Presisi, konsistensi, serta desainnya yang sederhana dan tak lekang oleh waktu telah mengukuhkan nama Rolex sebagai jam tangan paling terpercaya selama seabad lebih. Tokoh-tokoh legendaris dan berpengaruh memilih arloji ikonis ini sebagai aksesori tangan mereka. Siapa saja orang-orang ini dan tipe apa yang menjadi pilihan mereka? 

Fidel Castro

Fidel.jpgFidel menggunakan Rolex GMT-Master 1675 Black

Pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro, hampir tidak pernah dilihat tanpa arloji Rolex di tangannya. Ketika itu, Rolex belum menjadi simbol status. Orang menggunakannya karena ia dianggap sebagai jam tangan yang paling akurat pada zamannya. Rolex menjadi pendamping para prajurit, pelaut, dan pilot yang membutuhkan ketepatan sempurna di setiap saat.

Fideld.jpg

Ia juga beberapa kali tampak menggunakan Rolex GMT-Master 6542 

Bahkan terkadang Fidel menggunakan dua jam tangan pada saat yang bersamaan—satu Day-Date dan yang satunya lagi Submariner. Dengan begitu, ia dapat selalu tahu zona waktu di dua tempat berbeda: Havana dan Moskwa.

Fidelsc.jpg

 Ernesto “Che” Guevara

Guevara.pngChe mengenakan Submariner di pergelangan tangannya 

Sahabat Fidel dan tokoh kunci Revolusi Kuba, Che Guevara, juga hampir selalu mengenakan Rolex di tangannya. Ketika gerilyawan dan intelektual kelahiran Argentina ini dibunuh oleh tentara Bolivia, agen CIA Félix Rodríguez mengambil GMT-Master 1675 dengan bezel berwarna “Pepsi” dari pergelangan tangan Che dan menyimpannya sebagai suvenir hingga hari ini.

Marlon Brando

Marlon Brando.jpg GMT-Master yang dikenakan Brando ini memiliki ukiran namanya di bagian caseback

Pemeran Vito Corleone dalam The Godfather ini menggunakan Rolex sepanjang hidupnya. Brando menggunakan GMT-Master dengan strap kulit hitam keluaran tahun 1972 saat memerankan Colonel Walter E. Kurtz di Apocalypse Now. Setelah 40 tahun film tersebut keluar, arloji klasik ini akan dilelang di balai lelang Phillips akhir tahun ini.

Brando.jpg

Martin Luther King Jr.

 Martin.jpg

Pendeta, aktivis, sekaligus pemimpin gerakan perjungan hak-hak sipil untuk warga negara kulit hitam di AS ini paling dikenal karena pidatonya yang bertajuk “I Have a Dream” pada tahun 1963 di Washington, D.C. King adalah pengguna Rolex setia dan arloji andalannya adalah Datejust 1601 emas kuning 14 karat.

Roger Federer

FEDER.jpgFederer tampak menggunakan Datejust II 41mm edisi Wimbledon saat meraih gelar Wimbledon kedelapannya di tahun 2017

Siapa yang tak kenal dengan petenis asal Swiss ini? Sebagai pemegang rekor gelar Grand Slam terbanyak, gelar Wimbledon terbanyak, dan pemain terlama yang menduduki peringkat pertama ATP (Asosiasi Pemain Tenis Profesional), Federer telah menjadi wajah Rolex sejak 2006. Selain rekor-rekor yang ia pegang, permainan serbabisanya, gerakannya yang elegan, tembakan-tembakannya yang dahsyat, serta kekuatan mentalnya yang luar biasa membuat Federer dianggap oleh banyak orang sebagai petenis terbaik sepanjang masa.

FEDERER2.pngFederer memakai Sky-Dweller 326934 yang dirilis tahun 2017 ini saat mengangkat gelar keenamnya di Australian Open 2018

 

FED.jpgFederer mengenakan GMT-Master II 116710 yang dijuluki “Batman” saat memenangi Australian Open 2017

Baca juga: Hublot’s Big Bang Sang Bleu II Celebrates The Art of Tattooing