1/5 Kunyit

turmeric-3251560_1280.jpg

Foto: StevePB/Pixabay

Kunyit memang merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam masakan khas Indonesia. Bahan yang satu ini dikenal memiliki kandungan curcumin, yang seperti dilansir dari healthline.com, telah terbukti dalam sejumlah penelitian sebagai bahan yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat dan memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, tidak heran jika kunyit kerap digunakan dalam berbagai pengobatan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2/5 Jahe

ginger-1738098_1280.jpg

Foto: Couleur/Pixabay

Bukan rahasia lagi jika jahe dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan tubuh. Tentu saja, pernyataan ini pun bukan tanpa alasan. Dalam sebuah studi ilmiah, dikatakan jika jahe memiliki sejumlah kandungan aktif yang memiliki kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas, memiliki efek antiinflamasi, dapat mengatasi mual, serta memiliki efek antimikroba yang dapat melawan sejumlah bakteri seperti Escherichia coli dan Salmonella typhi.

3/5 Kayu manis

cinnamon-1971496_1280.jpg

Foto: Daria-Yakovleva/Pixabay

Selain memiliki aroma manis yang menggugah selera, kayu manis juga memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, kayu manis diyakini memiliki kandungan antioksidan yang sangat besar, bahkan merupakan salah satu bahan alami dengan kandungan antioksidan terbesar seperti dilansir dari healthline.com. Tidak hanya itu, disebutkan juga jika kayu manis memiliki efek antiinflamasi yang bagus untuk tubuh.

4/5 Cengkeh

cloves-488178_1280.jpg

Foto: Sabine07/Pixabay

Selanjutnya ada cengkeh yang pastinya sudah tidak asing digunakan dalam berbagai makanan di Indonesia. Dilihat dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram cengkeh mengandung manganese sebanyak 60.127 mg, di mana mineral ini dikenal penting bagi tubuh manusia untuk bekerja secara normal. Dilansir dari berbagai sumber, mineral ini terlibat dalam berbagai proses kimia dalam tubuh.

5/5 Bawang Putih

garlic-3419544_1280.jpg

Foto: StevePB/Pixabay

Bawang putih memang sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami terbaik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, beberapa penelitian seperti dikutip dari healthline.com juga telah membuktikan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk melawan sejumlah penyakit seperti common cold.

Baca juga: 5 Sayuran dan Buah Kaya Vitamin C untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tags: Wellness, Kesehatan, Bahan Alami, Virus Corona, COVID-19, Rempah