Berinvestasi dalam real-estate memang sangat menggiurkan mengingat segelintir orang yang sudah mendapatkan keuntungan besar dari investasi ini tanpa menggali sangat dalam. Namun layaknya jenis investasi lainnya, investasi properti membutuhkan dana yang sangat banyak sehingga akan lebih bijak untukmu untuk berhati-hati dalam investasi ini. Anda perlu melakukan banyak penggalian untuk menarik keuntungan besar dari investasi properti. Tertarik dengan investasi real-estate? Pelajari dan hindari 5 kesalahan ini.

Memilih properti dengan nilai terlalu besar untuk investasi pertama

apartments-architecture-balconies-1000985.jpg

Foto: Dok. Pexels

Berinvestasi di dunia real-estate memang sangat menantang dan menarik, namun anda juga tetap harus bermain di zona aman saat kamu mulai membiasakan diri dalam investasimu. Untuk itu, pilihlah properti dengan kurung harga menengah kebawah. Kamu juga harus tahu bahwa sebelum kamu dapat menyewa atau menjual properti tersebut, kamu juga harus memiliki dana yang cukup untuk renovasi dan biaya tak terduga lainnya. Tidak hanya itu, hal ini bisa menjaga anda untuk tidak rugi terlalu banyak ketika ada ketidakuntungan.

Tidak menghitung keuntungan dan biaya secara bijak

alone-bills-calculator-1253591.jpg

Foto: Dok. Pexels

Walau terkesan paranoid, sangatlah penting untuk teliti dengan berapa dana yang kamu miliki dan berapa banyak pinjaman yang kamu dapat handle. Kalkulasikan juga berapa banyak biaya yang kamu butuhkan untuk membeli dan merenovasi properti yang diminati beserta biaya operasinya. Setelah itu, prediksikan juga target profit yang kamu mau dengan teliti. Investasi pertama kamu mungkin dapat menjadi yang terbaik namun juga dapat menjadi yang terburuk, jadi persiapkan diri dengan semua kalkulasi ini.

Tidak mempertimbangkan pilihan investasi sebagai pinjaman

couple-home-house-1288482.jpg

Foto: Dok. Pexels

Setelah kamu telah percaya diri dengan properti yang dimiliki, kamu akan terekspos dengan banyak pilihan tentang bagaimana kamu bisa mengambil profit darinya. Memilih metode yang tepat dan cocok untuk situasi ini membutuhkan research tersendiri yang ekstensif. Salah satu metode terbaik yang kami anjurkan adalah dengan menggunakan investasi anda sebagai bentuk pinjaman. Kamu juga perlu mempertimbangkan pilihan pinjaman mana yang dapat memberi kebebasan dan kenyamanan finansial.

Tidak selalu mengamankan uang muka

account-achievement-bank-870902.jpg

Foto: Dok. Pexels

Saat berinvestasi dalam properti, tentunya ada persyaratan yang lebih ketat dan biaya yang lebih besar dibutuhkan untuk uang muka. Ketika dana uang muka yang dibutuhkan untuk sebuah rumah mencapai 3%, investasi properti biasanya memerlukan uang muka mencapai 20%. Hal ini tentu saja memiliki banyak faktor teknis seperti asuransi dan biaya lainnya. Maka dari itu, kamu perlu selalu siap dengan hal ini dan juga tidak melupakan biaya lain yang diperlukan saat mengoperasikan bangunan tersebut.

Tidak berhati-hati dalam memilih cara untuk mendapatkan keuntungan

adult-banking-blur-1288483.jpg

Foto: Dok. Pexels

Ada banyak cara dan metode yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi properti. Beberapa dari hal itu adalah menghitung profit yang  didapatkan dari memperbaiki dan merenovasi properti yang dijual yang dikenal dengan istilah flipping, dan memperhitungkan pendapatan pertahun terhadap penurunan nilai properti untuk menentukan berapa jumlah pajak yang dibutuhkan dan kemudian tahu lebih baik bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan profit.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Mengkoleksi Jam Tangan Mewah