Semenjak pandemi, kebutuhan akan essential oils semakin meningkat. Selain membantu penyembuhan pernafasan, beberapa aroma oil memiliki berbagai khasiat seperti menenangkan pikiran, mengurangi rasa negatif, bahkan menghilangkan sakit pada tubuh. Khasiat dan fungsi yang beragam ini, membuat essential oils menjadi primadona yang wajib ada di setiap rumah.

doc. Alesia Kozik_pexels.jpegFoto: doc. Alesia Kozik/pexels

Essential oils merupakan minyak hasil penyulingan bahan alami, berupa tanaman herbal, buah, hingga bunga, dengan berbagai aroma yang memiliki banyak khasiat. Umumnya, essential oils digunakan dengan diffuser, sehingga uap yang ke luar dapat dihirup dan cepat bereaksi. Namun, sebenarnya selain menggunakan diffuser, essential oils sendiri cukup multifungsi. Mulai dari room spray, sampai membersihkan dapur, inilah cara unik lainnya untuk menggunakan essential oils selain menggunakannya dengan diffuser.

1/5 Sebagai room spray

1-jennikayne.com.jpgFoto: dok.jennikayne.com

Jika kamu tidak memiliki atau kehabisan room spray, essential oils yang ada dapat dimanfaatkan. Cuci terlebih dulu kemasan yang kamu punya hingga bersih. Isi dengan air hingga terisi ¾ botol dan beri alkohol medis sebanyak dua sendok makan. Setelahnya kamu bisa teteskan oil sesuai dengan keinginan. Kocok sebelum digunakan. Untuk aroma yang menenangkan, bisa pilih lavender, sementara yang menyegarkan kamu bisa pilih aroma citrus.

2/5 Langsung digunakan pada tubuh

2-doc. Tima Miroshnichenko_pexels.jpegFoto: dok. Tima Miroshnichenko/pexels

Essential oils yang kamu miliki dapat langsung digunakan pada bagian tubuhmu. Namun, hindari meneteskannya langsung. Kamu bisa gunakan pada roll on sebagai parfum atau menggosok pada rambut untuk memberi kilau sehat. Untuk membuatnya jadi parfum, kamu perlu tambahan distilled water dan diamkan terlebih dahulu selama 48 jam sebelum digunakan.

3/5 Ditambah baking soda
3-ouroilyhouse.com.jpg

Foto: dok.ouroilyhouse.com

Baking soda dan essential oils adalah paduan unik yang dapat dijadikan beragam produk. Bubuk baking soda memiliki sifat mengikat aroma sehingga dapat dijadikan sebagai bahan diffuser alami. Kamu bisa menggunakan campuran ini untuk pewangi ruangan, bath bomb, dan pembersih furnitur. Untuk pewangi ruangan, cukup sediakan wadah terbuka dekoratif dan bisa kamu jadikan pajangan. Sementara untuk pembersih furnitur, sebar campuran ini di atas karpet dan diamkan sejenak, lalu vakum. Baking soda akan menyerap kotoran dan meninggalkan aroma segar.

 

4/5 Relaksasi saat mandi
4-doc. Monstera_pexels.jpeg

Foto: dok. Monstera/pexels

Essential oils dapat kamu gunakan saat mandi. Caranya teteskan oil di dinding dan sudut kamar mandi, lalu gunakan air panas atau hangat, sehingga uapnya bercampur dengan aroma dari oil dan kamu akan merasa lebih tenang. Bisa juga gunakan beberapa tetes pada washcloth yang sudah direndam air panas. Sebaiknya, gunakan aroma seperti peppermint dan eucalyptus, wangi mint yang segar sangat nyaman digunakan untuk menenangkan pikiran.

 

5/5 Membersihkan dapur
5-doc. Jessica Lewis_pexels.jpeg

Foto: dok. Jessica Lewis/pexels

Tidak hanya untuk meningkatkan imun dan aromatherapy, essential oils juga dapat berguna untuk membersihkan peralatan dapur dan menghilangkan bau tak sedap. Pilih aroma lemon, teteskan pada kapas lalu simpan di tempat pembuangan sampah untuk mengurangi bau. Bisa juga teteskan pada kain, lalu lap peralatan memasak seperti microwave. Kamu juga bisa menggunakan essential oils untuk mengelupas perekat, label, atau permen karet yang menempel. Multifungsi!