1/5 Mank

Film terbaru garapan David Fincher berjudul “Mank” ini berhasil mengantongi nominasi terbanyak Golden Globe 2021 dan Oscar 2021. Bercerita tentang penulisan naskah “Citizen Kane” yang dikenal sebagai film terbaik sepanjang masa, “Mank” adalah sebuah film drama biografi yang berpusat pada perjalanan seorang penulis naskah, Herman J. Mankiewicz (Gary Oldman). Selain Gary Oldman, aktris Amanda Seyfried juga terlibat dalam memerankan Marion Davies, Lily Collins sebagai Rita Alexander dan Tom Burke sebagai Orson Welles.

Nominasi yang didapatkan dalam ajang Oscar tahun ini adalah: Best Picture, Sutradara Terbaik, Aktor Utama Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Score Orisinil Terbaik, Suara Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Sinematografi Terbaik, Riasan dan Tatanan Rambut Terbaik, Desain Produksi Terbaik,

2/5 Pieces of a Woman

Dibintangi oleh Vanessa Kirby dan Shia LaBeouf, film ini mengisahkan tentang perjuangan sorang wanita untuk bangkit dari kesedihan dan keterpurukan yang ia alami usai melakukan persalinan di rumah. Disutradari oleh Kornél Mundruczó dan diproduseri oleh Martin Scorsese, film ini juga mengulas bagaimana seseorang belajar untuk hidup berdampingan dengan rasa kehilangan dan mengikhlaskan kesakitan yang mendalam.

Selain memiliki plot cerita yang sangat menarik, film yang ditayangkan di Netflix ini juga didukung oleh pemeran yang tidak lagi diragukan bakat aktingnya. Pemeran utama, Vanessa Kirby sendiri juga berhasil masuk nominasi Oscar 2021 untuk kategori Aktris Terbaik berkat aktingnya dalam film tersebut.

3/5 The White Tiger

Diangkat dari sebuah novel terlaris New York Times dan pemenang Man Booker Prize 2009, “The White Tiger” menceritakan tentang seorang supir ambisius, Balram Halwai (Adarsh Gourav) yang bekerja untuk keluarga India yang kaya raya untuk keluar dari kemiskinan dan menggunakan kecerdasannya untuk menjadi seorang pengusaha.

Dalam ajang Oscar tahun ini, “The White Tiger” sendiri berhasil masuk daftar nominasi untuk kategori Adaptasi Skenario Terbaik.

4/5 The Trial of the Chicago 7

Dirilis di Netflix pada September 2020, film biopik “The Trial of the Chicago 7”berkisah tentang persidangan Chicago seven. Chicago Seven sendiri merupakan tujuh orang yang dianggap memicu kerusuhan demonstrasi pada saat Konvensi Nasional Demokrat tahun 1968 di Chicago, AS. Demonstrasi tersebut terjadi karena kebijalan Perang Vietnam Presiden Lyndon B. Johnson. Sebenarnya, Amerika Serikat sudah terlibat dalam perang ini sejak tahun 1950-an. Namun, semenjak Johnson menjabat, penambahan pasukan semakin signifikan dan sang presiden pun meningkatkan pajak untuk mendanai perang. Disutradari oleh Aaron Sorkin, film ini juga dibintangi oleh berbagai aktor papan atas seperti Sacha Baron Cohen, Eddie Redmayne, Jeremy Strong dan Mark Rylance. Pada ajang Oscar mendatang, film ini berhasil menyabet nominasi seperti Best Picture, Aktor Pendukung Terbaik,Sinematografi Terbaik, Akenario Orisinil Terbaik, Lagu Orisinil Terbaik dan Suntingan Film Terbaik.

5/5 Ma Rainey’s Black Bottom

Dirilis pada tahun 2020 lalu, Ma Rainey’s Black Bottom merupakan persembahan terakhir dari almarhum Chadwick Boseman di dunia film. Disutradarai George C. Wolfe, film ini merupakan adaptasi dari naskah karya penulis legendaris August Wilson tentang kemelut hidup Gertrude 'Ma' Rainey (Viola Davis) sebagai penyanyi blues profesional yang menghadapi berbagai tantangan berat dakam kariernya. Pada Oscar tahun ini, “Ma Rainey’s Black Bottom” berhasil menyabet nominasi Aktor Utama Terbaik, Aktris Utama Terbaik, Riasan dan Tatanan Rambut Terbaik, Desain Produksi Terbaik dan Desain Kostum Terbaik.