Drama Korea berjudul Start Up kini tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial. Tidak hanya menyuguhkan tontonan yang menghibur, drama ini juga memberikan berbagai pelajaran mulai dari kehidupan, pertemenan hingga berbisnis.

Sesuai dengan judulnya, drama yang hadir di Netflix ini memiliki alur cerita menarik dan sangat relevan dengan perkembangan dunia usaha saat ini.

Bagi kamu yang baru ingin  memulai dan terinspirasi untuk membuat bisnis rintisan, berikut lima pelajaran berbisnis yang dapat kamu pelajari dari drama ini. Berikut ulasannya.

1/5 Keluar dari zona nyaman


1.jpgFoto dok: tvn

Setelah dua tahun mendirikan Samsan Tech, trio San yang dipimpin oleh Do San merasa bahwa bisnisnya cenderung stuck dan tidak berkembang. Salah satu alasan tersebut mungkin dipicu karena ketiganya hanya melakukan apa yang mereka mampu saja. Sedangkan banyak hal lain di luar sana yang dapat dipelajari seperti keterampilan mengembangkan bisnis dan meraih investor. Oleh karena itu, keluar dari zona nyaman sangat penting dilakukan dalam membangun bisnis.

2/5 Pentingnya membuat rencana bisnis

rencana.pngFoto dok: tvn_startup

Bagi kamu yang ingin menjadi entrepreneur, membuat perencanaan bisnis akan menunjang kesuksesan bisnis yang akan dijalani. Untuk memulai, seorang enterepeneur pastinya membutuhkan perencanaan yang matang karena hal tersebut akan berguna untuk membuat kamu lebih fokus dan terarah. Dengan begitu, tujuanmu merintis bisnis akan tercapai sesuai target yang telah ditetapkan. Perencanaan ini termasuk, biaya, tujuan, visi dan misi dan lain sebagainya. Dalam drama Start Up, trio San memiliki produk yang sangat menarik. Namun, mereka tidak memiliki bisnis plan yang menunjang kesuksesan mereka sehingga tidak ada investor yang tertarik pada bisnis mereka.

3/5 Terbuka terhadap kritik dan masukan

kritik.jpgFoto dok: zerolite.com

Serial Start Up juga memberikan kita pelajaran untuk menjadi seorang pdibadi yang terbuka terhadap saran dan masukkan. Ketika trio San tak junjung berhasil mengolah data, Dal Mi pun memberi masukan dan mereka pun mendengarkannya dan terbuka kepada saran tersebut. Keterbukaan ini tidak hanya melulu soal saran, tetapi juga terbuka kepada kritik, ide dan pandangan.  

4/5 Menjadi pemimpin yang efektif

pemimpin.pngFoto dok: tvndrama.official

Dalam membangun usaha, memiliki pemimpin yang efektif merupakan salah satu poin penting dalam kesuksesan. Tidak hanya unggul dalam mengatasi masalah dan membangun bisnis plan, seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk mengenali, menarik, mengisis posisi serta mempertahankan talenta kepemimpinan usaha. Seorang pemimpin yang efektif tidak hanya berpusat pada kedudukan, tetapi juga mencapai sasaran organisasi, menggerakan anggota menuju sasaran tersebut, mewujudkan interaksi dan keterikatan antar individu dan memelihara kekuatan dan kohesi anggota. Dalam serial start Up, Dal Mi dikenal sebagai pemimpin yang peduli akan karyawanannya seperti memberi saran yang membangun. Hal tersebut sangat penting dilakukan, karena sebuah perusahaan terdiri atas berbagai individu yang bekerja dengan tujuan yang sama.

5/5 Pentingnya memilih tim yang tepat

5.jpgFoto dok: tvnstartup 

Tidak hanya mengajarkan kita terhadap bisnis, drama Start Up juga mengingatkan kita betapa pentingnya memiliki tim yang supportive. Dalam serial ini, Seo Dal Mi disupport oleh teman-teman yang terbaik dibidangnya dan memiliki keahlian untuk membantu satu sama lain. Untuk menuju kesuksesan, sebuah perusahaan juga harus menempatkan seseorang pada bidang yang tepat sehingga mereka dapat bekerja dengan efektif.