Rumah mode dunia sudah mulai berinvestasi di metasemesta alias metaverse. Tahun lalu, Nike dan Ralph Lauren menawarkan aksesori avatar melalui Roblox, perusahaan pembuat sistem game yang berbasis di California.

Kini, berbagai perusahaan horologi mulai masuk ke dunia tersebut. Bagi penggemar jam tangan konvensional, mungkin aneh bila jam tangan hadir dalam bentuk digital seperti NFT. Apa gunanya bila tidak bisa dipakai dan dipamerkan ketika sedang meeting dengan klien? 

Pada dasarnya, jam tangan versi tersebut berfungsi sebagai pengganti hak milik kolektor NFT sebagai collectible items yang super langka. Selain itu, tentu saja jam tangan ini bisa digunakan di metaverse. Jadi memang fungsinya berbeda dengan jam tangan konvensional yang “nyata”. Tak ingin ketinggalan kereta untuk tren terbaru ini? Cek perusahaan horologi mana saja yang mulai berekspansi ke ranah NFT.

3 IWC Metaverse.jpgFoto:Dok.iwc.com

1/3 Louis Moinet 

LM NFT.jpgFoto:Dok.louismoinet.com

Brand asal Swiss ini berkolaborasi dengan dengan kreator digital Tafi untuk membuat NFT jam tangan yang hanya tersedia 1.000 buah. NFT tersebut terinspirasi dari jam tangan model Space Revolution yang bisa digunakan di gaming platforms. Produk tersebut tersedia di Exclusible, sebuah marketplace untuk NFT premium.


2/3 Jacob & Co 

2 Jacob and Co NFT.jpgFoto:Dok.jacobandco.com

Perusahaan yang berbasis di New York ini telah menjual animasi 3D dari seri terbatas Epic SF24 Tourbillon. Jam tangan versi digital tersebut terjual dengan harga 100.000 dolar Amerika. 


3/3 IWC Schauffhausen

3 IWC Metaverse.jpg

 

Foto:Dok.iwc.com

Perusahaan yang berbasis di kota Schauffhausen, Swiss, ini berhasil membuat digital space bertajuk IWC Diamond Hand Club. Berkolaborasi dengan arsitek Hani Rashid, di dalam dunia digital tersebut terdapat IWC Mojave Desert, IWC Woodland, dan IWC Lake Tahoe. Hanya member yang memiliki satu dari 1.868 token keluaran IWC yang bisa mengakses tempat eksklusif tersebut.