Bagi kamu yang sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk mengatur jadwal liburanmu, open trip bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menghemat biaya, mengikuti open trip juga akan memudahkan perjalananmu.

Biasanya servis open trip ini banyak disediakan oleh agen travel sehingga kamu tidak perlu lagi mengatur jadwal perjalanan hingga akomodasi yang diperlukan. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus mengikuti open trip yang memiliki batasan orang dan menyediakan protokol kesehatan yang mumpuni untuk mencegah penularan yang beresiko. Berikut keuntungan dan manfaat mengikuti open trip yang wajib kamu ketahui.

1/5 Menghemat biaya

biaya.jpgFoto dok: unsplah.com/@socialcut

Biaya paket open trip biasanya lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dilakukan saat self-travelling. Mengapa demikian? Biasanya setiap agen travel sudah menerapkan biaya paket akomodasi lengkap selama perjalanan jadi kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan biaya tiket masuk, maupun biaya fasilitas lainnya.

2/5 Melatih kedisiplinan

waktu.jpgFoto dok: unsplah.com/ @collin_j_hardy

Mengikuti open trip biasanya sangat melatih kedisiplinanmu, karena sudah ada jadwal yang mengatur aktivitasmu selama berlibur. Biasanya, ada beberapa tempat wisata yang akan dikunjungi dalam waktu yang singkat, jadi jadwal yang diberikan cukup padat. Jika kamu telat dan tidak disiplin, maka bisa saja kamu tertinggal oleh peserta lain yang mengikuti trip ini.

3/5 Mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda

travel.jpgFoto dok: unsplash.com/ @nitishm

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari open trip ini adalah pengalaman baru. Selain melihat pemandangan, kamu juga dapat mengetahui banyak informasi mengenai tempat yang kamu kunjungi. Dengan adanya pemandu wisata, kamu bisa dengan mudah bertanya mengenai sejarah dan asal-usul tempat tersebut. Tentunya ini akan menambah pengalaman baru maupun ilmu pengetahuan kamu mengenai tempat yang kamu kunjungi.

4/5 Menambah teman baru

friends.jpgFoto dok: unsplash.com/ @timberfoster

Biasanya para peserta open trip bukan hanya berasal dari satu wilayah saja. Tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan teman-teman baru ketika mengikuti open trip. Pertemanan yang kamu jalin bisa jadi akan berlanjut di perjalanan selanjutnya.

5/5 Tidak perlu repot mengatur itinerary

Scjedule.jpgFoto dok: unsplah.com/ @glenncarstenspeters

Keuntungan selanjutnya yaitu kamu tidak perlu repot mengatur jadwal. Biasanya para agen travel telah memiliki agenda selama perjalanan. Sebagai peserta kamu hanya mengikuti agenda dan peraturan yang telah dibuat oleh agen travel tersebut. Ini sangat menguntungkan bagi kamu yang hanya memiliki waktu cuti yang sedikit, karena kamu dapat mengunjungi beberapa tempat dalam waktu yang singkat.