Jakarta akan mempunyai satu lagi mode transportasi baru. Ya, MRT atau Mass Rapid Transit Jakarta yang diberi nama Ratangga akan segera beroperasi dan sudah dibuka untuk uji coba dari tanggal 12 hingga 23 Maret. MRT memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga dan diharapkan dapat mengurangi kemacetan di ibukota. Namun banyak yang belum tahu kira-kira fasilitas apa yang ada di MRT. Oleh karena itu, yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui kira-kira apa saja fasilitas MRT Jakarta.

Stasiun dan kereta ramah bagi penyandang disabilitas

Tidak ada lagi kesulitan bagi penumpang disabilitas jika ingin naik kendaraan umum. MRT Jakarta menyiapkan berbagai fasilitas memadai untuk mempermudah para penumpang difabel. Seperti pada bagian lift terdapat huruf braile dan toilet khusus untuk pengguna kursi roda. Tidak hanya itu, di bagian jalan akan terdapat blok taktis atau guiding block di sepanjang stasiun untuk membantu penumpang sampai di kereta dengan selamat.

Pintu kaca pemisah peron otomatis

Untuk menghindari adanya kejadian yang tidak inginkan seperti terjatuh ke dalam jalur rel kereta, MRT Jakarta akan menggunakan pintu kaca otomatis sebagai pemisah antara peron dan pintu kereta. Sehingga diharapkan dapat mencegah adanya kejadian yang tidak diinginkan.

Fasilitas umum yang memadai

MRT Jakarta turut memperhatikan fasilitas umum lainnya. Fasilitas seperti ruang menyusui untuk ibu dan tempat ibadah lengkap tersedia untuk memudahkan penumpang MRT Jakarta. Eskalator untuk membantu para penumpang memasuki stasiun pun sudah tersedia.

Perkiraan jumlah rangkaian kereta

Satu rangkaian MRT akan terdiri dari 6 kereta. Masing-masing gerbong tersedia 58 kursi. Di antaranya, dua ujung kereta tersedia 6 kursi prioritas untuk lansia, ibu hamil, ibu dengan anak-anak, dan penyandang disabilitas.

Baca juga: Mighty Motoring: Gojek Continues To Grow With International Expansion

Tags: Arts And Culture, MRT Jakarta, Mass Rapid Transit, Transportasi Publik, Mrt