Selain tampil memukau pada racing track, para pembalap bergengsi Formula 1 juga kerap tampil menawan saat off-track. Tidak hanya gaya berpakaiannya, berbagai aksesori yang mereka kenakan juga selalu mencuri perhatian. Salah satunya adalah jam tangan. Berikut ini kami tampilkan lima jam tangan favorit para pembalap F1. 

1/5 Valtteri Bottas

 

Valtteri Bottas kerap terlihat mengenakan jam tangan kasual yang sesuai dengan gaya berpakaiannya. Pada salah satu wawancaranya dengan Monochrome watches, pembalap F1 asal Finlandia tersebut terlihat mengenakan jam IWC Pilot’s Watch Chronograph Top Gun yang dilengkapi dengan strap hitam dan aksen berwarna biru sesuai warna kesukaannya. Dilengkapi Stopwatch-Chronograph yang vital bagi seorang pembalap, fitur ini memungkinkan indikasi hari kerja serta zona waktu ketika dirinya sedang berpergian.  Fitur lainnya termasuk casing terbuat dari material soft-iron untuk perlindungan terhadap medan magnet dan juga bagian glass yang diamankan sehingga tahan akan penurunan tekanan udara. Kaca safir tersebut dibuat cembung membuatnya menjadi anti reflektif di kedua sisi, memudahkan pemakai melihat waktu ketika sedang beraktifitas. 

2/5 Max Verstappen

Max Vertaspen.jpgFoto dok: Reuters

Sering naik podium, pembalap tim Redbull, Max Verstappen juga tidak kalah dalam soal gaya berpakaian. Pada Monaco Grand Prix 2021, dirinya terlihat mengenakan jam tangan TAG Heuer Monaco Grey Titanium dengan case berdiameter 39 mm. Dilengkapi dengan silver sunburst dial, jam tangan bergaya modern dan sporty ini juga hadir dengan casing belakang safir tembus pandang dan fitur tahan air hingga kedalaman 100 meter. Indikator waktu juga dihadirkan dengan pendekatan unik di mana dial utama diberi warna perak cerah dan dua subdial di angka 3 dan angka 9 mendapat aksen matte black. Sedangkan jarum penunjuk detik dan indikator angka 12 mendapatkan sentuhan merah. Desain tersebut juga turut dipercantik dengan strap kulit antrasit baru dengan tekstur yang terinspirasi oleh lekukan ban mobil balap.

3/5 Carlos Sainz

Crlos Saiz.jpgFoto dok: Scuderia Ferrari Press Office

Pembalap berusia 26 tahun asal Spanyol, Carlos Sainz Jr.  terlihat menggunakan jam tangan Richard Mille RM11-01 Flyback Chronograph Roberto Mancini. Hadir dengan casing 50mm, arloji ini memiliki detail unik pada base plate dan bridges yang dirangkai dari titanium kelas 5. paduan resistant yang kuat ini semakin meningkatkan sifat mekanik material, yang akan menguntungkan pemakai karena sifat ketahanannya yang sudah teruji. Baseplate RMAC1 kaliber telah dioptimalkan untuk rasio berat/resistensi yang sangat rendah. Jam tersebut juga dilapisi oleh 18k White Gold dan memiliki ketahanan baterai hingga 55 jam dan 45 jam dengan chronograph berjalan. 

4/5 George Russel

George Rusell.jpegFoto dok: bosshunting.com.au

Dalam berbagai kesempatan, George Russel kerap mengenakan jam tangan dari brand asal Inggris, Bremont. Memiliki desain yang kokoh dengan sentuhan sporty pada tampilannya, Bremont ALT1-WT berwarna biru ini dilengkapi dengan detail tali Chalgrove serta globe dengan semua 24 zona waktu yang terukir pada dialnya. Dibalut dengan casing Trip-Tick dan bezel Roto-klik berbahan stainless steel yang dikeraskan, arloji ini juga tahan air hingga 100-meter sehingga sangat cocok digunakan untuk para atlet yang aktif berlaga dalam pertandingan. Kronometer otomatis kaliber 13 ''' BE-54AE yang dimodifikasi dengan cadangan daya selama 42 jam juga turut melengkapi fitur dari jam tangan menawan ini. 

5/5 Lance Stroll

Lance stroll.jpgFoto dok: The Paddock Magazine

Pada tahun ini tim Aston Martin baru saja melakukan rebranding dan bekerja sama dengan merk jam tangan mewah asal Swiss, Girard-Perregaux. Salah satu pembalapnya, Lance Stroll akan kerap terlihat memakai tipe  New Tourbillon with Three Flying Bridges, yang juga memanfaatkan filosofi dasar tim tersebut. Desain yang memiliki triple-bridges serta gear train dikemas dengan lebih rapi dan ditampilkan pada poros tengah “dial” untuk menekankan struktur yang simple dan slim. Jam tangan ini juga hadir dengan diameter 44mm dengan ketebalan 15,52 mm yang dikemas dalam casing high grade dan weight-reduced titanium serta mesin yang dilapisi dengan PVD hitam yang memberikan sentuhan kontras. Logo Aston Martin akan turut terlihat ketika jam tersebut dipegang pada angle yang benar. Dilengkapi oleh strap berbahan kulit sapi hitam dengan paduan rubber dengan sentuhan sporty, jam ini juga dihias dengan emas putih yang cocok dengan interior Aston Martin.