Sejatinya, menyelenggarakan pesta pernikahan memang memakan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari memilih tempat, mencetak undangan, menjahit baju resepsi, hingga memesan makanan, bisa membuat tabungan kita habis seketika. Namun, mewujudkan dream weddingmu tidak harus selalu mahal. Jika kamu berencana untuk menikah dalam waktu dekat, Berikut 5 cara kreatif yang bisa kamu lakukan untuk pesta pernikahan yang sederhana namun berkesan.

Baca juga: 4 Edgy Wedding Dress Designers For The Unconventional Bride

Gunakan undangan online

wedding-1760024_960_720.jpgPhoto: Pixabay

Lupakan undangan cetak. Kamu bisa menghemat pengeluaranmu dengan beralih ke undangan online. Dengan bantuan media sosial, kamu dan pasangan bisa dengan cepat membagikan undangan dalam sekali klik. Lalu bagaimana dengan designnya? Jangan khawatir, karena kamu bisa menyewa designer undangan dengan harga yang relatif murah.

Menggunakan entertainment online

ipad-605439_960_720.jpgPhoto: Pixabay

Selain undangan online, kamu juga bisa menggunakan layanan musik streaming sebagai pengganti live music. Dengan menggunakan aplikasi musik seperti Spotify atau Joox kamu bisa bebas memilih lagu yang ingin kamu putar di hari bahagiamu. Jangan lupa untuk membuat daftar lagu favoritmu terlebih dahulu ya.

 

Pilih venue dengan harga terjangkau

 aisle-1846114_960_720.jpg

 Photo: Pixabay

Selain undangan dan entertainment online, kamu juga bisa berhemat dengan memilih restoran sebagai lokasi weddingmu. Dengan cara ini, kamu tidak hanya mendapatkan wedding moment yang intimate tetapi juga dapat menghemat uang tabunganmu.

 Ganti makan besar dengan canape

appetizer-2802_960_720.jpgPhoto: Pixabay

Untuk menghemat biaya, kamu juga bisa mengganti hidangan utama dengan makanan ringan atau yang biasa disebut dengan canape. Canape adalah makanan yang dihidangkan dalam porsi mini sehingga tamu bisa mencoba semua makanan yang disediakan.

 

Utamakan tamu prioritas

guest-cat-2764280_960_720.jpg

Photo: Pixabay

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya pernikahan adalah mengundang tamu prioritas. Cukup undang kerabat dan teman dekat, hal ini juga dapat membuat suasana pernikahanmu menjadi lebih intimate.

Baca juga: The Ultimate Checklist For Picture-Perfect Wedding In Bali

Tags: Weddings, Pernikahan, Budget Pernikahan, Tips Upacara Pernikahan, Pernikahan Indonesia