Sampai saat ini, masalah terbesar yang harus dihadapi oleh kota-kota besar adalah sampah yang merusak lingkungan. Sudah banyak orang, dan bahkan perusahaan besar, yang berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan membuat pakaian atau sepatu menggunakan bahan sampah yang bisa didaur ulang, seperti botol plastik. Saat ini, Jakarta menjadi salah satu kota yang memiliki masalah besar dengan sampah dan polusi. Berikut cara-cara mudah untuk go green yang dapat kamu aplikasikan mulai dari sekarang.

 Hentikan penggunaan sedotan

Selain kantong plastik, sedotan juga menjadi salah satu masalah utama bagi lingkungan, terutama terhadap biota laut. Banyak sampah-sampah sedotan plastik yang berakhir di lautan yang kemudian membahayakan nyawa hewan-hewan laut seperti penyu. Untuk itu, kamu dapat mulai mengurangi penggunaan sedotan plastik dan membiasakan untuk tidak menggunakan sedotan atau membeli sedotan yang tidak terbuat dari plastik.

 Menggunakan peralatan yang bebas plastik

Untuk mengurangi sampah, kamu dapat menggunakan peralatan makan yang dapat digunakan ulang. Mulai dari kotak makan dan tempat minum yang lucu, hingga sendok, garpu, dan sumpit yang dapat kamu bawa ke mana pun dengan mudah. 

 Membawa tumbler atau botol minum sendiri

Walaupun sudah banyak kafe yang mengurangi penggunaan gelas plastik, menggunakan tumbler atau botol minum sendiri tentunya lebih membantu. Terlebih lagi, kebanyakan kafe akan memberimu diskon jika kamu membawa tumbler atau botol minum sendiri.

 Menggunakan transportasi publik

Saat ini, masalah polusi juga menjadi salah satu perbincangan hangat, terutama untuk warga Jakarta. Melihat polusi ibu kota Indonesia yang sangat mengkhawatirkan, satu-satunya cara untuk mengurangi polusi yang menyelimuti Jakarta ini adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi publik seperti MRT dan TransJakarta.

Membeli barang ramah lingkungan

Saat ini, banyak merek dan perusahaan yang mulai memproduksi barang-barang yang ramah lingkungan. Tidak perlu jauh-jauh, brand-brand lokal yang memproduksi barang ramah lingkungan pun sudah banyak saat ini. Salah satunya adalah Pijakbumi yang memproduksi sepatu dan sandal ramah lingkungan.

 Membeli barang secondhand

Dengan membeli barang-barang secondhand, kamu dapat membantu mengurangi polusi dan sampah. Saat ini, thrifting sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Selain memiliki gaya yang bagus, kamu juga dapat membantu menjaga lingkungan dari sampah dan polusi.

 Memasak makanan sendiri

Setiap kamu memesan makanan untuk dibawa pulang, tentunya kamu menghasilkan sampah lagi dari bungkus makanan yang kamu bawa pulang. Cobalah untuk memasak sendiri selama beberapa hari dalam seminggu dan bawa peralatan makanan yang dapat digunakan ulang bersamamu.