Pertunjukan kembang api memang merupakan salah satu cara yang tepat untuk memeriahkan suasana perayaan yang festive. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak dari negara-negara di seluruh dunia yang berlomba-lomba untuk mengadakan pertunjukan kembang api semegah dan semenarik mungkin. Jika kamu penasaran, lima pertunjukan kembang api di kota-kota ini tercatat sebagai pertunjukan kembang api termahal di dunia dalam sejarah.

1/5 New York ($6 juta / Rp83 milyar)

1 nytimes.jpg

Foto: nytimes.com

New York merupakan salah satu kota di dunia yang kerap mengadakan pertunjukan kembang api yang spektakuler, dan mereka tidak main-main mengadakannya. New York disebut menghabiskan sekitar 6 juta dolar AS untuk mengadakan pertunjukan kembang api tiap tahunnya, atau setara dengan 83 milyar Rupiah. Pertunjukan kembang api ini diadakan di langit Manhattan dan telah sukses menarik perhatian banyak orang setiap tahun.

2/5 Dubai ($6 juta / Rp83 milyar)

2 dubai pixabay.jpg

Foto: pixabay.com

Dikenal sebagai penyelenggara pertunjukan kembang api termegah dan terbesar dengan ribuan kembang api per detik pada tahun 2014 silam, tidak heran jika pertunjukan kembang api yang diadakan Dubai menjadi salah satu yang termahal di dunia dengan biaya mencapai 6 juta dolar AS atau setara dengan 83 milyar Rupiah. Sampai saat ini pun, Dubai merupakan destinasi wisata yang patut dikunjungi di akhir tahun untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang indah.

3/5 Sydney ($6.5 juta / Rp90 milyar)

3 sydney metro.co.uk pic.jpg

Foto: metro.co.uk

Tidak bisa dipungkiri, Sydney memang kerap menjadi destinasi liburan akhir tahun banyak orang, dan pertunjukan kembang apinya yang meriah merupakan salah satu alasannya. Sydney memiliki anggaran yang tidak sedikit untuk mengadakan pertunjukan kembang api tiap tahunnya. Bahkan, belum lama ini, Sydney mengeluarkan dana sebesar 6.5 juta dolar AS atau setara dengan 90 milyar Rupiah dalam pertunjukan kembang api untuk menyambut tahun 2020.

4/5 Kuwait ($15 juta / Rp208 milyar)

4 kuwait pixabay.jpg

Foto: pixabay.com

Kedua termahal dalam list ini, Kuwait pernah mengadakan pertunjukan kembang api yang mencapai biaya 15 juta dolar AS atau 208 milyar Rupiah pada tahun 2012 silam. Pertunjukan kembang api yang berlangsung selama 1 jam dengan menembakkan 77,282 shell ini sukses ditonton banyak orang dan dikenang sebagai salah satu pertunjukan kembang api terbesar dan termahal di dunia.

5/5 Abu Dhabi ($20 juta / Rp278 milyar)

5 abu dhabi abudhabinews net.jpg

Foto: abudhabinews.net

Pada tahun 2009 yang lalu, Abu Dhabi sukses mengadakan pertunjukan kembang api megah yang menghabiskan biaya sebesar 20 juta dolar AS atau setara dengan 287 milyar Rupiah. Meski tidak lagi menjadi yang terbesar, pertunjukan kembang api ini tetap menjadi pemecah rekor pertunjukan kembang api termahal di dunia.

Baca juga: Boyband Korea, BIGBANG Akan Kembali Ke Panggung Hiburan Di Coachella 2020

Tags: Fireworks, Kembang Api, Termahal, Pertunjukan Kembang Api