Wellness Tourism diperkirakan mencapai keuntungan total 494 miliar USD atau 14,6 persen dari seluruh pengeluaran pariwisata domestik dan internasional pertahunnya. Didorong oleh pertumbuhan wellness destinations di Asia, Timur Tengah/Afrika Utara, Afrika Sub-Sahara dan negara-negara berkembang lainnya, pariwisata kesehatan diperkirakan akan tumbuh 50 persen lebih cepat daripada industri pariwisata secara keseluruhan selama lima tahun ke depan.
Wellness travellers biasanya mengejar beragam layanan, termasuk kebugaran fisik dan olahraga; perawatan kecantikan; diet sehat dan manajemen berat badan; relaksasi dan menghilangkan stres; wisata spiritual, termasuk meditasi dan yoga, dan pendidikan yang berhubungan dengan kesehatan. Berikut Tatler merangkum 5 destinasi wellness terbaik di dunia yang bisa Anda coba.

mala.jpgFoto:dok https://unsplash.com/

1. 7 Day Luxury Boot Camp and Wellness Yoga Retreat in Alicante, Valencia

#1 valencia.jpgFoto:dok https://www.tripaneer.com/

Retret kamp pelatihan mewah ini selain intensif juga memberikan pendekatan holistik dan memastikan bahwa hanya dalam seminggu, Anda akan belajar bagaimana menurunkan berat badan secara berkelanjutan sambil mendetoksifikasi tubuh secara  alami, aman dengan makan makanan segar, sehat, namun lezat. Dikembangkan oleh tim retret yang berpengalaman dan profesional, yang meliputi: dokter, ahli gizi, dan staf yang terlatih. Retret kamp pelatihan mewah Ultimate Retreat Company dirancang untuk menyempurnakan penampilan fisik Anda, memperbaiki postur tubuh Anda, menyegarkan kembali tubuh Anda, dan merevitalisasi jiwa Anda sambil menikmati pemandangan pantai atau Mediterania yang indah.
2. 5 Day Mindfulness Meditation Connect with Horses retreat in Gascony, France

#2 img courtesy tripaneer.jpegFoto:dok https://www.tripaneer.com/
Apakah Anda selalu terpesona oleh kuda, dan ingin terhubung dengan mereka di tingkat yang lebih dalam tetapi selalu terintimidasi oleh ukurannya? Di Perancis, Retret Connect with Horses ini akan memberikan pengalaman unik dalam bermeditasi yang dibantu dan difasilitasi dengan keberadaan kuda. Koneksi antara manusia dengan hewan dapat secara dramatis meningkatkan kepercayaan diri dan belas kasih Anda, by seeing how pure an animal’s soul really is.
3. 12 Day Vipassana Silent Meditation Retreat in the Ardales National Park, Andalusia

#3 andalusia malaga.jpgFoto:dok https://www.tripaneer.com/
Retret yang dipimpin oleh Mike Helmle ini menawarkan support system, struktur intensif, dan bimbingan pribadi bagi Anda yang memiliki masalah dengan overthinking, stress, dan tidak bisa melepaskan kepenatan. Mempelajari vipassana yang berarti ‘cara merubah diri melalui pengamatan diri’ mengajarkan Anda untuk melatih self awareness. Teknik memiliki kesadaran diri ini nantinya akan membuat individu sadar bahwa semua yang terjadi dalam hidup adalah sebab-akibat, dan kalau kita mampu untuk menyadari bahwa kitalah ‘penyebab’ kondisi kita saat ini, kita jugalah yang memiliki kekuatan untuk merubah kondisi menjadi lebih baik. Belajar vipassana di Andalusia akan menjadi pengalaman menarik bagi Anda yang ingin merelaksasi diri.
4. 5 Day Longevity Juice Fasting Detox Retreat by The Beach in Lagoa, Algarve

#4 portugal .jpgFoto:dok https://www.tripaneer.com/

Ambil langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan retret detoks puasa jus di Algarve. Bersihkan tubuh Anda melalui rencana makan detoksifikasi atau detoks puasa jus yang disetujui secara medis dan melakukan berbagai  aktivitas kelompok harian yang menyenangkan di Algarve tentunya akan membuat tubuh lebih sehat dan pikiran menjadi bahagia.
5. 4 Day Spiritual Joshua Tree Retreat With Julia Quena Kavi

#5 img tripaneer.jpegFoto:dok https://www.tripaneer.com/
Perlu reboot dan menghirup udara segar? Anda bisa berangkat ke California dan mengikuti retret ini. Julia Quena akan membantu Anda secara alkimia mengubah rasa negatif dalam diri dan frustasi  menjadi kekuatan baru. Dalam retret ini, ada berbagai macam meditasi, termasuk meditasi dinamis Osho dan tarian kegembiraan, sound healing, menguasai latihan pernafasan, ice bath, dan terhubung kembali ke diri Anda sambil merasakan penyatuan diri dengan alam semesta.