1/4 Sumber Vitamin D

3.jpg

Foto: @maciejserafinowicz/Unsplash

Sunbathing memang sudah dikenal sebagai salah satu cara terbaik dalam mendapatkan asupan vitamin D yang penting untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, vitamin D sendiri memiliki peranan penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium yang dapat menguatkan tulang. Tidak hanya itu, vitamin D juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu tubuh melawan beberapa penyakit seperti jantung dan flu.

2/4 Mengatasi sejumlah penyakit kulit

1.jpg

Foto: @jesseschoff/Unsplash

Selain baik untuk kesehatan tulang, cahaya matahari juga terbukti dapat mengatasi sejumlah penyakit kulit. Berdasarkan riset dari World Health Ogranization (WHO), sinar matahari dapat membantu mengatasi lupus vulgaris, psoriasis, serta vitiligo. Namun, pastikan untuk tidak terpapar sinar matahari secara berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti kulit terbakar dan bahkan memicu kanker kulit di kemudian hari.

3/4 Memperbaiki mood dan mengurangi gejala depresi

photo-1482852748104-b57570c42bba.jpg

Foto: @seteales/Unsplash

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, sunbathing pun juga dipercaya dapat mencegah depresi. Dilansir dari healthline.com, paparan sinar matahari dapat memicu produksi hormon serotonin dalam tubuh yang berfungsi untuk memperbaiki mood. Sebaliknya, kurangnya paparan sinar matahari kerap diasosiasikan dengan gejala depresi yang lebih kuat.

4/4 Tidur malam yang lebih baik

4.jpg

Foto: @sekibaku/Unsplash

Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, kekurangan sinar matahari dapat menjadi penyebabnya. Mengutip dari Forbes, Dr. Mithu Storoni, seorang dokter, peneliti, dan penulis dari buku “Stress-Proof”, mengungkapkan jika paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari, di mana hormon juga mempengaruhi jam biologis serta kualitas tidur seseorang. 

Baca juga: 5 Buah Kaya Vitamin E Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tags: Sunbathing, Sinar Matahari, Cahaya Matahari