Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pernikahan. Masih sama seperti tahun sebelumnya, tren gaun pengantin tahun ini juga mengalami pergerseran pola tren yang menyesuaikan dengan prosesi acara di tengah pandemi. Mulai dari transformative wedding gown, subtle sparkle hingga statement sleeves, berikut lima tren gaun pengantin 2021.

1/5 Kebaya dengan warna netral atau pastel

white kebaya.pngFoto dok: Manara Couture 

Tren kebaya yang simple dan elegan masih akan terus menjadi tren di tahun 2021. Mengingat bahwa acara pernikahan digelar secara sederhana, banyak pengantin wanita yang memesan kebaya dengan warna netral atau pastel yang cenderung dapat dipakai ulang untuk acara-acara lain.

2/5 Transformative pieces

trsnaformative.pngFoto dok: asitbridal.com

Dilansir dari laman brides.com, gaun pernikahan transformative masih akan memiliki banyak peminat. Selain memberikan keleluasaan bergerak, gaun ini juga dapat dilepas dan dipasang sehingga dapat digunakan untuk keperluan acara formal lainnya. Untuk bagian atas, lengan dengan gaya lonceng atau princess puff bisa menjadi pilihan yang tepat. Pengantin wanita pun juga dapat mengenakan over skirts yang dapat dilepas dan diganti dengan celana atau rok dengan model lainnya.

3/5 Little White Dress

mini.jpgFoto dok: brides.com 

Mengingat bahwa tahun ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, acara pernikahan biasanya digelar secara intimate dan sederhana, begitu juga bagi pasangan pengantin dengan pakaiannya. Tahun ini, little white dress atau mini dress diprediksi akan menjadi salah satu tren wedding dress karena dapat dikenakan untuk acara dengan low-key setting.

4/5 Subtle Sparkle

sparkle.pngFoto dok: Berta/instagram

Untuk acara pernikahan malam hari, subtle sparkle dress biasanya banyak digemari di tahun ini karena dilengkapi dengan hiasan cantik seperti manik-manik kristal atau payet. Memberikan sentuhan elegan pada pemakainya, gaun pengantin ini juga cocok untuk acara pernikahan yang indah dan sederhana.

5/5 Statement Sleeves

Sleeves.pngFoto dok: Berta/instagram

Trend statement sleeves masih menjadi salah satu yang paling populer sejak Fall 2020. Selain memberikan kesan elegan, statement sleeves juga hadir dalam format copot pasang, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengenakan gaun pernikahanmu pada acara formal lainnya.