Salah satu film DC yang paling ditunggu di tahun ini, 'Joker' akhirnya tayang di Indonesia. Sesuai dengan judulnya, film ini mengambil kisah dari salah satu karakter paling terkenal di DC Comics yaitu Joker. Diperankan oleh aktor Joaquin Phoenix, film ini mengisahkan perjalanan Arthur Fleck atau Joker dalam menghadapi cercaan, depresi dan rasa kehilangan. Sebelum menonton film ini ada baiknya jika kamu melihat 5 film yang menginspirasi Tod Phillips dalam menghidupkan karakter Joker di film terbarunya ini. Berikut ulasannya. 

1/4 The Man Who Laughs 

THE MAN who laughs silentfil.org.jpgFoto: Dok. silentfilm.org

'The Man Who Laughs' adalah film yang menjadi sumber inspirasi terbesar sang sutradara Todd Phillips menggarap 'Joker'. Film bisu yang tayang pada tahun 1928 ini diangkat dari novel Victor Hugo dan mengisahkan cerita dari Gwynplaine, seorang anak bangsawan yang memiliki kecacatan di wajahnya sehingga ia selalu terlihat menyeringai. Kelainan ini membuat dirinya menjadi bahan ejekan sehingga ia dijuluki "The Laughing Man." 

2/4 The King of Comedy
 
the king of comedy letterboxd.com.jpg

Foto: Dok. letterboxd.com 

Film kedua yang menginspirasi Todd adalah 'The King of Comedy'. Film bergenre komedi hitam tahun 80an ini dibintangi oleh Robert de Niro, yang juga akan tampil sebagai Murray Franklin di film 'Joker' garapan Todd. Film ini mengisahkan cerita Rupert Pupkin yang bermimpi untuk menjadi seorang stand-up comedian sukses. Namun ironiknya Rupert dikucilkan oleh pembawa acara favoritnya, Jerry Langlord. Merasa dikucilkan oleh Jerry, Rupert pun akhirnya menculik sang pembawa acara tersebut. Todd mengungkapkan bahwa Joker dan Rupert memiliki kemiripan perilaku yang diakibatkan oleh cercaan dari masyarakat kepada dirinya.  

3/4 Modern Times 

charlie cjapline csmonitor.com.jpgFoto: Dok. csmonitor.com

'Modern Times' merupakan film bergenre komedi yang dibintangi oleh aktor legendaris Charlie Chaplin. Film yang tayang di tahun 1936 ini mengisahkan cerita dari The Tramp, karakter legendaris Charlie Chaplin yang berjuang sebagai pekerja buruh namun diperlakukan layaknya budak. Hingga satu ketika, The Tramp masuk penjara dan menemukan bahwa kehidupan di dalam sel ternyata lebih baik baginya. Cerita ini tentu serupa dengan apa yang dialami Joker dimana dirinya berjuang untuk mendapatkan tempat yang layak di tengah-tengah masyarakat yang mencela dirinya.  

 4/4 Taxi Driver 

Taxi_driver_movieposter_wikipedia.jpgFoto: wikipedia.org

Film terakhir adalah 'Taxi Driver'. Film garapan Martin Scorsese ini mengangkat kisah Travis Bickle yang juga diperankan oleh Robert De Niro. Travis merupakan pria yang mengidap insomia sehingga memutuskan untuk menjadi seorang supir taksi di malam hari agar dapat mengatasi insomianya. Travis yang bekerja di malam hari kerap melihat kejahatan di kota Manhattan dan merasa muak terhadapnya. Sehingga dirinya memiliki mimpi untuk tinggal di kota yang tenang dan timbulah niat dalam dirinya untuk membunuh orang-orang yang jahat. Menurut Todd, Travis dan Joker sama-sama memiliki keinginan untuk membuat dunia menjadi lebih baik dan berniat untuk menyingkirkan orang-orang yang menolaknya. 

Baca juga: Kenali Karakter-Karakter di 'Birds of Prey', Kisah Harley Quinn Setelah Putus dengan Joker

Tags: Arts And Culture, Joker, Joaquin Phoenix, Todd Phillips