1/5 H. Moser & Cie Endeavour Centre Seconds Concept Lime Green

Endeavour Centre Seconds Concept Lime Green.jpgFoto: H. Moser & Cie

Ketika berbicara mengenai tren di industri horologi, koleksi jam tangan mewah berhiaskan dial berwarna cantik menjadi memiliki pesona yang tidak pernah pudar untuk para kolektor jam tangan mewah. Memasuki kuartal pertama tahun 2022, fine watchmaking manufacturer H. Moser & Cie merilis lini jam tangan baru untuk koleksi Endeavour Collection:  H. Moser & Cie Endeavour Centre Seconds Concept Lime Green. 

Menjadi sebuah koleksi ikonik yang terkenal dengan ciri khas dialnya yang berwarna indah, jam tangan mewah tersebut mencuri hati para kolektor jam tangan dunia dengan warna hijaunya yang memikat. Pada bagian casingnya, jam ini hadir dengan sebuah casing baja berdiameter 40 mm dengan gerakan otomatis dan double hairspring. Tersemat juga bebatuan kristal safir yang mewah serta case bagian belakang yang transparan yang menambah elemen kemewahan. 

Terlebih lagi, rumah jam tangan ini membuat dial yang indah dengan menggunakan seni tradisional enameling yang dikombinasikan dengan teknik baru. Dimulai dengan pola yang tertanam di dasar emas yang terlihat seolah-olah seperti di palu, tiga pigmen warna yang berbeda dicuci, dihancurkan hingga halus, lalu diaplikasikan untuk menciptakan efek ombré. Pigmen tersebut ditambahkan satu per satu sehingga warna teroksidasi dan menyatu saat dipanaskan di tungku, dilanjutkan dengan menyalakan enamel “Grand Feu” sebanyak 12 kali untuk menciptakan efek fumé khas rumah jam tersebut. Hal ini menghasilkan sebuah warna hijau yang intens dengan tekstur yang indah. 

2/5 Dior Joaillerie Grand Soir Aquarelle

1621443995_CD13317X1002_0000_E06_ZH.jpegFoto: Dok. Dior

Bagi Christian Dior, bunga merupakan ciptaan yang paling berharga setelah sosok wanita. Merayakan kecintaan sang desainer yang kuat terhadap bunga yang bermekaran, Dior Joaillerie Grand Soir Aquarelle menjadi sebuah statement yang unik untuk dikenakan di pergelangan tangan. Dalam arloji ini, kecintaan sang desainer pada bunga dan taman, khususnya, tanaman mawar dan melati di rumahnya di Prancis Selatan, Château de la Colle Noire, diterjemahkan menjadi sebuah jam tangan mewah yang merepresentasikan sisi keeleganan dari karangan bunga tradisional.

Di bawah pola bunga emas putih dan emas merah muda yang mekar dengan indah, setiap kelopaknya bertatahkan batu safir merah muda bundar dan tinted glass dalam berbagai volume yang mempercantik detail pada tampilan wajah jam. Berlian dengan potongan pear-cut dan round-cut terlihat menghiasi bagian dalam dan sekitaran case, menghadirkan sebuah keanggunan tersendiri untuk pemakainya. Strap putihnya hadir untuk melengkapi keindahan artistik dari jam tangan tersebut, dengan aksen gradasi pink kemerahan yang cantik. 

3/5 Chopard Happy Sport

image007.jpgFoto: Dok. Chopard

Sesuai dengan namanya, Chopard mewujudkan kemegahan waktu menjadi sebuah pertunjukan teatrikal yang indah. Pertama kali dipertunjukan dalam Watches and Wonders 2022 yang diadakan di Geneva, Switzerland, rumah dari berbagai perhiasan indah dan jam tangan mewah tersebut menampilkan lini ikoniknya, Happy Sport, dalam balutan emas yang berkilauan.  

