pexels-ketut-subiyanto-4473864.jpg Foto: Dok. Ketut Subiyanto from Pexels

Gelisah di ranjang atau berusaha menghitung domba di kepala untuk dapat tertidur pulas sering terjadi padamu saat ingin tidur di malam hari. Mungkin masalahnya bukan terjadi karena kamu baru saya menonton series yang menjengkelkan itu melainkan hidangan terakhir yang baru saja kamu makan tiga jam sebelum tidur.
 
Seorang ahli gizi telah membuat daftar makanan yang harus dimakan sebelum tidur. Ringan dan seharusnya cukup mengenyangkan di saat yang sama, makan malam sangat mempengaruhi kualitas tidur kamu. Mari disimak, bagi kamu yang selalu punya masalah untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman.
 
1/5    Protein

pexels-antoni-shkraba-4397266.jpgFoto: Dok. ANTONI SHKRABA from Pexels

Protein hewani maupun nabati adalah nutrisi dasar yang baik yang bisa kamu kombinasikan dengan quinoa, lentil, atau bahkan gandum. Protein memiliki keuntungan karena kandungan gizi yang bagus dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini untuk menghindari lapar di tengah malam hari yang tentunya dapat mengganggu tidur kamu.
 
2/5     Green Vegies

pexels-jacqueline-howell-2325843.jpgFoto: Dok. Jacqueline Howell from Pexels 

Jika kamu menyukai sayur hijau, sebaiknya konsumsi mereka saat matang dibandingkan saat masih mentah untuk menghindari perut yang kembung. Tidur pun pasti terganggu jika perut terasa tidak nyaman.
 
3/5    Dairy products for desserts

pexels-engin-akyurt-2531189.jpgFoto: Dok. Engin Akyurt from Pexels

Untuk hidangan penutup bagi kamu yang tidak lactose intolerant, boleh mengkonsumsi dessert yang terdiri dari products karena mereka mengandung asam amino, triptofan yang  akan membantu mengeluarkan hormon melatonine yakni hormone yang membuat kantuk. Bagi kamu yang vegan, boleh melewati hidangan ini karena dairy products ini hanya terdapat pada susu hewani.
 
4/5     Plain Water

pexels-daria-shevtsova-1458672.jpgFoto: Dok. Daria Shevtsova from Pexels

Setelah makan malam, pilihlah minuman air mineral biasa dibanding meminum air berkarbonasi. Untuk menghindari perut yang kembung yang tentunya dapat mengganggu proses pencernaan saat tidur.
 
5/5 Herbal Tea

pexels-mareefe-1298613.jpgFoto: Dok. Daria Shevtsova from Pexels

Yang terakhir, tutup rangkaian makan malam kamu dengan secangkir teh herbal hangat yang tidak mengandung kafein tentunya. Seperti teh herbal akar Valeriane atau passion flower yang tak hanya menghangatkan namun juga dapat memberi ketenangan.