Tanpa judul67.jpgFoto:Dok.unsplash.com

Teh telah lama menjadi sebuah minuman alami yang dikonsumsi banyak orang untuk mengurangi stres, melepas lelah setelah hari yang panjang, hingga untuk mengobati berbagai penyakit ringan seperti sakit perut dan mual. Teh pun juga menjadi teman terbaik ketika sedang bersantai ataupun sembari menikmati bacaan favorit. Tidak hanya itu, penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa teh memiliki kandungan seperti asam amino L-theanine yang dapat menurunkan tingkat stres dan menjaga kesehatan mental.

Para pecinta teh mungkin sudah tidak asing dengan rasa dan manfaat teh yang biasa ditemui di berbagai gerai minuman seperti chamomile ataupun green tea. Namun, banyak jenis teh lain yang juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Mulai dari Lavender Tea hingga Holy Basil Tea, berikut adalah beberapa varian teh terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. 
1/5 Holy Basil Tea
holy basil.jpg

Foto:Dok.unsplash.com

Holy Basil Tea, atau teh daun kemangi, merupakan salah satu varian minuman teh aromatik dengan profil rasa sedikit seperti cengkeh dan notes peppermint. Holy Basil merupakan salah satu tanaman herbal yang biasa ditemukan dalam ramuan umum dalam pengobatan Cina dan Ayurveda untuk membantu kondisi kulit, pernapasan, pencernaan, dan sendi. Kemangi mengandung senyawa bioaktif seperti eugenol, camphene, cineole, dan camphor yang dapat membantu membuka saluran udara dan meningkatkan pernapasan. Studi menunjukkan bahwa teh kemangi memiliki fungsi untuk meringankan tingkat kecemasan seperti diazepam dan antidepresan lainnya. Selain itu, teh ini juga telah terbukti meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kualitas tidur. 


2/5 Passionflower Tea
Tanpa judul67.jpg

Foto:Dok.unsplash.com

Passiflora, atau passion flower, merupakan tanaman bunga yang menawarkan banyak manfaat seperti mengurangi kecemasan, mengobati gangguan tidur, mencegah depresi, meredakan gejala menopause,  menyembuhkan kulit dan menurunkan tekanan darah. Jika ingin menyeduh teh passionflower di rumah, yang dibutuhkan hanyalah daun passionflower kering atau segar dan air panas. Madu juga bisa dijadikan sebagai pemanis yang lebih sehat dibanding gula pasir dan cairan pemanis lainnya. Daun kering dapat dihancurkan menjadi bubuk untuk dimasukkan ke dalam teh, atau daunnya dapat ditempatkan di infuser atau saringan teh. Daun segar juga dapat digunakan untuk menyeduh teh ini, dalam hal ini sekitar 1/4 cangkir daun diperlukan untuk membuat teh passionflower dengan rasa yang lebih kuat.


3/5 Rose Tea

rose tea.jpgFoto:Dok.unsplash.com

Terbuat dari kelopak mawar kering, teh mawar kaya akan zat fitokimia sehingga memiliki banyak manfaat kesehatan dalam secangkir teh herbal tersebut. Selain mengandung zat anti-inflamasi, mawar juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam aromaterapi untuk meningkatkan mood dan kualitas tidur seseorang. Selain mengurangi ketegangan dan suasana sedih di hati, secangkir teh mawar aromatik juga turut berkontribusi dalam meningkatkan suasana hati dan membantu seseorang menjadi lebih rileks.


4/5 Ashwagandha Tea

Ashwagandha Tea.jpgFoto:Dok.unsplash.com

Ashwagandha Tea, atau dikenal juga dengan nama Winter Cherry Tea, merupakan salah satu ramuan teh yang mungkin masih asing di sebagian telinga orang. Ashwagandha merupakan semak cemara yang tumbuh di Asia dan Afrika dan sering dijuluki dengan sebutan “Indian Winter Cherry” atau ginseng India. Tanaman herbal Ini sering digunakan sebagai racikan untuk melawan stress dan adaptogenik. Penggunaan ashwagandha secara teratur juga diketahui meningkatkan toleransi terhadap stres, sehingga meningkatkan ketahanan mental. Selain itu, teh ashwagandha juga terkenal akan kemampuannya dalam meningkatkan kekebalan. Karena rasa tehnya yang cukup pahit, pecinta teh dapat menambahkan madu sebagai pemanis alami.


5/5 Lavender Tea

lavender.jpgFoto:Dok.unsplash.com

Selain memiliki aroma yang menenangkan dan pengusir nyamuk alami, lavender juga sering dijadikan sebagai teh herbal karena kandungannya yang dapat menenangkan pikiran dan membuat badan lebih rileks. Teh lavender mengandung banyak bahan aktif seperti  flavonoid, triterpenoid, tanin, kumarin, dan bahan lainnya yang membantu menenangkan saraf dan meredakan kecemasan. Meminum teh ini juga diketahui dapat membantu meringankan depresi ringan yang disebabkan oleh kelelahan mental dan stres. Teh ini juga menjadi sebuah penyelamat untuk membangkitkan semangat ketika kondisi seseorang sedang berada di fase tidak bahagia dan sedih. Selain itu, lavender bisa menjadi teh herbal yang enak saat seseorang mengalami perubahan suasana hati.