Belakangan ini banyak berita yang membahas tentang kepindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan. Dengan wacana tersebut Kalimantan pun harus mempersiapkan diri karena akan menjadi kota yang paling penting dalam Indonesia nanti.

Indonesia memang dikenal dengan keindahan wisatanya, mulai dari Sabang sampai Merauke, keindahan Indonesia selalu memanjakan mata. Kalimantan tentunya juga memiliki destinasi yang cantik. Berikut ini beberapa lokasi wisata indah yang memanjakan mata di Kalimantan yang harus kamu kunjungi.

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan menjadi salah satu ciri khas dari Kalimantan Selatan, kamu dapat membeli semua kebutuhan-kebutuhan dapur kamu di pasar terapung ini. Selain itu, transaksi di pasar terapung ini juga menggunakan transaksi yang tradisional, kamu dapat bertransaksi mulai jam 6 pagi hingga jam 9 pagi. Untuk ke pasar terapung ini, kamu bisa menggunakan kapal klotok dengan mesin dan hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Danau Labuan Cermin

Danau cantik ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan ini menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh banyak wistawan dari asing ataupun lokal. Ini semua karena pemandangan Danau Labuan yang sangat indah dan menenangkan. Ini karena Danau Labuan memiliki air yang sangat jernih dan dikelilingi dengan hutan yang rimbun dan suasana alam yang tenang.

Kepulauan Derawan

Jika kamu sangat menyukai dengan wisata air atau pantai, kamu bisa langsung berkunjung ke Kepulauan Derawan. Destinasi yang menjadi surga tersembunyi di Kalimantan ini menjadi favorit bagi banyak wisatawan. Kamu juga bisa mengeksplorasi pulau-pulau kecil yang berada di Kepulauan Derawan yang memiliki tempat-tempat indah dan unik, dan jika kamu menyukai snorkelling, kamu tidak boleh melewatkan keindahan pemandangan bawah laut yang Kepulauan Derawan berikan.

Bukit Bangkirai

Jika kamu bosan dengan destinasi wisata air, dan ingin merasakan pepohonan dan hutan yang sejuk, kamu bisa ke Bukit Bangkirai. Objek wisata dengan suasana hutan hujan tropis ini sudah sangat jarang ditemui saat ini. Tidak hanya memberikan pesona yang indah, adernalin kamu juga akan diuji untuk menyebrangi jembatan gantung yang menghubungkan 5 pohon Bangkirai dengan ketinggian 30-40 meter. Jembatan gantung ini membentang sepanjang 64 meter dan dijamin akan memberikan adernalin yang tinggi, terlebih lagi dengan terpaan angin yang semakin menantang.

Taman Nasional Tanjung Puting

Jika kamu benar-benar ingin merasakan langsung keindahan hutan hujan tropis khas Kalimantan, kamu wajib mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting. Terletak di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Tanjung Puting terkenal dengan penangkaran orang utan yang hampir punah dan berbagai satwa lainnya. Kamu dapat memasuki hutan bersama ranger untuk merasakan pengalaman terbaik, yaitu berjumpa dengan orang utan.