balon udara.pngFoto dok: spaceperspective.com

Pada beberapa tahun belakangan ini, berbagai perusahaan pesawat luar angkasa terkemuka dunia mulai menggagas perjalanan wisata antariksa. Pada bulan lalu, perusahaan milik bilioner, Richard Branson, Virgin Galactic, baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan NASA untuk menciptakan tur ke International Space Station (ISS.

Kali ini, sebuah perusahaan asal Florida, Space Perspective, juga tengah mengembangkan tur wisata ke bagian luar bumi dengan pesawat ruang angkasanya yang di sebut “Neptune.”

dek 1.pngFoto dok: spaceperspective.com

Uji terbang tanpa awak yang dijadwalkan pada awal 2021 ini akan menawarkan balon udara berukuran stadion sepak bola dan dapat menampung lebih dari delapan penumpang termasuk seorang pilot. Untuk desainnya, pesawat luar angkasa ini juga bekerja sama dengan studio desain asal inggris, PriestmanGoode, yang sebelumnya pernah mendesain Hyperloop milik Elon Mask.

Sama seperti pesawat milik Richard Brandson, Jane Poynter selaku dari co-CEO Space Perspective mengatakan, bahwa nantinya Neptune akan memberikan akses untuk tujuan rekreasional atau pun penelitian.

dek2.jpgFoto dok: spaceperspective.com

Pesawat ruang angkasa ini sendiri juga diklaim akan memakan waktu enam hingga delapan jam perjalanan pulang-pergi. Pada awal perjalanan, Neptune akan melakukan pendakian selama dua jam untuk mencapai 99% dari atmosfer bumi atau ketinggian 100.000 kaki di atas permukaan bumi. Di tahap kedua, penumpang juga dapat menikmati pemandangan 360 derajat dari kabin sebelum pesawat luar angkasa tersebut akan turun ke permukaan laut dengan selamat setelah melepaskan balon udara ke luar angkasa.

Namun, untuk merasakan perjalanan luar angkasa ini, tentu hadir dengan harga yang tidak murah. Pada salah satu wawancaranya dengan Live Science, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa tiket wisata ke ruang angkasa ini berkisar 125.000 dolar AS atau setara dengan Rp1,7 miliar.

balon1.pngFoto dok: spaceperspective.com

Peluncuran pesawat ruang angkasa ini nantinya juga akan dijadwalkan untuk terbang dari Kennedy Space Center, Cecil Spaceport di Florida dan Kodiak di Alaska. Untuk memesan kursi, pengunjung juga dapat mengunjungi website resmi Space Perspective di sini.