Tanpa judul-123.jpgFoto:Dok.unsplash.com/BrunoVanderKraan

Sebagai manusia, tentunya kita sering mengalami mimpi saat tidur. Sudah banyak juga penelitian seputar mimpi, bahkan cara-cara menerjemahkan mimpi. Setiap orang mengalami pengalaman bermimpi yang berbeda-beda. Mimpi sendiri adalah salah satu cara tubuh kita memproses stimuli dari kegiatan dan pengalaman sehari-hari.  Hal ini tentunya juga sangat dipengaruhi oleh stress level dan kualitas tidur kita. Tentunya tidak ada yang bisa memberikan garansi untuk selalu bermimpi indah, namun ada beberapa tips untuk memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan kemungkinan untuk bermimpi indah.

1 / 5 Get enough quality sleep

1 kinga-cichewicz-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/KingaCichewicz

Seperti yang sering disebut oleh para peneliti, 7 sampai dengan 8 jam adalah jumlah jam tidur yang ideal untuk dilakukan tiap harinya. Agar tidur lebih nyaman, coba untuk memulai ‘zona tidur’ di waktu dan jam yang sama, agar tubuh kita terbiasa. Begitu juga dengan pengaturan suhu ruangan kamar, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin akan sangat baik untuk tubuh kita beristirahat.

 

2 / 5 Exercise

2 kike-vega-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/KikeVega

Melakukan olahraga yang regular di siang ataupun pagi hari akan membuat tubuh kita lebih cepat untuk tidur di malam hari. Namun perhatikan juga jam berolahraga. Jika olahraga dilakukan malam hari dan terlalu dekat dengan jam tidur, justru akan memacu adrenalin dan membuat kesulitan tidur. 

 

3 / 5 Zona Tidur Nyaman

3 roberto-nickson-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/RobertoNickson

Bersihkan kamar secara teratur, decluttering dari barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan. Matikan TV, komputer, smartphone, dan barang-barang elektronik lainnya yang bisa menyala ataupun berbunyi. Kalau ruang kerjamu adalah di dalam kamar, maka buatlah sekat di dalam kamar agar tetap terpisah dari zona tidur tanpa ada vibrasi pekerjaan  yang terus mengganggu. Make your bedroom a sanctuary from the outside world.

 

4 / 5 De-stress before bed

4 bruce-mars unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/BruceMars

Tentunya kegiatan dan pekerjaan kita sehari-hari kadang bisa menimbulkan stress. Sebelum kita tidur, sebaiknya kita lakukan ritual yang bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang. Misalnya bermeditasi, melakukan breathworks (teknik terapi pernafasan), aromatherapy, membaca buku favorit, dan sebagainya. Dan dalam momen ini, hindari pekerjaan, olahraga berat, makan dan minum, ataupun screentime yang bisa memecah konsentrasi dan relaksasi.

 

5 /5 Create a dream journal

5 lilartsy-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/ Lilartsy

Karena mimpi adalah potongan-potongan dari pikiran, perasaan dan pengalaman kita saat kita bangung, mimpi buruk merupakan refleksi dari hal yang membuat kita stress dan takut. Tuliskan dalam jurnal jika kita bisa mengingat mimpi semalam, juga apa perasaanmu saat bermimpi. Exercise ini dapat membantu kita menyadari apa yang terjadi dalam subconscious mind kita, dan mengkonfrontasi apapun isu tersebut agar kita dapat terhindar dari stress berkepanjangan. Semoga tips-tips ini bisa membantu kamu bermimpi indah malam ini ya!