Seiring berjalannya waktu, minat orang-orang yang berkaitan dengan travel memang selalu berubah. Berdasarkan hasil riset oleh Booking.com yang dilakukan terhadap lebih dari 22.000 traveler di 29 market, serta wawasan dari 180 juta ulasan tamu terverifikasi, ada 8 tren travel yang diprediksi akan populer pada tahun 2020 mendatang. Penasaran? Cek selengkapnya di sini.

1/8 Ramainya Wisata Kota Kedua

1.jpg

Sumber: Pixabay.com

Berdasatkan riset yang dilakukan oleh Booking.com, kota kedua akan banyak diminati oleh para traveller di tahun depan. Wisata kota kedua sendiri merupakan eksplorasi wilayah wisata yang tidak terlalu populer, yang bertujuan untuk mengurangi aktivitas wisata yang berlebihan dan melindungi lingkungan. Cukup banyak traveler dunia yang ingin berpartisipasi dalam mengurangi pariwisata berlebihan, sehingga hal ini diprediksi akan menjadi salah satu tren travel yang akan datang. Tidak hanya itu, berbagai perusahaan juga diprediksikan akan memperkenalkan fungsi-fungsi yang dapat mempermudah traveler dalam menemukan destinasi kota kedua.

2/8 Meningkatnya Penggunaan Teknologi

2.jpg

Sumber: Pixabay.com

Teknologi memang sudah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari. Tentu saja, perkembangan teknologi juga akan membantu para traveler untuk menentukan aspek-aspek penting dalam membuat keputusan mengenai aktivitas wisatanya, seperti yang telah diprediksi oleh Booking.com. Pada tahun 2020, akan ada lebih banyak aplikasi dengan teknologi kecerdasan buatan untuk membantumu berlibur dengan optimal, misalnya dengan merekomendasikan destinasi, tempat menginap, dan aktivitas wisata berdasarkan riwayat perjalananmu, sehingga kamu dapat berlibur dengan lebih optimal.

3/8 Bertambahnya Peminat Slow Traveling

3.jpg

Sumber: Pixabay.com

Jika biasanya orang-orang mencoba melakukan banyak hal dalam aktivitas traveling-nya, maka tahun 2020 adalah kebalikannya. Alih-alih berjalan-jalan dengan jadwal yang padat, banyak orang yang justru berencana untuk melakukan slow traveling, baik dengan transportasi lambat namun ramah lingkungan atau dengan mengambil rute yang lebih jauh untuk menikmati perjalanannya. Bahkan, ada juga yang tidak keberatan menghabiskan waktu lebih banyak dalam perjalanan menuju destinasi wisata asalkan transportasinya unik.

4/8 Pencarian Destinasi Wisata Yang Menawarkan Pengalaman Liburan Lengkap

4.jpg

Sumber: Pixabay.com

Waktu yang efisien adalah tren travel yang akan digemari banyak orang pada tahun depan. Jadi, daripada mengambil satu tema kegiatan untuk seluruh liburan, orang-orang akan mencari destinasi wisata yang menawarkan beragam pilihan aktivitas yang lengkap agar selain dapat merasakan banyak pengalaman yang berbeda, waktu liburan juga dapat terasa lebih efisien.

5/8 Kebutuhan Hewan Peliharaan Menjadi Prioritas Dibanding Diri Sendiri

5.jpg

Sumber: Pixabay.com

Hal lain yang akan menjadi tren di dunia traveling yang akan datang adalah meningkatnya orang-orang yang membawa hewan peliharaan dan memprioritaskan peliharaan tersebut dibanding kebutuhan diri sendiri. Ada cukup banyak traveler yang mengungkap keinginan mereka untuk memilih destinasi liburan dan akomodasi yang ramah hewan peliharaan meski harus membayar lebih mahal. Tren ini juga dapat terlihat dari jumlah properti ramah peliharaan yang semakin bertambah di Booking.com. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk membawa hewan peliharaanmu, tidak perlu khawatir karena tren ini juga akan membuat akomodasi di seluruh dunia berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peliharaanmu.

6/8 Berlibur Bersama Kakek-Nenek dan Cucu-Cucu

6.jpg

Sumber: Pixabay.com

Seiring berjalannya waktu, generasi tua saat ini memang lebih sehat, pemberani, dan aktif dibanding generasi sebelumnya. Sehubungan dengan hal ini, Booking.com juga memprediksi bahwa pada tahun depan akan semakin banyak lansia yang berlibur bersama cucu-cucunya. Sementara itu, para orang tua akan menghabiskan waktu di rumah. Berdasarkan hasil riset, menghabiskan waktu liburan bersama cucu-cucu akan membuat para lansia ini merasa lebih muda sehingga destinasi wisata yang menawarkan berbagai aktivitas untuk kedua generasi ini akan semakin populer.

7/8 Berlibur Berdasarkan Peluang Wisata Kuliner

7.jpg

Sumber: Pixabay.com

Tahun depan popularitas wisata kuliner akan semakin meningkat dan menjadi faktor penting bagi banyak orang dalam mengambil keputusan mengenai liburannya. Selain berlomba-lomba untuk membuat reservasi di restoran-restoran ternama, tempat makan tersembunyi yang menjadi favorit penduduk lokal juga akan menjadi incaran banyak orang yang mendambakan pengalaman kuliner yang tidak biasa. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk traveling ke suatu tempat, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena kamu akan mendapat banyak pesaing yang juga mengincar restoran tersebut.

8/8 Perjalanan Jangka Panjang

8.jpg

Sumber: Pixabay.com

Tren terakhir di bidang travel untuk tahun depan adalah perjalanan jangka panjang. Orang-orang dari berbagai kalangan usia banyak yang memiliki rencana untuk pensiun lebih awal untuk merencanakan perjalanan jangka panjang. Sementara itu, berdasarkan hasil riset, orang-orang yang sudah pensiun juga berencana untuk berlibur beberapa bulan tanpa gangguan. Oleh karena itu, tren ini akan memunculkan berbagai layanan atau produk yang dapat membantu orang-orang untuk mempercepat perencanaan perjalanan panjang mereka.

Baca juga: 5 Tempat Retret Khusus Perempuan untuk Solo Female Traveller

Tags: Travel, Booking.com, Tren Travel