Berbicara mengenai emas, Chopard telah menjadi pelopor dalam kemewahan berkelanjutan dengan berkomitmen untuk menggunakan 100% ethical gold dalam produksi jam tangan dan perhiasannya sejak tahun 2018. Dibuat dengan rasio emas yang disesuaikan ke dalam 18-carat rose gold case berukuran 33 millimeter, balutan emas mawar yang dipamerkan dalam jam tangan mewah tersebut mampu memancarkan kilauan yang memikat hati siapapun yang melihatnya. 

Jam tangan ini menghadirkan nuansa chic dan sporty dengan lima berlian tertanam di sekitar pelat jam yang berlapis satin dan emas di belakangnya. Lima berlian ini mempresentasikan janji kebahagiaan tanpa batas, sebuah ekspresi bahagia, serta menjadi tanda dari sebuah keseimbangan. Terlebih lagi, jam ini hadir dengan in-house movement Chopard 09.01-C, yang membuat jam tangan ini mampu menyala hingga 42 jam lamanya. 

4/ 5 Breitling The 2022 Navitimer

Screen Shot 2022-03-30 at 12.04.43 PM.pngFoto: Dok. Breitling

Menjadi salah satu lini koleksi legendaris yang ikonik, Breitling menghadirkan koleksi Navitimer yang telah dirancang ulang untuk menampilkan warna yang lebih berani dalam gaya yang telah disempurnakan. Tahun ini, manufaktur jam tangan mewah tersebut mempersembahkan sebuah penghormatan terhadap lini legendaris yang telah menemani para pilot, penerbang, hingga astronot dalam petualangan mereka dengan menghadirkan fitur klasik yang telah disempurnakan dengan penyempurnaan yang modern.

Walaupun menghadirkan sebuah evolusi besar dalam lininya yang khas, jam tangan ini tetap mempertahankan sisi ikoniknya seperti circular slide rule, baton indexes, tiga chronograph counters, dan bezel berlekuk yang dapat dikenakan di pergelangan dengan mudah. 

Tersedia dalam tiga ukuran; 46, 43, dan 41 mm, Navitimer terbaru ini menghadirkan case dalam dua pilihan: stainless steel dan emas merah 18 karat. Tidak hanya menampilkan nuansa dial modern yang muncul dalam balutan warna monochromatic yang klasik, biru, hijau, dan tembaga, jam ini juga mempersembahkan fitur yang membangkitkan nostalgia: kehadiran kembali sayap AOPA pada posisi di angka 12.

Untuk melengkapi tampilan mewahnya, sebuah strap yang terbuat dari kulit buaya atau seven-row metal bracelet akan menambah kesan mewah yang kuat di pergelangan tangan. 

5/5 Audemars Piguet’s Royal Oak Collection

image001 (3).jpgFoto: Dok. Audemars Piguet

Bagi para penggemar jam tangan Audemars Piguet, koleksi Royal Oak menjadi lini jam tangan mewah yang tidak boleh dilewatkan. Baru-baru ini, manufaktur jam tangan mewah tersebut merilis sebelas model baru dalam koleksi khasnya. Sebelas jam ini hadir dalam balutan tiga case pilihan: titanium, pink gold, dan stainless steel.

Berbicara mengenai model barunya, lima jam hadir dalam casing 43mm yang menyematkan flyback chronograph movement terbaru dari manufaktur jam tersebut, Calibre 4401. Movement ini memungkinkan pemakainya mengatur ulang fungsi stopwatch dengan lebih mudah. 

Tiga jam lainnya berukuran 42mm telah dirancang ulang untuk pertama kalinya, menggunakan dial Petite Tapisserie lengkap dengan subdial, sementara dua jam berukuran 42mm hadir dengan tambahan automatic flyback chronographs yang dipresentasikan dalam case baja tahan karat atau titanium dengan dial berwarna biru muda atau khaki. Terakhir, satu model jam hadir dalam balutan emas putih 18 karat yang memamerkan black ceramic pada bagian bezel dan crown.