1/5 Trek Butterfly Madone

butterfly.jpgFoto dok: cycling.today

Disebut sebagai sepeda termahal di dunia, sepeda dengan desain kupu-kupu ini dibuat khusus sebagai ucapan selamat untuk kembalinya pesepeda profesional, Lance Armstrong. Dirakit dengan teknologi modern, sepeda yang dirancang oleh Damiaen Hirst ini dilapisi dengan ratusan kupu-kupu dan memiliki tampilan yang elegan. Tahun lalu, Armstrong mengayuh sepeda Trek Butterfly Madone saat Tour de France, membuat siapa saja yang menyaksikannya turut menikmati keindahannya. Sepeda ini pun memiliki harga yang tak main-main yaitu senilai 500,000 dolar AS atau setara dengan Rp6,5 miliar. Meski tampilannya yang mewah, sepeda ini sempat menuai kontroversi dan perhatian dari People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) karena menggunakan sayap kupu-kupu asli.
  
2/5 Trek Yoshimoto Nara

Yoshitomo.jpgFoto dok: cycling.today

Diciptakan secara ekslusif oleh seorang artis asal Jepang, Yoshimoto Nara, sepeda dengan konsep kecepatan ini juga dihiasi dengan tanda tangan sang perancang. Membuatnya sebagai sepeda termahal nomor dua di dunia dengan harga senilai 200,000 dolar AS atau setara dengan Rp2,8 miliar. Selain ringan, desainya yang mencolok serta frame yang terbuat dari carbon disebut dapat meningkatkan kecepetan saat digunakan. Sama seperti Trek Butterfly Madone, Trek Yoshimoto Nara juga dikayuh pertama kali oleh Lance Armstrong. Tidak hanya itu, pada acara penggalangan dana yang diadakan oleh Sotheby’s, Trek juga berhasil menjual sepeda lainnya dengan harga 800,000 dolar AS atau setara dengan Rp11,3 miliar.
 
3/5 Kaws Trek Madone

Trek-Madone-KAWS.pngFoto dok: hobigowes.com

Pada sebuah acara lelang yang diadakan oleh Lance Armstrong, sepeda Kaws trek Madone berhasil terjual dengan harga senilai 160,000 dolar AS atau setara dengan Rp2,2 miliar. Secara visual, sepeda ini memiliki tampilan yang sangat menarik dengan perpaduan warna kuning dan hitam. Pada rangka dan pelek rodanya, sepeda ini juga menampilkan desain khas Kaws ‘chomper,’ gigi yang memukau dan menawan.

4/5 Aurumania Crystal Edition Gold Bike

Aurumania.jpgFoto dok: www.aurumania.com

Disebut sebagai sepeda ekslusif, Aurumania Crystal Edition Gold Bike hanya diproduksi sebanyak 10 buah untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Pada pelucuran resmi sepedea tersebut, perusahaan menyatakan bahwa sepeda tersebut dibuat tanpa cacat. Memiliki harga senilai 114,000 dolar AS atau setara dengan Rp1,6 miliar, body dari sepeda ini terbuat dari emas 24 karat dan berhiaskan ratusan Kristal Swarovski. Pada bagian sadel, Aurumania juga menggunakan kulit terbaik. 

5/5 Trek Madone 7 – Diamond

trek madone diamond.jpgFoto dok: otofreak.com

Sepeda mewah selanjutnya yang tak kalah mewah adalah sepeda hasil kerjasama antara Nike, trek Bites, jeweller Alan Alan Friedman dan seniman Lenny Furuta bernama Trek Madone Diamond. Didesain dengan berlian, emas kuning dan juga emas putih 14 karat, sepeda ini merupakan transportasi elegan yang ramah lingkungan. Pada acara lelang tahunan yang diselenggarakan oleh Lance Armstrong pada 2005 lalu di New York, sepeda ini dilelang seharga 75,000 dolar AS atau setara dengan Rp1 miliar.