indoor.jpgFoto dok: unsplash.com/@designecologist

Tidak hanya mengurangi stress, beberapa tanaman hias juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari polutan berbahaya dan beracun yang terkandung di dalam udara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA), lima polutan yang berbahaya tersebut adalah formaldehyde, xylene, ammonia, benzene dan trichloroethylene yang dihasilkan dari cat, plastik, bahan sintetis, knalpot kendaraan, deterjen, kulit dan karet.

Sebelumnya, Tatler Indonesia sudah membahas beberapa tanaman dalam ruangan yang mampu membersihkan udara. Kali ini, kami akan melengkapi daftar tanaman hias yang tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Berikut ulasannya.
 
1/5 Palem Pheonix

Dwarf date palm.jpgFoto dok: fast-growing-trees.com

Palem Pheonix atau Dwarf Date Palm memiliki beberapa kelebihan. Pertumbuhannya yang sangat lambat, setinggi 8 hingga 10 kaki, dan kemampuannya beradaptasi di ruangan minim cahaya membuat tanaman ini cocok di letakkan di dalam kantor atau di ruangan rumahmu. Tanaman ini juga dipercaya dapat membersihkan formaldehyde dan xylene di dalam udara yang terkandung dalam kain sintetis, cat rumah, maupun yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, tanaman ini juga kuat terhadap kekeringan dan berumur panjang, sehingga kamu tidak perlu menyiraminya setiap minggu. Namun, pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan peliharaan karena duri-duri di pangkal batang daunnya dapat dengan mudah menembus kulit dan pakaian.
 
2/5 Kimberly Queen Fern


Kimberly queen fern.jpgFoto dok: bloomscape.com

Berbeda dengan pakis Boston, yang daunnya menyebar ke samping, Kimberly Queen Fern memiliki dedaunan yang tegak sehingga memberikan tampilan yang minimalis dan rapih pada ruangan. Berasal dari Australia, tanaman ini dapat mengambil lebih banyak matahari dibandingkan dengan sepupunya Pakis Boston. Namun, tanaman hias ini harus disirami secara teratur. Dapat tumbuh di dalam atau di luar rumah, Kimberly Queen Fern bisa menjadi hiasan menarik jika diletakkan di teras atau balkon. Namun, tanaman ini disarankan untuk di letakkan di area garasi karena fungsinya yang mampu membersihkan xylene, udara beracun yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan.
 
3/5 Bunga Liriope


Lily Turf.pngFoto dok: Schneiderclinic.com

Bunga Liriope atau Lily Turf dikenal sebagai tanaman hias yang dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Menurut riset yang dilakukan oleh NASA, tanaman cantik ini dapat menyaring berbagai kandungan buruk dalam udara seperti  formaldehyde, xylene, ammonia dan trichloroethylene. Tanaman yang termasuk dalam kategori rumput hias ini memiliki bunga berwarna ungu seperti lavender dan panjang daunnya mencapai 6 hingga 18 inci. Selain diletakkan sebagai penghias meja, Bunga Liriope juga dapat diletakkan di dalam garasi untuk membersihkan udara beracun yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan. Untuk menjaga kesegarannya, tanaman ini harus diletakkan di ruangan yang teduh dan tidak terpapar banyak sinar matahari. Selain itu, tanaman ini juga aman untuk hewan peliharaanmu sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk menaruhnya di tempat rendah.
 
4/5 Broadleaf Lady Palm



Broadleaf lady palm.jpgFoto dok: plantingman.com

Broadedleaf Lady Palm merupakan spesies yang unik dari tanaman palem. Tanaman ini tidak dapat ditemukan di alam karena berasal dari pembudidaya di Cina. Tanaman hias ini terbilang sangat baik, karena dapat membersihkan racun dari udara seperti formaldehyde, xylene, dan ammonia. Tanaman ini juga sangat mudah untuk dirawat, menjadikannya tanaman yang cocok bagi pemula yang ingin berkebun. Namun, tanaman ini sangatlah berbahaya bagi hewan peliharaanmu sehingga harus diletakkan di tempat yang tinggi atau digantung di dalam ruangan.
 
5/5 English Ivy

English Ivy.jpgFoto dok: patchplants.com

Berasal dari Eropa dan Asia Barat, English Ivy merupakan tanaman hias yang memiliki kemampuan menyerap formalin, xylene, benzene dan trichloroethylene dari udara yang membuatnya menjadi salah satu tanaman pembersih udara dalam ruangan yang paling ampuh. Namun, tanaman ini juga dianggap sebagai hama. Oleh karena itu tanaman ini lebih tepat jika ditanam di dalam pot dan tidak berdekatan dengan tembok atau tanaman lain. Tidak hanya itu, tanaman yang juga disebut dengan European Ivy ini memiliki manfaat lain untuk pengobatan, seperti penawar racun dan menyembuhkan asma. Jika kamu ingin membeli tanaman ini, pastikan untuk tidak diletakkan di tempat yang terjangkau karena tanaman ini mengandung racun yang berbahaya bagi hewan peliharaan.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Berdasarkan Penelitian NASA (Part II)