Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, polusi udara memang kian meningkat seiring berjalannya waktu dan membawa berbagai zat tidak baik seperti benzene (unsur yang digunakan untuk membuat plastik, detergen, hingga pestisida) hingga xylene (umum ditemukan dalam industri percetakan dan cat). Oleh karena itu, kali ini Tatler Indonesia pun kembali hadir dengan rekomendasi lima tanaman hias lain yang ampuh untuk membersihkan udara berdasarkan penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA). Berikut ulasannya.

1/5 Chinese evergreen

plant 1.jpg

Foto: ourhouseplants.com

Chinese evergreen (Aglaonema modestum), atau juga dikenal dengan nama Sri Rezeki di Indonesia, adalah salah satu tanaman hias yang populer untuk menghiasi bagian interior rumah, terutama karena tanaman ini juga mudah dirawat. Namun, tidak hanya itu, tanaman ini ternyata juga ampuh untuk membersihkan udara dari formaldehyde dan benzene seperti dilihat dari hasil penelitian NASA. Sayangnya, data dari American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) mengungkapkan jika tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, sehingga sebaiknya diletakan jauh dari jangkauan hewan dan anak-anak.

2/5 Variegated snake plant

plant 2.jpg

Foto: @paul_/Unsplash

Variegated snake plant (Sansevieria trifasciata 'Laurentii') yang juga dikenal sebagai tanaman lidah mertua adalah pilihan tanaman selanjutnya yang dapat kamu pilih untuk menyegarkan interior rumahmu. Berdasarkan penelitian NASA, tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari sejumlah zat berbahaya, yaitu formaldehyde, trichlorethylene, benzene, serta xylene. Sama seperti sri rezeki, tanaman ini juga beracun bagi anjing dan kuncing, seperti dilansir dari ASPCA.

3/5 Weeping fig

plant 3.jpg

Foto: greenandvibrant.com

Bentuk tanaman yang yang tinggi dari weeping fig (Ficus benjamina) ini memang membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk menciptakan kesan yang segar, rindang, dan baru bagi interior ruangan. Namun lebih dari itu, tanaman ini juga efisien dalam membersihkan udara dari zat formaldehyde dan benzene, seperti dilihat dari hasil riset NASA, sehingga tidak heran jika tanaman ini kerap dijumpai di berbagai tempat. Namun, jauhkan tanaman ini dari hewan peliharaanmu karena menurut data ASPCA, tanaman ini juga memiliki racun bagi anjing dan kucing.

4/5 Barberton daisy

plant 4.jpg

Foto: jentheodore/Pixabay

Dengan tampilan bunga yang kecil dan penuh warna, tidak heran jika barberton daisy (Gerbera jamesonii) kerap dipilih untuk mempercantik desain interior ruangan, terutama karena teknik perawatannya pun tidak terlalu sulit. Di samping tampilannya yang cantik dan atraktif, jenis bunga ini juga disebut ampuh dalam menghilangkan berbagai zat seperti formaldehyde dan trichlorethylene. Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan tanaman hias untuk diletakan di atas mejamu, barberton daisy dapat menjadi pilihannya.

5/5 Florist's chrysanthemums

flower-569580_1280.jpg

Foto: skeeze/Pixabay

Terakhir, florist's chrysanthemums (Chrysanthemum morifolium) atau bunga krisan adalah salah satu tanaman hias terbaik yang sangat ampuh untuk membersihkan udara dalam ruangan. Berdasarkan penelitian NASA, bunga krisan ini mampu membersihkan benzene, formaldehyde, trichloroethylene, xylene, dan ammonia dari udara, cukup banyak jika dibandingkan dengan jenis tanaman lain. Tentu saja, bunga krisan yang cantik dan colourful juga menjadi alasan mengapa tanaman ini patut diletakan untuk mendekorasi rumahmu. Akan tetapi, pastikan untuk meletakkannya jauh dari jangkauan hewan peliharaan karena bunga krisan juga merupakan salah satunya yang beracun menurut data APSCA.

Baca juga: 5 Rempah yang Berkhasiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tags: Tanaman Hias, Polusi Udara, Pembersih Udara