pexels-nathan-cowley-1199590.jpgFoto: Dok. Nathan Cowley from Pexels

World Marathon Majors (WMM) adalah kompetisi kejuaraan lari maraton yang dimulai pada tahun 2006. Kompetisi berbasis poin yang didirikan pada enam lomba maraton utama yang diakui sebagai yang paling prestise di kalender para pelari. 6 Lomba marathon tersebut diselenggarakan di kota-kota besar seperti Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago dan New York. 

Jika kamu berpikir untuk men-contreng semua ke-enam seri maraton dari daftar kamu untuk mendapatkan medali bintang enam itu, inilah hal yang perlu kamu ketahui untuk akhirnya dapat melewati garis finish itu.
 
1/6     Tokyo Marathon

tokyo-marathon.jpgFoto: Dok. Tokyo Marathon

Tokyo Marathon, lomba lari tahunan sejauh 42,2 km menyusuri kota Tokyo yang diadakan setiap bulan Februari. Tokyo Marathon adalah salah satu dari enam major maraton dunia, bersama dengan kota lainnya Berlin, Boston, Chicago, London, dan New York. Tokyo Marathon adalah yang paling baru saja diresmikan. Tokyo Marathon perdana diadakan tahun  2007 dan naik tingkat menjadi WMM pada tahun 2012.

Sebelum tahun 2007, Tokyo menyelenggarakan lomba yang terpisah untuk pelari elit pria dan wanita saja. Pada tahun 2007, Tokyo Marathon didirikan, dengan Niiya Hitomi dari Jepang memenangkan perlombaan wanita perdana dan Daniel Njenga dari Kenya menjadi pemenang pria pertama. Tahun itu, Tokyo Marathon dimulai di dekat pusat kota Tokyo di sebelah Gedung Pemerintah di daerah Shinjuku. Kemudian berbelok ke timur melewati Istana Kekaisaran, menuju ke selatan, dan kemudian ke utara ke titik tengah perlombaan. Bagian kedua dari rute lari menyerupai bayangan rute yang pertama, saat maraton bergerak ke utara sebelum mundur ke selatan dan berbelok ke tenggara untuk finis di Tokyo Bay.
 
2/6    Boston Marathon

detail-of-the-boston-marathon-finish-line-on-april-20-2020-news-photo-1620133857..jpegFoto: Dok. Boston Marathon

Boston Marathon adalah lomba lari dari Hopkinton, Massachusetts, AS, ke bagian Back Bay Boston, dengan jarak 42.2 km. Maraton tahunan tertua di dunia ini, diadakan pertama kali pada tahun 1897 dan setiap tahunnya pada Hari Patriot yang memperingati Pertempuran Lexington dan Concord (1775) dalam Perang Revolusi Amerika. Marathon ini disponsori oleh Asosiasi Atletik Boston. Pelari (sekitar 20.000 pada awal abad ke-21, dibandingkan dengan sekitar 200 pada tahun 1960) datang dari seluruh dunia untuk berpartisipasi pada ajang ini.

Pemenang pertama Boston maraton adalah John J. McDermott, yang menyelesaikan lomba sejauh 39,4 km dalam waktu kurang dari tiga jam. Panjang lomba ditingkatkan ke jarak saat ini yakni 42.2km pada tahun 1927. Pada tahun 1966 Roberta Gibb menjadi wanita pertama yang menyelesaikan lomba, meskipun dia berlari tanpa nomor peserta resmi. Pada tahun 1967 Kathy Switzer, yang telah memberikan namanya sebagai K.V. Switzer pada aplikasi pendaftaran lomba, diberi nomor resmi dan menyelesaikan maraton, meskipun direktur lomba sempat mencoba mengeluarkannya dari lintasan. Pada tahun 1972 Boston Marathon menjadi lomba maraton pertama yang secara resmi menerima pelari wanita. Tiga tahun kemudian menjadi maraton besar pertama yang mengadakan perlombaan kursi roda.
 
