Menikmati pemandang di balik jendela rumah atau apartemen tidak lah cukup menghibur terutama saat menjalani social distancing. Setelah lebih dari satu bulan melakukan aktivitas di rumah, ada baiknya jika kita memiliki berbagai hiburan baru yang dapat menemani kita setiap minggunya. Selain mengunjungi museum, galeri seni, taman nasional dan situs-situs bersejarah di dunia secara virtual, kini kita juga dapat menikmati pemandangan pedesaan di Swiss, pegunungan dengan bentang alam yang indah di Peru, laut yang indah di Montenegro, maupun pemandangan perkotaan di malam hari di New York dari balik jendela kereta yang dapat disaksikan secara online.

Perjalanan kereta virtual ini menawarkan kesempatan untuk menenangkan pikiran, sambil melihat pemandangan alam yang indah. Kamu pun tidak perlu khawatir untuk berpergian saat ini karena kamu dapat menikmati perjalanan ini dari sofa rumahmu. Tuangkan secangkir kopi, teh panas ataupun cocktail dan nikmati perjalananmu.
 
1/8 The Flåm Railway, Norwegia

Norway.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@leonardreeb

Disebut sebagai salah satu perjalanan kereta paling indah di dunia, rute perjalanan sepanjang 19 km ini akan membawamu dari ujung Aurlandsfjord, anak sungai Sognefjord, hingga pegunungan tinggi di stasiun Myrdal. Di sepanjang jalan, kamu akan melewati air terjun, jurang yang dalam, pegunungan yang berselimut salju dan pertanian dataran tinggi. Pemandangan dibalik jendela kereta ini juga akan ditemani oleh pergeseran cuaca dari terbit matahari ke hujan.

2/8 Bernina Railway, dari Swiss ke Italia

berninaq.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@cuntrada

Perjalananmu akan dimulai dari St. Moritz, Swiss pada hari yang sangat cerah dan berakhir di Tirano, Italia melalui puncak pegunungan Bernina. Nikmati kopimu dan saksikan kereta ini melewati desa-desa indah di tepi tebing dan perairan biru yang berkilauan. Perjalanan ini merupakan jalur kereta api tertinggi di pegunungan Alpine yang melintasi Eropa dan jalur kereta adhesi tertinggi di benua ini. Nikmati perjalanan virtual yang terlupakan ini di sini.

3/8 Durango & Silverton Narrow Gauge Railroad, Colorado, AS

durango.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@designosaur

Jalur bersejarah ini akan membawa kita dari satu kota pegunungan ke kota indah lainnya melalui jalur gunung Alpine tertinggi. Tur yang dibagi menjadi tiga bagian ini menawarkan perjalanan virtual di jalur kereta api selebar tiga kaki sejauh 72 km antara Durango dan Silverton. Pada bagian pertama, kamu akan menikmati perjalanan di pinggir tebing terjal di atas sungai Animas. Di bagian kedua, kereta Chugs akan melewati pegunungan Colorado dan di bagian ketiga, kereta akan menuruni gunung melewati kota Wild West di Silverton.

4/8 Ferrocarril Central Andino, Peru

PERU.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@causeimluap

Sering dianggap sebagai salah satu jalur kereta api paling indah di dunia, Androcrocilil Central Andino menghubungkan pelabuhan Pasifik Callao dan ibu kota Lima dengan Huancayo dan Cerro de Pasco. Perjalanan virtual empat bagian ini dimulai dari Chosica dan berakhir di dekat stasiun kereta api Galera di Andes.

Saat memulai perjalanan, kamu akan melintasi jembatan Puente Carrión yang besar dan megah; lalu kereta akan menanjak dari Matucana ke San Mateo, salah satu bagian paling indah dari rute ini. Pada bagian ketiga, kereta ini akan membawamu melewati jembatan Puente Infiernillo, melalui tebing-tebing berbatu di sebelah kanan dan kiri. Lalu untuk mengakhiri perjalanan, kamu akan melewati salah satu terowongan kereta api tertinggi di dunia. Pengalaman yang menarik bukan?

5/8 7 Express Line, New York, AS

New York.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@robert_f

Jika kamu merindukan suasana perkotaan, perjalanan kereta 7 Express Line (Flushing Express) ini akan membawamu bergerak dari Queens ke Manhattan di New York, AS. Nikmati perjalanan di tengah gedung pencakar langit serta perjalanan bawah tanah.

6/8 North Wales Coast Line, Inggris ke Wales

WALES.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@jayworks

Nikmati perjalanan di sepanjang pantai Wales yang indah dengan British Rail Class 175, jenis kereta penumpang diesel yang digunakan di Inggris. Perjalanan virtual ini dimulai di kota Chester dan melintasi perbatasan ke Wales dengan pemandangan pedesaan, hamparan hijau, serta pantai yang indah.

7/8 Geibi Line to Fukune Line, Jepang

JAPAN.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@mysam123

Kamu dapat merasakan pedesaan Jepang yang tenteram melalui perjalana virtual dari Stasiun Fuchū di Jalur Geibi ke Jalur Fukuen. Rute perjalanan ini akan membawamu melewati daerah pegunungan di wilayah Chūgoku. Kamu juga akan berjalan melewati jembatan dan terowongan panjang yang membelah gunung.

8/8 Belgrade-Bar Railway, Montenegro

montenegro.jpgPhoto courtesy: unsplash.com/@balazsbusznyak

Kamu akan memulai perjalanan di kota Bar, dekat Laut Adriatik, sebelum melewati terowongan sepanjang 20.246 kaki dan melewati jembatan kereta api tertinggi di Eropa. Setelah menjelajahi berbagai pegunungan dengan pemandangan yang menawan, kamu akan mengakhiri perjalanan virtual ini di kota Bijelo Polje di bagian Timur Laut Montenegro.