maxresdefault.jpgPhoto Doc. Youtube

Bulan Agustus ini, film Gundala akan diangkat kembali ke layar lebar dengan pengemasan yang lebih modern dan dapat diikuti oleh generasi millenials Indonesia. Setelah teaser-nya dirilis secara resmi, film Gundala menuai antusiasme dari banyak kalangan, mulai dari para penggemar Gundala hingga para penikmat film Indonesia.

Generasi millenials Indonesia mungkin familiar dengan nama Gundala. Namun, kebanyakan dari mereka mungkin tidak terlalu familiar dengan jalan cerita dan kehebatan dari superhero Indonesia yang legendaris ini. Sebelum menonton film-nya di bulan Agustus nanti, yuk kenalan dengan tokoh Gundala!

Gundala sudah berumur 50 tahun!

Gundala-Putra-Petir-new.jpgPhoto Doc. hobiku.net

Gundala pertama kali diciptakan oleh seniman Indonesia Harya Suryaminata atau lebih dikenal dengan nama Hasmi pada tahun 1969. Karakter Gundala sendiri bernama asli Sancaka, seorang insinyur muda yang mendapat kekuatan super setelah tersambar petir. Kekuatan supernya berupa kemampuan berlari yang sangat cepat dan dapat mengeluarkan petir dari tangannya. Cerita Gundala pertama kali dikemas dalam bentuk komik yang menemani hari-hari anak-anak Indonesia tahun 70an hingga 90an.

Menjadi inspirasi dan mendongkrak nama superhero Indonesia lainnya

ad3e5ba9404eabbd2974d2f5a06f7bd1.jpgPhoto Doc. Pinterest

Di zamannya, Gundala sering muncul di dalam komik superhero Indonesia lain seperti cerita Godam dan Laba-Laba Maut. Di masa lalu, pinjam-meminjam tokoh adalah hal yang lumrah dan merupakan bentuk silahturahim antar komikus. Ditambah lagi, karena belum adanya ketentuan mengenai hak cipta dan perjanjian antarkomikus, keberadaan Gundala di komik superhero lain secara bebas secara tidak langsung mendongkrak nama superhero baru tersebut.

Diangkat menjadi sebuah film

066536100_1540717167-gundala.jpgPhoto Doc. Liputan6

Gundala pertama kali diangkat ke layar lebar pada tahun 1981 dengan judul Gundala Putra Petir dan disutradarai oleh Lilik Sudjio. Di tahun 2019 ini, Gundala akan diangkat lagi ke layar lebar  untuk kedua kalinya oleh sutradara ternama Joko Anwar. Abimana Aryasatya, Bront Palarae, Tara Basro, dan Rio Dewanto merupakan beberapa cast yang akan berperan dalam film Gundala yang akan dirilis bulan Agustus nanti.

Kostum Gundala akan berubah di film terbarunya

2019_04_15-12_03_34_011b3852c51b7529349f3021d850c7e1_960x640_thumb.jpgPhoto Doc. Katadata

Di awal kemunculannya, Gundala memakai kostum berwarna biru dan merah dengan topeng yang menutupi setengah wajahnya serta sayap di kedua sisi bagian telinganya. Namun, tahun ini, seperti yang terlihat dari poster teaser Gundala, Gundala memakai kostum berwarna merah dan hitam dengan topeng yang menutupi seluruh wajah, helm, dan kacamata, namun masih mempertahankan sayap di bagian telinga sebagai ciri khas Gundala. Joko Anwar ingin membuat kostum yang lebih realistis dan praktis ketika dipakai. Ia juga ingin memberi nuansa kekinian dalam filmnya, namun tidak menghilangkan ciri khas Gundala yang sudah ada sejak awal ia diciptakan.  

Dikagumi oleh animator Marvel dan DC

Untuk meramaikan rencana perilisan film Gundala, para penggemar diajak untuk mengikuti challenge #GundalaFanArt di Instagram. Hingga kini, sudah ada ribuan fan art Gundala yang terkumpul, dan salah satunya bahkan berasal dari animator dari Marvel dan DC David Ross. Gundala versi David Ross ini terlihat sangat cocok bersanding dengan Iron Man serta karya David Ross lainnya. David sendiri mengakui bahwa ia merupakan penggemar Gundala. “Saya suka dengan tampilan baru Gundala. Kostumnya terlihat keren. Dari perspektif seorang seniman, karakter apa saja yang bisa mengeluarkan petir dari tubuhnya akan sangat menyenangkan untuk digambar,” katanya seperti yang dilansir oleh Viva.co.id. Ia juga berharap film Gundala akan sukses dan bisa go-international saat sudah dirilis nanti.