35c12f84-8ad8-4f27-8c99-fbf3d2953568.jpgFoto dok: unsplash.com/Joshua Earle 

Ketika berlibur, kita pastinya menginginkan destinasi yang menawarkan pemandangan alam berbeda. Selain perkotaan, hutan, laut dan pegunungan, lima tempat di dunia ini akan memberikanmu pengalaman berlibur bertabur bintang yang memukau.

1/5 Badlands National Park, South Dakota

Badland.jpgFoto dok: yellowstonepark.com

Cedar Pass Campground adalah tempat yang wajib kamu kunjungi di musim panas. Pemandangan langit malam yang ditawarkan di tempat ini pastinya akan membuatmu terpukau. Setelah mengikuti evening ranger program, kamu dapat tinggal di kemah untuk menikmati bintang-bintang malam yang bertaburan. Kamu pun tak perlu khawatir, karena teleskop akan disediakan. Area ini juga dilengkapi dengan perkemahan 96 tingkat, yang masing-masing menawarkan pemandangan malam yang menakjubkan. Pada malam tertentu, kamu akan dikejutkan oleh lebih dari 7.500 bintang dan kamu juga dapat menikmati keindahan rasi bintang-bintang dan galaksi bimasakti, gugus bintang, nebula, planet dan bulan.

2/5 Joshua Tree National Park, California

joshua.jpegFoto dok: latimes.com

Bagi kamu para pecinta glamping, Joshua Tree adalah spot terbaik yang dapat kamu kunjungi untuk melihat pemandangan langit malam yang memukau. Saat berkunjung, pastikan kamu memilih area Jumbo Rocks Campground, karena di sini kamu dapat mendirikan tenda di antara formasi batuan granit raksasa dan mendapatkan pemandangan indah sejauh matamu memandang. Selain itu, campground ini juga terletak di ketinggian sekitar 1.000 kaki, di mana kamu dapat menikmati berbagai pemandangan langit malam California Selatan secara jernih. Pada bulan Oktober, Joshua Tree National Park juga sering mengadakan Festival Langit Malam, di mana kamu dapat melihat bintang dan berkemah sepanjang tahun.

3/5 Galloway Forest Park, Scotland

Galloway.jpgFoto dok: forestryandland.gov.scot

Lokasinya di tempat terpencil, membuat Galloway Forest Park sering disebut sebagai salah satu dari empat taman langit gelap (Dark Sky Parks) di dunia Barat. Taman hutan terbesar di Skotlandia ini memiliki luas lebih dari 185.000 hektar dengan pemandangan langit malam yang indah dan menawan. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan lebih dari 7.000 bintang. Dengan mata telanjang, kamu bahkan bisa menyaksikan Galaksi Andromeda dan Aurora Borealis yang tidak akan terlihat lagi selama 12 tahun ke depan. Bagi kamu para pecinta alam, kamu juga dapat mendirikan kemah di mana saja selama masih dalam area taman hutan tersebut.

4/5 Namib Desert, Namibia

Namib.jpgFoto dok: kated.com

Terletak di Namibia, Gurun Namib adalah tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan astronomi 360 derajat. Gurun yang terbebas dari polusi ini menawarkan berbagai spot menarik yang bisa kamu nikmati. Saat berkunjung, kamu pun dapat melihat sebuah observatorium di mana seorang penduduk membantu pengunjung menavigasi teleskop 12 inci.

5/5 Atacama Desert, Chile

atacama.jpgFoto dok: smithsonianmag.com 

Berkemah di Gurun Atacama bisa menjadi pengalaman yang berbahaya karena di tempat ini tidak ada tanda-tanda bahwa kamu akan keluar ke jalan raya. Namun, jangan biarkan hal tersebut menghentikanmu untuk menyaksikan salah satu pemandangan langit paling indah dan menakjubkan di dunia. Saat berkunjung, pastikan bahwa kamu mengikuti program ekspedisi berkemah atau mengamati bintang. Dengan program ini, kamu akan dapat mendirikan tenda di bawah kanopi langit berbintang dan juga dapat mengunjungi Paranal Observatory yang terkenal. Gurun Atacama adalah tempat yang sangat, sangat kering, membuatnya ideal untuk mengamati bintang. Hanya ada sedikit awan dan tidak ada polusi. Pastikan kamu membawa persediaan makanan dan air yang cukup.