Pada tahun 2013, dua bom meledak di dekat garis finish maraton sekitar lima jam setelah perlombaan dimulai, mengakibatkan tiga kematian dan lebih dari 260 penonton dan peserta terluka. Pencarian para tersangka dalam pemboman teroris tersebut menyebabkan baku tembak serta perburuan yang menutup daerah Boston selama sehari.
 
 
3/6     London Marathon

the_course-ihn23096.jpgFoto: Dok. TCS London Marathon

London Marathon, lomba lari tahunan sepanjang 42,2 km melalui jalan-jalan di London yang berlangsung pada bulan April. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1981.

Jalur London Marathon memiliki titik awal di Greenwich Park dan Blackheath dan berkelok-kelok melalui beberapa wilayah di selatan Thames sebelum menyeberangi sungai di Tower Bridge. Kemudian bergerak ke timur dan mengelilingi Isle of Dogs sebelum berbelok ke barat untuk menyelesaikan di Mall dekat Istana Buckingham. Dionicio Cerón dari Meksiko, Antonio Pinto dari Portugal, dan Martin Lel dari Kenya berbagi rekor kemenangan pria terbanyak sebanyak tiga kali, dan Ingrid Kristiansen dari Norwegia memegang rekor wanita dengan empat kemenangan.
 
4/6 Berlin Marathon

csm_bmw-berlin-marathon-2019-start_974c80c11b.jpgFoto: Dok. BMW Berlin Marathon

Berlin Marathon, lomba lari tahunan sepanjang 26,2 mil (42,2 km) melalui jalan-jalan Berlin yang biasanya berlangsung di akhir bulan September. Berlin Marathon dianggap memiliki lintasan tercepat dari enam maraton utama dunia dan telah menjadi tempat berbagai rekor dunia tercetak sejak pertama kali diadakan pada tahun 1974.
Sebelumnya rute Berlin Marathon dibatasi ke Berlin Barat saja hingga marathon tahun 1990, yang berlangsung hanya tiga hari sebelum reunifikasi Jerman. Jalur saat ini dimulai di Tiergarten dan mengelilingi kota sebelum berakhir di dekat titik awalnya di Gerbang Brandenburg. Haile Gebrselassie dari Ethiopia telah memenangkan Berlin Marathon paling banyak yakni empat kemenangan dan rekor kemenangan wanita adalah tiga, dipegang oleh Renata Kokowska dari Polandia dan Uta Pippig dari Jerman.
 
5/6    Chicago Marathon

 mar3-600x900.jpgFoto: Dok. Chicago Marathon

Chicago Marathon, lomba lari tahunan sepanjang 42,2 km menyusuri kota Chicago yang diadakan setiap bulan Oktober. Chicago Marathon awalnya dikenal sebagai Daley Marathon setelah walikotanya yang baru saja meninggal, Richard J. Daley pada tahun 1977. Rute maraton dimulai di pusat kota di Grant Park, berkelok-kelok melalui Loop, dan melintasi wilayah Utara sebelum kembali ke pusat kota. Kemudian berputar melalui wilayah Barat dan Selatan kota sebelum berakhir kembali di Grant Park. Khalid Khannouchi paling banyak memenangkan Chicago Marathon dengan empat kemenangan, serta Liliya Shobukhova dari Rusia mencetak rekor wanita dengan tiga kemenangan dalam karirnya.

6/6    New York Marathon

nycm19_sameday_ml2_7v9a3469a_cropped.jpgFoto: Dok. New York Road Runners

New York City Marathon, lomba lari sejauh 42.2 km yang diadakan setiap bulan November melalui lima wilayah di kota New York. New York  Marathon sering kali menarik jumlah peserta terbesar dari semua maraton tahunan lainnya di dunia. New York Marathon pertama diadakan pada tahun 1970, dan rutenya terdiri dari serangkaian putaran melalui Central Park Manhattan. Rute perlombaan dimulai di Staten Island dan berakhir di Manhattan, pada tahun 1976. Grete Waitz dari Norwegia memenangkan rekor New York Marathon wanita sebanyak sembilan kali, dan Amerika Bill Rogers memegang rekor pria dengan empat kemenangan.