Sukabumi merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata yang cukup beragam. Mulai dari wisata alam, tempat bersejarah hingga objek wisata, dapat kamu temui di Sukabumi. Jika kamu ingin menikmati suasana baru yang lebih dekat dengan alam, Sukabumi bisa menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi kami mengenai beberapa tempat wisata dan aktivitas yang dapat kamu lakukan di Sukabumi. 

Menjelajahi air terjun di Ciletuh Geopark dan Surade

6d1-curugcibeureum-via-handrisanjaya-740x490.jpgPhoto dok: TripCanvas & Handrisanjaya

Jika keliling pulau-pulau kecil terlalu biasa untukmu, dengan menjelajahi air terjun mungkin dapat menyegarkan pikiranmu kembali. Terletak di area perbukitan, Sukabumi menjadi salah satu rumah yang indah bagi belasan air terjun. Kamu bisa berkunjung ke Curug Cibereum yang berada di kaki Gunung Gede. Terletak satu jam dari Pondok Halimun, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Air Terjun Curug Cikaso 
Curug-Cikaso.png

Bagi kamu pecinta tantangan, kamu juga bisa mengunjungi Curug Cikaso yang berlokasi di Surade. Dengan menyewa perahu, kamu bisa dapat mencapainya dalam 10 menit. Tidak hanya itu, kamu pun juga bisa melihat Curug Awang yang dikatakan mirip dengan air terjun Niagara di Kanada. 

Menjelajahi ‘Piramida Hilang’ di Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

Terletak 2 jam dari Sukabumi, Gunung Padang adalah salah satu situs megalitikum tertua dan terbesar di Asia Tenggara. Sejumlah penikmat pseudosains meyakini bahwa tempat ini dulunya adalah piramida yang berdiri di atas bukit, kemudian terkubur dibawah tanah dan sudah berusia 9.000 – 20.000 tahun lalu. Perlu mendaki selama 20 menit untuk sampai pada puncak. Kemudian, pengunjung akan disambut oleh sebuah pohon besar di tengah alun-alun pertama. Semakin kamu mendaki, semakin kecil jalannya sampai kamu mencapai puncak, hal ini sebagai simbol untuk menaiki kekuasaan dalam masyarakat dimasa lalu. Saat kamu berdiri di tempat pemujaan kuno yang dikelilingi oleh gunung berapi dan pepohonan, kedamaian bisa langsung kamu rasakan.

Glamping di Bravo Adventure

11589665_0_wh_hr_67703654-1500x1000-FIT-AND-TRIM-3b8a48b5f40ca6035358f9ea26c2db67.jpgPhoto dok: Bravo Adventure

Selain berkunjung ke situs bersejarah dan menikmati air terjun, berkemah mewah atau glamping adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Sukabumi. Dengan menggunakan Bravo Adventure, kamu bisa menikmati alam yang indah dan kemewahan disaat yang bersamaan. Glamping sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari pengalaman berpetualang namun disaat bersamaan kamu ingin tidur dengan nyaman dan menikmati rerumputan yang hijau tanpa harus berjalan ke tengah hutan.

Duduk di Danau Kecil di Tengah Hutan, Situ Gunung, Sukabumi

Terletak di kaki Gunung Gede ada mutiara tersembunyi yang sering dilupakan oleh banyak penghuni kota. Hanya berjarak empat jam dari Jakarta ataupun Bandung, Situ Gunung terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango yang luas. Besarnya kawasan ini, ditambah dengan sedikitnya ketertarikan penduduk lokal, membuat tempat ini sepi dikunjungi. Namun, jika kamu ingin menikmati liburan yang tenang dengan pemandangan alam yang indah, tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Kamu juga bisa menyewa salah satu vila yang tersedia di kawasan ini jika kamu berlibur bersama keluarga. Untuk pengalaman yang lebih dekat dengan alam, kamu bisa mendirikan tenda di kawasan berkemah terbuka yang sudah disediakan. Hanya demi alasan keamanan, pastikan kamu sudah melapor kepada penjaga terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Restoran Rooftop Terbaik Di Jakarta Dengan Pemandangan Malam Yang Indah