world.jpgFoto dok: Unsplash/@rixsn

Saat social distancing dan PSBB dilakukan, dapat kita rasakan bahwa kehidupan tidak akan berjalan normal seperti biasanya. Beberapa perubahan signifikan dapat jelas terlihat di berbagai sektor. Mulai dari bisnis, kesehatan hingga pariwisata. Ketika krisis kesehatan ini mereda, kita akan berada di dunia baru atau yang sering disebut dengan “The New World.” Lalu perubahan apa saja yang terjadi di dunia pasca COVID-19? Berikut ulasannya.

1/4 Meningkatnya layanan belanja online

online shop.jpgFoto dok: Unsplah.com/@brookelark 

Berdasarkan research yang dilakukan oleh forbes.com, online shopping atau belanja online akan semakin marak setelah pandemic COVID-19 berakhir. Bisnis yang tidak memiliki opsi online akan mengalami penurunan finansial dan mereka yang memiliki kemampuan akan meningkatkan penawaran.

Selain itu akan ada peningkatan dalam segi logistik dan pengiriman, maka untuk tetap kompetitif, berbagai bisnis akan mempertahankan toko fisik mereka dan meningkatkan layanan online. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi lonjakan permintaan dari pembeli dan persiapan untuk pandemi masa depan.

2/4 Infrastruktur digital akan semakin menguat

digital.jpgFoto dok: Unsplah.com/@gilleslambert

Diberlakukannya pembatasan sosial menyebabkan kita untuk beradaptasi dengan bekerja dari rumah. Hal ini juga berjalan seiringan dengan kebutuhan kita untuk berkomunikasi jarak jauh dan melakukan pertemuan, kegiatan belajar mengajar dan beribadah secara virtual. Berkaca dari hal tersebut, diprediksi akan adanya kemungkinan bagi kita dan berbagai pelaku bisnis untuk melanjutkan praktik ini setelah pandemi COVID-19 berakhir.

Dilansir dari forbes.com, akses dan kemampuan untuk bekerja online akan semakin meningkat. Mereka yang memiliki pekerjaan dalam bidang teknologi dan memiliki konektifitas yang baik dapat melanjutkan praktik bekerja dirumah secara efisien. Namun, mereka yang tidak dapat terhubung secara online akan tertinggal jauh secara ekonomi.

Josephine Hofmann dari Institut Teknik Industri Fraunhofer, Jerman mengatakan pada wawancaranya dengan Deutsche Welle bahwa perusahaan akan melihat sisi positif dari work from home. Ia mengatakan, rapat, pertemuan bisnis serta pelatihan yang menyita waktu akan digantikan dengan e-mail ataupun konferensi video. Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan bahwa hal ini dapat sangat menguntungkan bagi planet, iklim dunia dan juga cara kerja yang lebih efisien dan berkelanjutan. Ia pun menegaskan, jal ini tentunya juga dilakukan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. 
 
3/4 Konsultasi dokter secara online akan meningkat

 DOCT.jpg

Foto dok: Unsplash.com/@nci 

Konsultasi kesehatan secara online akan mengalami peningkatan. Untuk membatasi kontak fisik serta lalu lintas di rumah sakit dan kantor praktisi perawatan kesehatan lainnya, konsultasi dokter dapat dilakukan secara virtual. Walaupun upaya ini sudah dilakukan jauh sebelum pandemi COVID-19 oleh berbagai penyedia layanan kesehatan, minat masyarakat terhadap konsultasi online telah meningkat semenjak diberlakukannya pembatasan sosial.
 
4/4 Aktivitas Bepergian dan Interaksi Kontak Fisik Berkurang

No physical.jpgFoto dok: Unsplash.com/@victorhwn725

Berdasarkan riset yang dilakukan forbes.com, adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat cenderung lebih berhati- hati dalam bepergian atau aktivitas luar. Mereka ingin memastikan kesiapan kondisi fisik dan mental serta kebersihan secara lebih serius, sebelum bepergian.
 
Di sisi lain, adanya pandemi Covid-19 membuat kita lebih berhati-hati pula ketika harus menyentuh suatu permukaan atau berjabat tangan dengan seseorang. Simon Mair, peneliti di bidang Ekonomi Ekologis, Pusat Pemahaman Kemakmuran Berkelanjutan dari University of Surrey mengatakan dalam risetnya bahwa mengurangi kontak fisik merupakan sebuah kontrol diri untuk mencegah penyebaran virus di masa mendatang.

Hal ini menyebabkan teknologi untuk terus berevolusi dan memaksimalkan opsi kontak tanpa sentuh. Minat masyarakat terhadap pembayaran online melalui telepon genggam serta pembayaran melalui sensor wajah diprediksi juga akan meningkat.