pexels-elina-fairytale-3822864.jpgFoto: Dok. Elina Fairytale from Pexels

Mindfulness adalah jenis meditasi di mana kamu bisa fokus untuk sadar akan apa yang dirasakan pada saat itu, tanpa asumsi ataupun segala interpretasi. Mempraktikkan mindfulness ini banyak melibatkan latihan pernapasan dan praktik lain untuk merilekskan tubuh dan pikiran untuk mengurangi stress serta kecemasan yang berlebih.

Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berencana, memecahkan masalah, sekedar melamun, atau memikirkan pikiran negatif bisa sangat menguras tenaga. Ini juga dapat membuat kamu lebih mudah mengalami stres, kecemasan, dan gejala depresi. Mempraktikkan latihan mindfulness dapat membantu kamu mengalihkan perhatian kamu dari pemikiran semacam ini serta dapat membuat kamu lebih terhubung dengan dunia sekitar.
 
Baca terus artikel untuk mengetahui lebih lanjut mengenai praktik mindfulness karena ada banyak cara untuk melatihnya. Beberapa contoh sederhana di antaranya adalah:
 
1/6    Pay Attention

pexels-olia-danilevich-8964909.jpgFoto: Dok. olia danilevich from Pexels

Sulit rasanya  untuk memperlambat dan memperhatikan hal-hal di dunia yang terlalu sibuk ini. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk mengamati lingkungan kamu dengan semua indra kamu. Sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, dan rasa. Misalnya, ketika kamu makan makanan favorit, luangkan waktu untuk mencium, merasakan, dan benar-benar menikmatinya.
 
2/6    Live in the moment

pexels-andre-furtado-1263986.jpgFoto: Dok. Andre Furtado from Pexels

Cobalah untuk memberi perhatian lebih, menerima, dan mencerna semua yang kamu lakukan di hidup ini. Temukan kegembiraan dalam kesenangan sederhana.
 
3/6    Accept yourself

pexels-alexandr-podvalny-321576.jpgFoto : Dok. Alexandr Podvalny from Pexels

Perlakukan diri kamu seperti kamu memperlakukan seorang teman yang sangat baik.

4/6    Focus on your breathing

pexels-vlada-karpovich-8940618.jpgFoto : Dok. Vlada Karpovich from Pexels

Ketika kamu memiliki pikiran negatif, cobalah untuk duduk, tarik napas dalam-dalam dan tutup mata kamu. Fokus pada napas kamu saat menghirup udara masuk dan keluar dari tubuh kamu. Duduk dan bernapas bahkan hanya satu menit saja pun dapat membantu.

5/6    Body scan meditation

pexels-natalie-3759659.jpgFoto: Dok. Natalie from Pexels

Berbaring telentang dengan kaki lurus dan lengan di samping tubuh, telapak tangan menghadap ke bawah. Fokuskan perhatian kamu secara perlahan dan sengaja pada setiap bagian tubuh kamu, secara berurutan, dari ujung kaki hingga kepala atau ujung kepala hingga ujung kaki. Rasakan setiap sensasi, emosi, atau pikiran yang terkait dengan setiap bagian tubuh kamu.

6/6 Sitting meditation

pexels-polina-tankilevitch-4723293.jpgFoto: Dok. Pexels

Duduklah dengan nyaman dengan punggung tegak, kaki rata di lantai dan tangan di pangkuan. Bernapaslah melalui hidung, fokuslah pada napas yang bergerak masuk dan keluar dari tubuh kamu. Jika sensasi fisik atau pikiran mengganggu meditasi kamu, ingatkan pikiran dan kemudian kembalikan fokus ke napas kamu kembali. Tergantung pada jenis latihan kesadaran apa yang ingin kamu lakukan, latihan mindfulness sederhana juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Penelitian menunjukkan bahwa melibatkan indra di luar ruangan sangatlah bermanfaat.