Meski topik kesehatan mental sudah semakin banyak dibicarakan, tetapi ini bukan lah hal yang mudah. Buat sebagian orang, menderita gangguan mental adalah aib dan sulit berbagi perasaan tentang hal tersebut. Masih banyak stigma negatif yang melekat kala seseorang berbicara tentang kondisi mentalnya.

Padahal, gangguan kesehatan mental bisa menyerang siapa saja, termasuk para selebritas dunia. Belakangan ini, mereka mulai berani membuka diri tentang gangguan kesehatan mental dan cara menghadapinya.

Keberanian para selebritas dunia saat berbagi kisah soal gangguan kesehatan mental bisa menjadi penyemangat kamu yang sedang lelah atau berada di titik terendah. Jika kamu memerlukan bantuan, segera temui profesional demi kondisi kesehatan mental yang lebih baik. Berikut lima selebritas dunia dengan kisah gangguan kesehatan mental:

1/5 Jennifer Lopez (J.Lo)

Baru saja mengikat janji suci bersama Ben Affleck, Jennifer Lopez atau akrab disapa J.Lo pernah berjuang dengan kondisi mentalnya. Aktivitas yang super padat membuat bintang film Marry Me (2022) ini mengalami serangan panik.

Saat usianya 20 tahun-an, J.Lo mengatakan ia mampu tidur dalam durasi singkat dan mengerjakan banyak hal di lokasi syuting atau studio. Tetapi, kebiasaan buruk yang terus ia lakukan membuat kondisi mentalnya lelah dan mengharuskan J.Lo berkonsultasi dengan dokter.

Dokter menyarankan pelantun lagu “On The Floor” ini untuk memperhatikan jumlah jam tidur, mengurangi kafein, dan berolahraga secara rutin. J.Lo akhirnya menyadari bahwa ia harus lebih memperhatikan kondisi fisik dan mentalnya agar tetap fit dan bugar saat beraktivitas.  

2/5 Jennifer Aniston

Bintang serial komedi, Friends ini tidak ragu untuk pergi ke terapis saat ia merasa kondisi mentalnya kewalahan. Banyak hal yang Jennifer dapatkan di sesi terapi, salah satunya tentang kesadaran diri.

Ia mengatakan bahwa kita sebagai manusia sering kali terperangkap dalam pikiran kita sendiri. Oleh karena itu, penting untuk tetap berada di masa kini, bukan di masa depan atau masa lalu. Di tengah kondisi mentalnya, Jennifer merasa beruntung masih memiliki pekerjaan yang disukai, orang-orang yang mendukung, dan hewan peliharaannya.

3/5 Justin Bieber

Tidak ada yang menyangka jika suami dari Hailey ini juga berjuang dengan kondisi mental yang tidak stabil. Hal itu ia beberkan melalui film dokumenter berjudul Justin Bieber: Next Chapter.

Bieber menceritakan bagaimana dirinya melewati masa-masa suram dalam hidup, karena depresi yang menggerogoti mentalnya. Bahkan, ia nyaris mengakhiri hidup. Namun, ia berhasil melewati fase terkelamnya dengan bantuan orang tercinta dan psikiater yang ditemui.

Meditasi dan mendengarkan musik menjadi ‘senjata’ ampuh Bieber untuk bisa bangkit dari depresi. Ternyata, popularitas di usia muda adalah penyebab Justin Bieber mengidap gangguan depresi.

4/5 Selena Gomez

Pernah didiagnosis penyakit lupus, pelantun lagu “Ice Cream” juga mengidap gangguan mental bipolar dan depresi saat awal pandemi COVID-19 berlangsung.  Menariknya, Selena merasa lega setelah mengetahui perasaan apa yang ia alami.

Layaknya manusia biasa, Selena pun pernah tidak kuat menghadapi badai kehidupan dan berpikir untuk menyakiti dirinya sendiri. Berkaca dari hal ini, Selena kemudian sempat vakum dari media sosial dan pada tahun ini meluncurkan platform kesehatan mental Wondermind. Di dalamnya, kamu dapat menemukan berbagai cara untuk mengakses apapun mengenai kesehatan mental.

5/5 Pangeran Harry

Duke of Sussex pun mengungkapkan perjuangannya dengan kesehatan mental. Selama empat tahun, ia menjalani terapi demi sembuh dari luka masa lalu. Sang istri, Meghan Markle adalah sosok yang mendorong Pangeran Harry untuk menerima bantuan dari profesional.

Kehilangan ibunda, Putri Diana pada 1997 dan lingkungan kerajaan yang ketat membuat kesehatan mental Pangeran Harry semakin terganggu. Mirisnya, ia berjuang dengan kondisi kecemasan akut dan serangan panik saat melakukan tugas kerajaan.

Kini, Pangeran Harry memilih hidup normal di luar kerajaan bersama Duchess of Sussex, Meghan Markle dan kedua buah hati mereka, yaitu Lilibet Mountbatten-Windsor dan Archie Mountbatten-Windsor.