yang memiliki makna budaya dan sejarah. Indonesia sendiri memiliki 9 tempat yang menjadi bagian dari World Heritage Sites tersebut. Mulai dari Candi Borobudur yang sedang menjadi topik hangat di kalangan masyarakat saat ini hingga Hutan Hujan Tropis Sumatera yang masih masuk ke dalam “Danger List” UNESCO. 

Untuk para pelancong, sejarahwan, serta pecinta peninggalan bersejarah, mengunjungi ke tempat-tempat tersebut tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga. Namun, dibutuhkan waktu yang cukup lama apabila ingin berkunjung ke semua situs budaya dan warisan dunia lainnya. Bagi kalian yang menginginkan sebuah petualangan berharga dan tak terlupakan, 5 tempat bersejarah serta warisan budaya dunia ini bisa kalian masukan ke dalam list perjalanan sebelum mengunjungi tempat lainnya.   

 

1/5 Candi Borobudur 

Bagi para masyarakat Indonesia dan wisatawan asing, Candi Borobudur merupakan salah satu kawasan keajaiban dunia yang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Menjadi kuil umat Buddha terbesar di dunia, candi yang dibangun antara tahun 780M dan 840M pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra ini memiliki desain yang luar biasa: menampilkan sekitar 2,672 panel relief dengan 500 patung Buddha yang dikelilingi oleh alam kehijauan yang indah. Di bagian pusat kubah dikelilingi oleh 72 patung Buddha, dimana masing-masing patung terlihat dalam posisi duduk di dalam stupa berlubang. Salah satu hal menarik yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang adalah bangunan candi ini dibangun tanpa menggunakan semen maupun mortar–sebuah keajaiban arsitektur pada zaman yang lalu. 

Terlepas dari banyaknya pro dan kontra terhadap peninggalan bersejarah Indonesia tersebut, kita sebagai masyarakat Indonesia yang bertanggung jawab harus saling mendukung satu dengan yang lain dengan tidak merusak atau menduduki candi secara sembarangan, menghormati adat yang ada, serta mendukung program konservasi dengan tidak menjadikan keajaiban tersebut sebagai tempat wisata biasa, namun sebagai peninggalan bersejarah yang harus dilestarikan. 

 

2/5 Nubian Monuments, Egypt

Mesir tidak hanya terkenal dengan keindahan gurun pasir dan budayanya, namun juga berbagai peninggalan bersejarah yang tentunya akan memuaskan keingintahuan para pecinta sejarah dan arkeolog. Ketika berkunjung ke sini, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Monumen Nubia dari Abu Simbel hingga Philae—sebuah zona arkeologi penting di Mesir. Kawasan ini adalah rumah bagi banyak monumen penting yang dilestarikan dan diselamatkan dari Danau Nasser. Namun, banyak yang menganggap kuil dan monumen ini sebagai museum terbuka karena banyaknya monumen dan struktur budaya yang penting karena monumen-monumen ini juga menceritakan kembali sejarah panjang Firaun Mesir. 

Salah satu monumen paling terkenal adalah Kuil Abu Simbel. Monumen tersebut merupakan salah satu kuil yang didirikan pada masa pemerintahan Ramses II. Bangunan tersebut dibangun di Nubia kuno dan didedikasikan untuk dirinya sendiri. Kuil Agung tersebut terdiri dari empat patung kolosal yang dipahat dari batu dan tampak diikat ke dinding tebing, yang terlihat di pintu masuk. Oleh karena itu, kuil ini menonjol karena keunikan nilai budayanya pada saat dibangun dan pendekatan desain secara keseluruhan.

 

3/5 Kathmandu Valley, Nepal

Merencanakan sebuah perjalan berkesan ke Nepal? Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Lembah Kathmandu. Kawasan ini dikenal sebagai rumah bagi banyak kuil kuno, situs keagamaan dunia, dan bangunan kuno lainnya yang semuanya masih berfungsi dan digunakan sampai sekarang. Situs-situs ini dianggap berharga, karena telah ada selama ratusan tahun dan menyimpan kekayaan sejarah yang telah dilestarikan selama berabad-abad.

Kawasan ini memamerkan sebanyak tujuh Situs Warisan Dunia. Ini adalah salah satu kota paling bersejarah di dunia dan kami merekomendasikan untuk menyisihkan satu hari untuk menandai semua landmark. Kathmandu Durbar Square adalah salah satu dari tiga alun-alun yang terkenal di kota dimana diberkahi oleh peninggalan kuil-kuil yang mempesona, istana yang dihias, hingga kuil berlapis emas. Walaupun pada tahun 2015, gempa bumi dahsyat menghancurkan banyak bangunan bersejarah di daerah tersebut, keindahan peninggalan tersebut masih mencuri banyak hati orang banyak hingga saat ini. 

Jika Anda punya waktu untuk kuil lain, pastikan itu adalah Pashupatinath. Kompleks candi Hindu yang suci di tepi Sungai Bagmati ini berfungsi sebagai tempat para dewa nasional Nepal, Lord Pashupatinath. Kuil utama di kompleks ini, yang menampilkan menara emas, patung kayu, dan dekorasi yang rumit, dimana dianggap sebagai mahakarya arsitektur Hindu. Satu hal menarik di sini adalah para penduduk setempat juga percaya bahwa dengan mengunjungi kuil yang mempesona ini, semua keinginan Anda akan terkabul.

 

4/5 Great Barrier Reef, Australia

Liburan di Australia kiranya tidaklah lengkap tanpa mengunjungi salah satu Great Barrier Reef. Salah satu keajaiban alam dunia tersebut masuk ke dalam World Heritage Sites pada tahun 1981 karena atribut alamnya yang unik dan ilmu pengetahuan dan lingkungan yang luar biasa. Kawasan ini memamerkan jutaan koleksi terumbu karang terbesar di dunia, dimana terdiri lebih dari 1.500 spesies ikan dan sekitar 240 spesies burung, serta keragaman krustasea, anemon, dan cacing laut. Tidak hanya itu, kawasan ini merupakan sebuah rumah aman untuk spesies seperti dugong dan penyu hijau besar yang terancam punah.

Sayangnya, ada banyak hal yang membuat kawasan ini menjadi salah satu kawasan yang harus dikonservasi. Beberapa ancaman saat ini terhadap sistem terumbu tersebut adalah pemutihan karang, limpasan, dan wabah populasi bintang laut yang semakin tidak terkontrol. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa sejak 1985, lebih dari setengah karang telah hilang di Great Barrier Reef. Oleh karena itu, upaya konservasi diperketat untuk melestarikan apa yang tersisa dari kawasan keajaiban alam dunia tersebut. 

 

5/5 Machu Picchu, Peru

Menjadi salah satu lanscape alam dengan bangunan kuno yang ikonik, Machu Picchu dibangun pada ketinggian 2.430 meter di atas permukaan laut di lereng timur Andes. Situs bersejarah ini merupakan peninggalan dari peradaban Inca yang sampai saat ini menjadi topik hangat karena memiliki segudang misteri. Diketahui sampai saat ini, masih banyak perdebatan tentang alasan Machu Picchu dibangun dan kemudian ditinggalkan secara misterius. Warisan budaya dunia ini juga menampilkan sekitar 200 bangunan dengan arsitektur menawan yang dikelilingi oleh pemandangan yang fantastis.