Bhutan memang dikenal sebagai hidden city atau negara terpencil yang paling indah di dunia karena keasrian alamnya yang tak tertandingi. Disebut sebagai “The Last Shangrila,” keindahan, kesederhanaan dan alam Bhutan memberikan kesan mendalam bagi saya.

Tidak hanya itu, masyarakat disini sangat bahagia karena mereka hidup dengan sederhana dan selalu menerapkan rasa syukur akan apa yang mereka miliki. Bhutan lebih dari sekedar tempat spiritual yang menakjubkan tetapi juga tempat yang dapat menyentuh jiwa terdalam kita. Berikut pengalaman saya saat berkunjung ke negara indah ini. 

Tiger's Nest, Paro, Bhutan 

IMG_5256.JPGFoto dok: Vanessa Kalani Ong

Chimi Lhakang 

Selain Tiger's Nest, Kota Punaka merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Bhutan. Kota ini disebut memiliki peninggalan unik dari masa lalu yang konon pembangunan kotanya didedikasikan untuk Drukpa Kunley, seorang tokoh keagamaan setempat. Dihiasi dengan berbagai gambar mural kuno, tempat ini banyak sekali menarik perhatian para pengunjung dengan karya seninya. 

Mural tersebut dapat ditemui di Kuil Chimi Langkhang yang merupakan situs ziarah penganut kepercayaan lokal. Disebut sebagai "The Fertility Temple" atau "Kuil Kesuburan," berziarah ke kuil ini dipercaya dapat memberikan keturunan bagi siapa saja yang berkunjung. Tidak hanya itu, banyak dari peziarah yang percaya bahwa mereka akan mendapatkan keharmonisan dan terhindar dari berbagai masalah rumah tangga. 

IMG_5090.JPGFoto dok: Vanessa Kalani Ong

Punakha Dzong

Punakha Dzong yang juga dikenal sebagai Pungtang Dewa chhenbi Phodrang atau "Istana Kebahagiaan Agung" adalah pusat administrasi pemerintahan Distrik Punakha di Bhutan hingga tahun 1955 sebelum ibu kotanya dipindahkan ke Thimphu. Ketika berkunjung ke kota ini, bangunan yang dindingnya dominan berwarna putih dengan aksen oranye serta ukiran pada jendelanya mudah dikenali dan menarik perhatian. 

Dzong atau benteng tidak hanya berfungsi sebagai pusat administrasi pemerintahan distrik bersangkutan, melainkan juga sebagai pertahanan. Terletak di pertemuan sungai Pho Chhu dan Mo Chhu di Punakha Valley, bangunan di kota ini menjadi salah satu tempat ikonik yang wajib dikunjungi. 

IMG_1488.JPGFoto dok: Vanessa Kalani Ong

Kuil Chezhi Goenpa, Gynekha Village-Bhutan 

Dibangun pada abad ke-15, Kuil Chezhi Goenpa yang terletak di Gynekha Village, Bhutan ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ketika berkunjung kesana, saya berkesempatan untuk merayakan acara ritual tahunan yang dipersembahkan untuk para Dewa setempat. Acara ini diikuti dengan tari topeng dan tari tradisional Bhutan, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mendatangkan berkat dan membersihkan dosa mereka.

IMG_5688.JPGFoto dok: Vanessa Kalani Ong

 

f4e17da0-60cc-47a7-b093-0d67ee4280b1.JPG