Berminat untuk mengkoleksi jam tangan mewah? Meskipun untuk koleksi pribadi atau sebagai investasi, tentunya banyak yang kamu perlu persiapkan sebelum terjun ke komunitas ini. Sebagai langkah awal, hindari kesalahan-kesalahan fatal yang dapat mengganggu koleksi awalmu. Bagaimana caranya? Baca lebih lanjut dibawah!

Pakai atau pajang?

adult-analogue-break-404972.jpg

Foto: Dok. Pexels.com

Salah satu kesalahan yang dimiliki oleh new collector ialah mengira bahwa beberapa jam hanya pantas untuk dipajang, apalagi jika niat membeli jam tersebut adalah untuk hal investasi. Dengan asumsi ini, banyak orang lupa bahwa bahkan jam mewah pun harus dipakai dan dinikmati di pergelangan tangan. Salah satu kolektor jam ternama, Robert Bryan, yang mana mengkoleksi ratusan jam antik dari tahun 30an dan 40an mengaku bahwa ia pun sering menggunakan jam yang ia koleksi.

Mempercayai gerakan menentukan kualitas

clock-hours-minutes-9352.jpg

Foto: Dok. Pexels.com

Gerakan atau motion dari sebuah jam memang adalah sebuah aset penting dari jam tersebut, namun sering dilupakan bahwa motion ini bukanlah segala yang harus dinilai dari sebuah jam. Kualitas sebuah jam ditentukan lebih dari gerakan saja, pakar jam tangan mewah juga akan melihat kualitas dari konstuksi case, desain dial, dan juga finishing exterior.

Berburu-buru dalam mengkoleksi

adult-box-case-380782.jpg

Foto: Dok. Pexels.com

Kesalahan yang termasuk fatal yang dapat dilakukan oleh pengkoleksi jam tangan baru adalah mempercayai bahwa diperlukan koleksi yang besar untuk mendapatkan kredibilitas kolektor yang bergengsi. Dengan asumsi ini, para kolektor baru biasanya akan terburu-buru dan melupakan bahwa koleksi ini tidak akan terjadi dalam semalam. Diperlukan research dan pengalaman berharga yang hanya dapat didapatkan melalui pengalaman.

Harga tinggi di perlelangan diatur oleh brand

analog-watch-blur-classic-236915.jpg

Foto: Dok. Pexels.com

Brand jam tangan mewah memang terkadang dapat ditemukan mendukung item mereka sendiri pada perlelangan dan bahkan pada beberapa kejadian membeli dari koleksi mereka sendiri untuk membangun museum yang didedikasikan untuk brand mereka. Namun kenyataannya, para brand ini tidak banyak melelangkan produk mereka pertahun. Tawaran yang dilakukan harus dilakukan secara sangat strategis sehingga membawa mereka pada banyak konsiderasi.

Model baru dan vintage

belt-book-close-up-1438865.jpg

Foto: Dok. Pexels.com

Kolektor yang tergolong baru biasanya akan sangat sensitif dengan koleksi mereka, terkadang sangat terfokus pada kebimbangan membeli model baru atau model vintage. Asumsi ini kemudian membuat new collector lupa bahwa hal terpenting adalah kecintaannya pada jam tersebut. Membeli jam tangan vintage juga membutuhkan research yang amat teliti. Temukan brand mana yang paling kamu minati dan cari tahu kisaran harganya melalui market daring seperti eBay sebelum membelinya. 

Baca juga: How Vacheron Constantin Solved The Perpetual Calendar’s Most Practical Problem?

Tags: Branded, Kesalahan, Arloji, Kolektor, Jam Tangan Mewah, Baru