Memiliki banyak monument bersejarah, Paris menjadi kota impian bagi banyak orang. Tidak hanya menara Eiffel yang menjadi ikon dari kota ini, namun beberapa tempat lainya juga memiliki cerita menarik dibalik pembangunannya. Notre Dame bangunan gereja Katedral dengan desain arsitektur unik bergaya gotik yang sudah berdiri lebih dari 200 tahun ini menyimpan begitu banyak cerita bersejarah dalam pembangunan nya. Berikut 5 fakta menarik Notre Dame yang perlu kamu tau.

Sudah Berdiri Lebih Dari 200 Tahun

notre dame.jpg

Photo doc: Pinterest 

Batu pertama yang diletakan di Katedral Notre Dame de Paris diletakan pada tahun 1163 pada masa pemerintahan Louis VIII, ketika Paris mengalami pertumbuhan dalam jumlah populasi, politik, dan ekonomi. Proses pembangungan yang cukup lama membuat pembangunan Katedral berlanjut beberapa abad berikutnya lewat restorasi besar yang terjadi pada abad ke-17 dan ke-18, dan selesai pada tahun 1345. Notre Dame memiliki desain arsitektur yang sangat unik, lewat gambar batu dan kaca yang terinspirasi dari cerita dalam Alkitab membuat bangunan ini terlihat sangat menarik.

Memiliki 2 Bagian Penting

notre dame bell tower.jpgPhoto doc: Pinterest 

Bagunan yang indah dan megah ini juga didominasi oleh dua menara lonceng abad ke-13. Buordon atau yang lebih dikenal dengan nama Emmanuel adalah salah satu lonceng terbesar diantara kedua lonceng yang ada.

Dikunjungi 13 Juta Turis Setiap Tahunya

notre dame tourist.jpgPhoto doc: Pinterest

Menjadi ikon dari Paris, Perancis setelah menara Eiffel, tidak heran bila Notre Dame mendapatkan 13 juta turis setiap tahunya yang siap mengabadikan setiap momen berharga ketika berkunjung ke Katedral Notre Dame de Paris tersebut.

Diabadikan Sebagai Latar Dari Novel Victor Hugo

notre dame inside.jpgPhoto doc: Pinterest

The Bunch of Notre Dame, judul novel Victor Hugo yang diterbitkan pada 1831 Menggunakan Katedral ini sebagai latar dari ceritanya yang mengisahkan Quadimodo sebagai tokoh utama dari novel ini merupakan orang yang ditakuti karena kelaianan fisiknya, namun dirinya mendapatkan perlindungan dari Katedral ini dan akhirnya memutuskan untuk bekerja membunyikan bel. Novel ini juga sudah diadaptasi dalam sebuah animasi hasil garapan Disney.

 Hancur Terbakar Pada 15 April Lalu

Kabar hancur terbakarnya monument bersejarah ini mematahkan hati banyak orang, terjadi pada 15 April lalu kebakaran yang masih belum diketahui penyebab pastinya ini menghanucurkan bangunan bersejarah ini. Altar tertinggi dari bangunan ini dibuat pada tahun 1989 menjadi satu-satunya arsitektur yang hancur akibat tertimpa menara gereja yang ambruk, sedangkan tiga jendela yang dibuat pada abad ke-13 masih utuh keadaanya.

Baca juga: Hendrik Tio, Founder Dan CEO Bhinneka, Startup E-commerce Pertama Di Indonesia

Tags: Paris, Notre Dame Cathedral, Notre Dame De Paris, Monumen Bersejarah, History Of Notre Dame